Apa yang dimaksud dengan Konten Unik?

Banyak tulisan yang mengutarakan tentang apa yang dimaksud dengan keunikan konten atau konten unik yang diperlukan sebagai bahan penilaian search engine. Dari dasar ini saya pun mencoba menguraikan tentang maksud dan keinginan mesin pencari tentang konten unik.  Masih tetap menggunakan persepsi dan nalar yang dituangkan menjadi sebuah opini, mari kita bersama-sama menebak tentang bagaimana mendapatkan sebuah konten unik.


Keunikan sebuah konten yang dinilai oleh mesin pencari menurut opini saya sebenarnya bukan tentang tata cara menulis, tata cara paragraf atau pun pengkalimatan yang baik. Ini saya simpulkan karena sejak berdirinya blog ini, saya menuliskan tentang beberapa keadaan, cerita, dan informasi tentang daerah yang berasal dari kampung tempat saya berdomisili saat ini. Dalam kurun hitungan bulan setelah berdirinya blog ini ternyata saya sempat mendapatkan pagerank 2 (walaupun akhirnya turun karena sesuatu yang saya tidak saya fahami mengenai masalah alogaritma google dalam menetapkan pagerank), dan lebih bagus lagi adalah adsense saya diterima setelah lima bulan beroperasi di dunia maya ini.

Dari sisi ini saya pun mengambil sebuah kesimpulan bahwa konten unik dinilai dari konten yang tidak pernah di temukan dari sumber lain yang ada di web atau blog lain. Tetapi jika ada pun maka konten harus memberikan informasi lebih dan berbeda. Maksudnya begini, jika anda menuliskan tentang tempat wisata di Bali, hotel untuk menginap yang murah dan bersih, dan kemudian saya pun mengambil kesempatan dari artikel yang anda buat tersebut dengan memberikan informasi lain misalnya tentang makanan khas Kalimantan yang ada di tempat wisata tersebut. Informasi ini diperlukan oleh seorang audience yang ingin berwisata. Karena selain ingin hotel yang murah meriah, ia juga perlu mengetahui tentang tempat untuk makan. Inilah yang saya maksudkan tentang keunikan konten tersebut.

Artinya bahwa keunikan sebuah konten dinilai berdasarkan informasi yang lebih dalam atau cerita lain yang juga ada didalam suatu kawasan tertentu, atau bahkan hal-hal baru yang belum sama sekali ditemukan di weblog lain.

Tetapi ini hanya bagian dari opini saya tentang konten unik yang banyak dibicarakan oleh para blogger di dunia internet ini. Benar atau tidaknya ? maybe yes...maybe no.

Mungkin anda punya pendapat lain yang bisa menjadi bahan masukan!





Popular posts from this blog

Alergi Air Hujan

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Kamus Dayak Ma'anyan