Aneka Buah dari Kalimantan (Rambutan Ake)

Untuk pengunjung baru di blog ini akan sedikit kebingungan jika membaca postingan saya kali ini. Karena sangat jauh berbeda dari topik yang biasa saya sajikan beberapa bulan terakhir. Tetapi bagi pengunjung lama dan sahabat blogger pasti tidak akan merasa asing lagi.  Ya, Lirik Kiri Kanan adalah blog dengan metode umum atau tidak terbatas kepada tema.Metode ini adalah salah satu langkah untuk menghindarkan penulis blog dari sempitnya ruang untuk berekspresi karena dibatasi tema blog yang dibangun. 

Itu sedikit penjelasan agar anda tidak serta merta kebingungan dengan maksud artikel yang lepas dari konteks yang biasanya saya hadirkan.


Aneka Buah dari Kalimantan. Jika anda menyukai buah rambutan, mungkin anda perlu mencoba salah satu buah dari pedalaman hutan kalimantan yang satu ini. Buah rambutan hutan ini oleh masyarakat dayak ma'anyan di sebut buah "Ta'areng". Karena Kalimantan terdiri atas banyak suku, maka sebagian suku lain seperti suku Bakumpai menyebut buah ini "Tangaring",  Dayak Iban menyebut "Buah Mak" dan suku Banjar menyebutnya "Maritam". 

aneka buah
Rambutan Hutan

Secara umum buahnya dalam bahasa Indonesia di sebut dengan buah "Rambutan Ake". Buah rambutan hutan ini memang merupakan keluarga dari rambutan (Nephelium). Bentuk buah dan isinya hampir sama, dengan daging yang tebal. Namun untuk kulit rambutan hutan ini agak sukar atau tidak semudah membuka kulit rambutan biasa. Mengenai rasanya, buah ini hampir sama dengan rasa buah rambutan pada umumnya tetapi rasa manisnya lebih kental dengan sedikit bercampur asam.

Itulah sedikit informasi tentang buah dari hutan Kalimantan sebagai sedikit bahan untuk pengetahuan dan informasi bagi anda



Komentar

A. Y. Indrayana mengatakan…
Aku suka rambutan,,
Cuman belum pernah nyoba yang diatas itu -_-"
Yuyud mengatakan…
Saya nggak suka rambutan sob. . . Nyimak aja. . . :D
Asep Haryono mengatakan…
Wah PERTAMAX juga nih mas A.Y,Indrayana. hiehiehiheiheiheiee, Saya di Kalimantan Barat belum pernah jumpa buah seperti ini
Xi Game mengatakan…
jadi tambah pengetahuan ane gan, makasih infonya :D
deby putra bahrodin mengatakan…
abang, aku boleh dong di kirimin dari kalimantan, nanti aku kirimi rambutan asli blitar ... kayaknya rambutan sana lebih padet ya di timbang rambutan blitar yang terkenal ada madunya..
Bung Penho mengatakan…
jadi di kalbar belum ada yg jual buah ini ya?
Masnady mengatakan…
wah warna kulit rambutannya merahhitam banget sobat.. apakah rasanya sama dengan rambutan umumnya..? apa rambutan hutan ini lebih manis..?

hehehehe jadi ngiler nih saya sob, pengen nyobain
Bung Penho mengatakan…
sama persis kawan. hanya rasa manisnya agak kental.
Bung Penho mengatakan…
rambutan hutan jenis ini mencarinya lumayan sulit. disamping itu memang ada musimnya. biasanya sekitar bulan maret-april sob!
cak oni mengatakan…
kayaknya enak kang , kalo di daerah saya kayaknya gak ada tu
@yankmira | Mira Sahid mengatakan…
Sruuppp...merahnya itu bikin ngiler deh :D
Stupid monkey mengatakan…
ane cuma nunggu kirimannya aja dah, hehehe
Anak Rantau mengatakan…
Kayaknya buahnya kecil2 ya sob??
Bung Penho mengatakan…
buahnya agak kecil dari rambutan garuda. mirip rambutan biasa sob
Bung Penho mengatakan…
rasanya hampir sama dengan rasa rambutan. hanya rasa manisnya agak kental
Bung Penho mengatakan…
hehehe.. mau mbak mira? datang aza ke kampung saya pertengahan maret-april
Bung Penho mengatakan…
apa di kaltim gak ada ya MON?
Yuyud mengatakan…
Mampir lagi bung. . . Hehehe. :D