Opini Blogger Tentang Menghadirkan Artikel Blog

Ketika aktivitas online bukan merupakan bagian integral dari sebuah pekerjaan, maka manajemen waktu akan menjadi tidak teratur dan bergantung dari rutinitas pekerjaan di dunia nyata.

Demikian pula halnya dengan para blogger yang menghadirkan blog sebagai jurnal onlinenya. Anda akan mengalami masa-masa seperti ini, dimana suatu saat dalam kurun waktu tertentu bisa menghadirkan artikel secara kontinyu, tetapi di waktu berikutnya terlihat seperti sudah berhenti dari aktivitas blogging. Penyebab umum biasanya karena rutinitas seperti yang saya sampaikan diatas.

Pada dasarnya, hadirnya sebuah blog adalah untuk dan agar secara terus menerus bisa mendapatkan aliran konten yang di distribusikan kepada pembaca. Akan tetapi karena blog merupakan bagian jurnal dari seorang blogger yang notabene hanya untuk mengisi lembar posting pada saat dimana tidak ada aktivitas dan rutinitas lain yang mengganggu, terkadang hal tersebut diatas tidak bisa menjadi patokan dasar bagi seorang blogger.

Saya pernah menuliskan di blog ini tentang bagaimana agar konten dapat secara kontinyu hadir mengisi lembar posting blog yaitu dengan cara : ketika ada waktu luang dalam menulis artikel, tulislah sebanyak-banyaknya dan kemudian simpan pada draft posting lalu buatlah jadwal waktu untuk mendistribusikan konten tersebut sehingga tidak kehabisan bahan posting. Artinya anda tidak perlu mendistribusikan artikel tersebut setiap hari, tetapi bisa membuat kalender share posting dua atau tiga kali dalam seminggu. Karena ini juga menyangkut pembaca online anda. Semakin jarangnya anda mengisi ruang posting blog, maka semakin berkurang pula pembaca hadir di blog.

Di samping itu, konten yang di hadirkan tidak perlu seperti mengejar berita yang hot saat ini. Kita dapat membuat konten yang memiliki nilai kegunaan untuk waktu yang lama seperti materi sekolah yang akan terus digunakan oleh setiap orang secara kontinyu. Dan jujur saya katakan bahwa saya mengubah arah konten seperti ini adalah untuk menjaga artikel ini dapat pula di konsumsi oleh pembaca lain di lain waktu atau tidak habis ketika hadirnya konten lain yang saya share dalam kolom postingan blog ini.

Ini hanyalah opini pribadi dan mungkin akan berbeda dengan pandangan blogger lain. Apakah anda memiliki tips khusus tentang ini untuk dibagi ? 

Popular posts from this blog

Alergi Air Hujan

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Kamus Dayak Ma'anyan