Apa itu Bisi Kurik?

Mungkin aneh terdengar kata atau kalimat ini "Bisi Kurik". Akan tetapi jika diperjelas makna dari arti kata tersebut, pastilah semua orang akan tahu.

Ketika anda dan pasangan anda ingin meningkatkan jenjang dari masa pacaran kearah yang lebih serius atau menjalin hubungan kearah pernikahan, maka satu hal yang pasti akan di lalui yaitu proses yang dikenal oleh suku dayak maanyan dengan sebutan Bisi Kurik.


Bisi Kurik adalah proses penancapan tanda bukti yang dilakukan oleh orang tua atau wali anda terhadap orang tua atau wali calon pasangan anda. Tanda bukti tersebut biasanya berupa barang atau mata uang yang diserahkan oleh pihak orang tua/wali laki-laki kepada pihak orang tua/wali perempuan.

Bukti ini juga merupakan tanda bahwa orang tua laki-laki telah pernah datang bertamu / berkunjung kerumah orang tua perempuan. Dan jika bukti tersebut diterima oleh pihak orang tua calon anda, maka itulah tanda bahwa kedua belah pihak telah mengetahui bahwa anda dan calon pasangan anda memiliki keinginan yang lebih dari hanya sebatas teman dekat atau pacar.

Jika suatu saat kelak, anda ingin merealisasikan hubungan tersebut, maka dalam acara Pemenuhan Hukum Adat Dayak Maanyan, tanda bukti itu nanti yang akan menjadi tujuan awal kedatangan rombongan keluarga anda ke rumah pasangan anda.

Biasanya dalam proses pemenuhan hukum adat, keluarga/mantir adat dari pasangan anda akan menanyakan apa tujuan keluarga anda datang membawa banyak orang ketempat calon pasangan anda. Di sinilah orang tua anda akan membeberkan kepada keluarga pihak pasangan anda bahwa pada tanggal, bulan dan tahun yang pernah dilalui, keluarga anda pernah datang bertamu dan hal itu dibuktikan dengan adanya penyerahan tanda bukti berupa barang/uang yang sudah diterima oleh orang tua calon pasangan anda.

Popular Posts