SEO adalah tentang navigasi, backlink dan konten

Setiap orang yang menggunakan web atau blog sebagai media onlinenya pasti berkeinginan untuk mendapatkan lalu lintas dan berharap para pengguna internet umum hadir, tinggal lebih lama dan merasa terhibur ketika membaca tulisan-tulisan yang kita sajikan atau membeli produk usaha kita (untuk yang menggunakan web / blog sebagai warung onlinenya). Keinginan ini merupakan inti dari SEO. Melakukan optimasi (SEO) akan menghadirkan perbedaan pada sebuah web atau blog yang dikelola.


SEO adalah tentang Navigasi
Untuk membuat para pengguna atau pembaca blog hadir dan tinggal lebih lama di blog, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menata navigasi blog. Navigasi yang baik akan memudahkan pembaca untuk mengakses bagian-bagian blog, Jika blog atau web sulit di navigasi oleh pembaca, maka akan sulit pula di crawler oleh mesin pencari.


SEO adalah tentang Backlink
Seorang blogger pemula biasanya berfikir bahwa mencari dan mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya akan menaikkan peringkat blognya di mesin pencari. Ini merupakan mitos yang salah.
Satu buah link dari web atau blog populer yang menceritakan tentang blog anda akan lebih berharga dari pada ratusan spamming ke web atau blog yang tidak diketahui.

SEO adalah tentang Konten
Tujuan SEO adalah membawa lalu lintas yang baik ke web atau blog yang kita kelola. Karena itulah diperlukan konten yang dapat memberikan nilai bagi pembacanya.
Memproduksi konten yang baik dan memberikan nilai bagi pembacanya, itulah yang akan membantu blog kita dalam jangka waktu yang panjang.



Lebih jauh lagi tentan konten. Menurut saya konten dapat di kategorikan sebagai iklan yang solid untuk memperluas basis pembaca blog kita. Menciptakan konten yang mampu menarik perhatian para pembaca akan membuat kita dan blog yang kita kelola di kenal sebagai penulis yang bisa memberikan nilai melalui tulisan yang disampaikan.

Bagaimana melakukan hal tersebut pada konten yang buat ? berikut ini pandangan saya tentang konten blog

1. Pada tulisan yang disampaikan harus memiliki substansi yang ditawarkan. Informasi, manfaat dan nilai harus ada di dalamnya. Setiap orang yang memerlukan jaringan internet ini mencari sesuatu yang lebih atau yang belum ia temui melalui media lain atau di lingkungannya.

2. Berkaitan dengan tulisan, jika kita memiliki paragraf yang relatif panjang dan mengalir (seperti sebuah cerita), pastikan untuk membuatnya semenarik mungkin. Ini tidak mudah dan kadang bisa saja merepotkan bagi pembaca. Mereka bisa menganggap ini merupakan pekerjaan yang menyulitkan untuk mendapatkan poin penting dari artikel yang disampaikan. Tetapi kita tahu bahwa mesin penelusuran menyukai tulisan-tulisan dengan ratusan kata. Untuk itu ciptakan bahasan pada paragrafnya sehingga pembaca lebih mudah memahami.

Sebenarnya masih banyak pandangan yang bisa memberikan wawasan kepada semua orang bagaimana menyampaikan konten melalui jaringan internet ini. Namun saya yakin anda bisa menemukan dan mengembangkan hal tersebut lebih dalam.


Bagaimana dengan pendapat anda?

6 Komentar

  1. mungkin bisa juga seo adalah pengiriman, sebagaimana kita tahu setiap hari ada jutaan konten yg dibuat, kita bisa membantu mesin mendapatkan konten yg kita buat dengan mengirimkannya ke index agar mesin lebih mudah menelusurinya, yah menurut ane seh gitu bro, maklum gaptek seo ane juga l, whahahaa :)

    BalasHapus
  2. Tutorialnya sangat berguna sekali sobat, saya memang belum banyak mengenal seo, namun saya sangat senang membaca artikel disini, jadi tambah pengetahuan
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  3. aku gaptek yang beginian, om...
    padahal aku bukan seo rang kapiten... :D

    BalasHapus
  4. SEO juga tentang keyword kang :D

    BalasHapus
  5. banyak cara yg dapat dilakukan saat optimasi SEO. Tpi menurut saya point paling penting adalah keyword yg ditarget serta backlink yg berkualitas.

    BalasHapus
  6. banyak cara yg dapat dilakukan saat optimasi SEO. Tpi menurut saya point paling penting adalah keyword yg ditarget serta backlink yg berkualitas.

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama