Kampungku Ada di Indonesia

Hallo Indonesia....!
Hallo Blogger....!

Apa kabar sobat blogger semua? sehat wal'afiat khan!
syukurlah kalo begitu!

Ngomong-ngomong. apakah sobat senang main di situs jejaring sosial seperti facebook? pasti donk!.
Jutaan manusia pada ngumpul di situs tersebut. Tujuannya buat share info, aktivitas, dan rutinitas pribadi kepada khalayak ramai atau teman-teman
dalam bentuk pesan, gambar dan lain sebagainya. di situs tersebut juga kita bisa menampilkan profil lengkap masing-masing agar teman-teman tahu tentang kita.

Tapi, tahukah anda kalau banyak dari pengguna situs ini yang malu menampilkan atau menuliskan asal daerahnya sendiri?
Coba saja kamu check di profil teman yang berasal dari satu kampung atau desa, mungkin ada saja menuliskan kota asalnya dari daerah lain!.
Ini banyak terjadi di kalangan pengguna facebook yang malu menuliskan dari daerah mana ia berasal. Mungkin takut dibilang kampungan, malu dengan
daerahnya sendiri,  atau takut dibilang "udik".



Nah, kalau mengatakan atau memberitahukan daerah tempat kelahiran saja malu, bagaimana bisa mencintai negara Indonesia.  Memang benar daerah lain yang di muat itu merupakan bagian dari Indonesia, tetapi di sini sudah terlihat begitu jelas kalau profil yang ditampilkan tidaklah benar seratus persen.

Dalam akun facebook pribadi yang saya miliki, saya membuat satu motto berbahasa daerah. dan setiap aktivitas facebook'an, saya juga yang paling sering menggunakan  bahasa-bahasa daerah, sehingga banyak teman yang senang karena ada banyak warga kampung yang tinggal di daerah lain dengan bahasa sehari-harinya sudah bukan bahasa daerah kampungnya sendiri menjadi teringat dan rindu dengan bahasa daerahnya.
Motto dalam akun facebook saya bersifat plesetan unik dan berbunyi demikian

"Aku Adalah Upu..Ineh Ku Wawei, Amahku Upu, Kakah Ku Upu nelang Matueh, Niniku Wawei Nelang Matueh Pada. Mambudaya Bahasa Tumpuk nampan tatap ta palihara hampe akhir zaman.
Hang Awe pun takam muneng, lewu rean talaga rampan ada hampe ang kaitung"

artinya :

"Aku adalah laki-laki, ibu ku seorang wanita, bapak ku seorang pria, kakek ku seorang pria yang usia sudah tua, begitu pula dengan Nenek ku, seorang wanita yang juga sudah tua. Membudayakan bahasa daerah agar tetap terpelihara sampai akhir zaman. Dimana pun kita tinggal dan berdomisili, jangan lupa dengan bahasa daerah dan tempat kita berasal".


Dalam aktivitas blogging, saya juga sering mendapatkan plesetan lucu yang kemudian saya translate kembali dalam bahasa daerah untuk kemudian dibagikan kepada teman-teman facebook. Begitu pula sebaliknya.

dari tulisan mbak Fanny
Image dalam artikel blog yang saya buat juga mengacu kepada informasi tentang daerah tempat tinggal saya sendiri. Ini merupakan wujud nyata saya dalam memperkenalkan kepada pengunjung blog tentang bagaimana situasi daerah tempat tinggal saya walaupun dalam bentuk plesetan lucu untuk menyesuaikan dengan tema blog ini.

Aktivitas Blogging Paling Indonesia di Lirik Kiri Kanan



Melestarikan budaya itu perlu, jangan sampai hilang di telan oleh zaman yang semakin maju ini.


Oke sobat, melalui aktivitas blogging, mari kita bersama-sama lestarikan daerah masing-masing dalam bentuk tulisan sebagai bentuk kecintaan dan kebanggaan kita terhadap daerah tempat dimana kita lahir dan dibesarkan. dan Ingat, apapun dan bagaimanapun terpencilnya daerah tempat tinggal kita, tetapi kampung kita tetaplah bagian dari negara Indonesia.


Hari ini gue nulisnya agak serius, Ada apa ya?