Langsung ke konten utama

Aneka Buah dari Kalimantan (Rambutan Ake)

Untuk pengunjung baru di blog ini akan sedikit kebingungan jika membaca postingan saya kali ini. Karena sangat jauh berbeda dari topik yang biasa saya sajikan beberapa bulan terakhir. Tetapi bagi pengunjung lama dan sahabat blogger pasti tidak akan merasa asing lagi.  Ya, Lirik Kiri Kanan adalah blog dengan metode umum atau tidak terbatas kepada tema.Metode ini adalah salah satu langkah untuk menghindarkan penulis blog dari sempitnya ruang untuk berekspresi karena dibatasi tema blog yang dibangun. 

Itu sedikit penjelasan agar anda tidak serta merta kebingungan dengan maksud artikel yang lepas dari konteks yang biasanya saya hadirkan.


Aneka Buah dari Kalimantan. Jika anda menyukai buah rambutan, mungkin anda perlu mencoba salah satu buah dari pedalaman hutan kalimantan yang satu ini. Buah rambutan hutan ini oleh masyarakat dayak ma'anyan di sebut buah "Ta'areng". Karena Kalimantan terdiri atas banyak suku, maka sebagian suku lain seperti suku Bakumpai menyebut buah ini "Tangaring",  Dayak Iban menyebut "Buah Mak" dan suku Banjar menyebutnya "Maritam". 

aneka buah
Rambutan Hutan

Secara umum buahnya dalam bahasa Indonesia di sebut dengan buah "Rambutan Ake". Buah rambutan hutan ini memang merupakan keluarga dari rambutan (Nephelium). Bentuk buah dan isinya hampir sama, dengan daging yang tebal. Namun untuk kulit rambutan hutan ini agak sukar atau tidak semudah membuka kulit rambutan biasa. Mengenai rasanya, buah ini hampir sama dengan rasa buah rambutan pada umumnya tetapi rasa manisnya lebih kental dengan sedikit bercampur asam.

Itulah sedikit informasi tentang buah dari hutan Kalimantan sebagai sedikit bahan untuk pengetahuan dan informasi bagi anda



Postingan populer dari blog ini

Calon Isteri dari Suku Dayak Maanyan? Baca Sekilas Tentang Pemenuhan Hukum Adat Dayak Maanyan

Dalam prosesi pernikahan menurut adat suku dayak maanyan selalu dilalui dengan acara pemenuhan hukum adat. Ketentuan ini telah diatur berdasarkan adat istiadat yang berlaku dalam suku dayak secara khusus suku dayak maanyan. Akan tetapi jangan dipersepsikan bahwa hukum adat tersebut merupakan pernikahan atau perkawinan secara adat. 

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Pernahkah anda diberi buku kecil seperti notes yang bertuliskan AD/ART Partai Politik "Anu". Jika ya, sekarang cobalah anda anda bertemu dengan seorang pengurus Partai Politik lainnya dan mintalah AD/ART Partai Politik lainnya tersebut. Jika sudah, kemudian silahkan anda baca dan bandingkan Kedua Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga tersebut. Jika anda selesai membacanya, maka silahkan anda bandingkan prosentase persamaan kedua AD/ART tersebut. Jika anda mendapatkan prosentase persamaan diatas lima puluh persen, maka sebenarnya kedua AD/ART tersebut memiliki tujuan yang sama.

Cerita di Tahun 80 an

Sebelumnya. author perlu menegaskan bahwa nama / tokohm dan cerita dalam tulisan ini adalah fiktif semata. Mohon maaf bila nama yang ada mungkin sama dengan nama anda!.(Just For Fun) Tulisan ini juga cukup panjang, jadi baca ceritanya dengan baik sampai selesai agar dapat dimengerti, Okey

Kisah berikut ini terjadi pada tahun 1980 an