Aneka Buah dari Kalimantan (Rambutan Ake)

Untuk pengunjung baru di blog ini akan sedikit kebingungan jika membaca postingan saya kali ini. Karena sangat jauh berbeda dari topik yang biasa saya sajikan beberapa bulan terakhir. Tetapi bagi pengunjung lama dan sahabat blogger pasti tidak akan merasa asing lagi.  Ya, Lirik Kiri Kanan adalah blog dengan metode umum atau tidak terbatas kepada tema.Metode ini adalah salah satu langkah untuk menghindarkan penulis blog dari sempitnya ruang untuk berekspresi karena dibatasi tema blog yang dibangun. 

Itu sedikit penjelasan agar anda tidak serta merta kebingungan dengan maksud artikel yang lepas dari konteks yang biasanya saya hadirkan.


Aneka Buah dari Kalimantan. Jika anda menyukai buah rambutan, mungkin anda perlu mencoba salah satu buah dari pedalaman hutan kalimantan yang satu ini. Buah rambutan hutan ini oleh masyarakat dayak ma'anyan di sebut buah "Ta'areng". Karena Kalimantan terdiri atas banyak suku, maka sebagian suku lain seperti suku Bakumpai menyebut buah ini "Tangaring",  Dayak Iban menyebut "Buah Mak" dan suku Banjar menyebutnya "Maritam". 

aneka buah
Rambutan Hutan

Secara umum buahnya dalam bahasa Indonesia di sebut dengan buah "Rambutan Ake". Buah rambutan hutan ini memang merupakan keluarga dari rambutan (Nephelium). Bentuk buah dan isinya hampir sama, dengan daging yang tebal. Namun untuk kulit rambutan hutan ini agak sukar atau tidak semudah membuka kulit rambutan biasa. Mengenai rasanya, buah ini hampir sama dengan rasa buah rambutan pada umumnya tetapi rasa manisnya lebih kental dengan sedikit bercampur asam.

Itulah sedikit informasi tentang buah dari hutan Kalimantan sebagai sedikit bahan untuk pengetahuan dan informasi bagi anda



18 Komentar

  1. Aku suka rambutan,,
    Cuman belum pernah nyoba yang diatas itu -_-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah PERTAMAX juga nih mas A.Y,Indrayana. hiehiehiheiheiheiee, Saya di Kalimantan Barat belum pernah jumpa buah seperti ini

      Hapus
    2. jadi di kalbar belum ada yg jual buah ini ya?

      Hapus
  2. Saya nggak suka rambutan sob. . . Nyimak aja. . . :D

    BalasHapus
  3. jadi tambah pengetahuan ane gan, makasih infonya :D

    BalasHapus
  4. abang, aku boleh dong di kirimin dari kalimantan, nanti aku kirimi rambutan asli blitar ... kayaknya rambutan sana lebih padet ya di timbang rambutan blitar yang terkenal ada madunya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. rambutan hutan jenis ini mencarinya lumayan sulit. disamping itu memang ada musimnya. biasanya sekitar bulan maret-april sob!

      Hapus
  5. wah warna kulit rambutannya merahhitam banget sobat.. apakah rasanya sama dengan rambutan umumnya..? apa rambutan hutan ini lebih manis..?

    hehehehe jadi ngiler nih saya sob, pengen nyobain

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama persis kawan. hanya rasa manisnya agak kental.

      Hapus
  6. kayaknya enak kang , kalo di daerah saya kayaknya gak ada tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya hampir sama dengan rasa rambutan. hanya rasa manisnya agak kental

      Hapus
  7. Sruuppp...merahnya itu bikin ngiler deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. mau mbak mira? datang aza ke kampung saya pertengahan maret-april

      Hapus
  8. ane cuma nunggu kirimannya aja dah, hehehe

    BalasHapus
  9. Kayaknya buahnya kecil2 ya sob??

    BalasHapus
    Balasan
    1. buahnya agak kecil dari rambutan garuda. mirip rambutan biasa sob

      Hapus
  10. Mampir lagi bung. . . Hehehe. :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama