Inspirasi menciptakan Motivasi (mengubah dunia tanpa pendidikan formal)

Melanjutkan tulisan tentang motivasi yang didasarkan atas inspirasi dari membaca beberapa tulisan sahabat blogger sehingga menghadirkan informasi yang kemudian di share pada blog kabar weblog saya dengan judul Motivasi Usaha Tanpa Gelar Sarjana, hari ini saya kembali menuliskan inspirasi tentang bagaimana orang-orang ini telah mengubah dunia tanpa pendidikan formal.


Semoga dengan hadirnya inspirasi berikut ini dapat memberikan motivasi bagi kita agar lebih baik mementingkan sesuatu yang memiliki nilai positif ketimbang melakukan segala aktivitas negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.


Thomas Alva Edison
Selalu mendapatkan nilai buruk di masa sekolahnya sehingga ibunya memberhentikannya dari sekolah dan mengajar anaknya tersebut sendiri di rumah.
Belajar di rumah membuat ia leluasa membaca buku ilmiah dewasa dan kemudian mengadakan percobaan ilmiah sendiri sambil bekerja sebagai penjual koran, buah-buahan dan gula-gulaan di kereta api.

Tahun 1870, Thomas Alva Edison berhasil menemukan mesin telegraf yang dapat mencetak pesan diatas kertas yang panjang. Mendapatkan uang dari hasil penemuan mesin telegraf tersebut, ia kemudian mendirikan perusahaan sendiri. Kemudian pada tahun 1879 ia menemukan bola lampu listrik yang beberapa tahun kemudian atau tepatnya pada tahun 1882, lampu listriknya tersebut ia pasang di jalan dan rumah-rumah sejauh 1 kilometer.

Wright Bersaudara (Olville Wright dan Wilbour Wright)
Dua bersaudara yang mengelola sebuah toko spare part dan perbaikan sepeda motor ini ternyata mampu menciptakan pesawat udara efektif dan terkendali. Tiga buah pesawat dengan sayap kembar yang mereka ciptakan dengan bantuan mesin motor ringan tersebut telah di uji selama 1.000 kali penerbangan dan sukses.
Bill Gates
Salah satu penduduk kota Seattle yang pada awalnya bersekolah dengan mengambil jurusan matematika ini, kemudian berhenti hanya karena ketertarikannya memprogram sistem General Elektric (GE) menggunakan BASIC. Ia pun menulis program untuk pertama kalinya pada komputer GE dengan menerapkan tic-tac-toe yang memungkinkan pengguna bisa bermain komputer melawan komputer. Kini ia di kenal sebagai pendiri microsoft
Steve Jobs
Putus sekolah setelah satu semester di Reed College dan akhirnya menjadi tokoh revolusi bisnis modern dengan kreasi visioner seperti iPad dan iPhone. Steve Jobs adalah ketua co-founder perusahaan Apple. Ia adalah orang yang pertama kali melihat potensi komersial dari antarmuka grafis dan kemudian mendorong pembuatan Macintosh.
Mark Zuckerberg
Seorang pemuda asal white Plains, New York Amerika ini adalah orang yang banyak mendapatkan gelar sains (matematika, fisika dan astonomi). Walaupun sempat bersekolah di universitas Harvard, ia pun akhirnya putus sekolah..
Ia memiliki motto dalam dunia internet bahwa lebih penting menghubungkan dunia dari pada menawarkan sebuah layanan untuk mencari uang, yang pada akhirnya justru menciptakan formula sistem jejaring sosial yang sampai saat ini dikenal dengan sebutan Facebook. Keasyikan mengembangkan sistem inilah yang akhirnya membuat ia menarik satu kesimpulan untuk memilih proyek ini ketimbang melanjutkan kuliahnya.

Inilah sebagian inspirasi yang bisa menjadi bahan motivasi bagi kita semua. Menjadi anak suka dengan aktivitas misalnya memperbaiki dan memodifikasi sepeda motor seperti yang di lakukan Wright bersaudara justru mendatangkan inspirasi yang berguna dan bahkan bisa mengubah dunia. Bukan seperti sekarang ini dimana banyak remaja dan pemuda ngebut-ngebutan di jalan raya, menjadi anggota geng motor dan melakukan tindakan kriminalitas yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Karena itu, mari kita kembangkan inspirasi untuk membentuk sebuah motivasi tinggi yang bisa mengubah anda dan semua orang menjadi lebih baik.

Popular Posts