Pak Taguy, Tokoh Masyarakat

Pak Taguy, itulah sebutan nama kesehariannya. beliau adalah salah satu penduduk asli di kampung saya. Beliau merupakan sosok orang tua yang sangat ramah dan suka menolong. Karena sifatnya tersebut sehingga Pak Taguy sangat di segani oleh semua warga kampung.
Pak Taguy. Tokoh Masyarakat
Dalam kesehariannya, bapak ini paling suka menggunakan atribut adat suku dayak. misalnya penutup kepala atau yang lebih dikenal dengan sebutan Lawung. 


Pak Taguy, juga dikenal sebagai orang tua yang memiliki keahlian dan kepandaian dalam berburu hewan-hewan  di hutan. selain itu, beliau memiliki keistimewaan dalam bidang pengobatan alternatif.

Yang saya ketahui, beliau dapat mengobati beberapa macam penyakit dan masalah seperti : wanita yang memiliki benjolan pada payudara, ketulangan (tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan ketika makan, red), demam karena panas dan luka terkena gigitan ular berbisa.

Yang sempat saya ketahui, dan saksikan sendiri cara beliau menyembuhkan orang yang terkena demam akibat naiknya suhu badan. beliau meminta kepada pasiennya agar datang membawa air mineral, gelas dan uang logam sebelum matahari mulai tenggelam atau senja hari. Setelah itu, beliau membuka botol air mineral tersebut dan mulutnya komat kamit seperti sedang membaca mantera. lalu kemudian diambilnya gelas yang dibawa oleh pasien dan menuangkan air mineral yang telah diberi mantera ke dalam gelas . Terakhir ia masukan uang logam kedalam gelas yang berisi air tersebut dan meminta si pasien meminumnya.
Lima belas menit kemudian, tubuh pasien yang awalnya terasa sangat panas, tiba-tiba mengeluarkan keringat dan akhirnya hawa panas tersebut hilang.

Begitu pula ketika beliau menyembuhkan seorang ibu yang memiliki benjolan pada payudaranya. Namun kali ini bukan menggunakan air mineral tetapi pak Taguy hanya memberi kepada pasien tersebut akar kayu dan daun yang memang sangat sulit di cari. penyembuhannya pun dilakukan dirumah pasien dan dilakukan oleh pasien itu sendiri.

Akar kayu tersebut di rendam dalam air hangat dan untuk daunnya di tumbuk sampai hancur, kemudian di oleskan pada bagian benjolan, sementara air yang sudah direndam akar kayu tersebut wajib di minum setiap jam 4 subuh dan jam 6 sore harinya. (dua kali sehari selama satu minggu). alhasil, benjolan tersebut hilang setelah hari ke delapan.

Itulah sekilas tentang Pak Taguy.

18 Komentar

  1. "penduduk asli"

    Kalau kamu penduduk buatan yah mas? Hihihi.
    Lha kamu pernah diobati belum mas dari Pak Taguy?

    BalasHapus
  2. syukurlah sampai saat ini belum Na
    and mudah2an seterusnya ngak lah yauuu! gue gak mo sakit!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.... tapi kalo sakit juga, mau kan diobati oleh Pak Taquy? :)
      Tapi doaku semoga dirimu senantiasa segar bugar ya mas.... jangan sampai sakit deh... :)

      Hapus
  3. wow, beliau memiliki kekuatan spiritual ya sob, hal yang sudah langka ya sob :D

    BalasHapus
  4. Pak Taguy punya ilmu kebatinan yang sangat tinggi ya sob. Makanya dijadiin tetua dan tempat meminta pengobatan alternatif. Asal yakin dan percaya pengobatan alternatif juga bisa menyembuhkan ya sob :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar gan! beliau ini juga gak pernah minta imbalan lho!

      Hapus
  5. coba pak taguy rumahnya dekat...mau minta diajarin cara berburu......

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. dibilang dukun ya nga lah! pa taguy ini eks. Guru dulu di SD Wungkur Ulin nama sekolahnya

      Hapus
  7. Bagaimanapun, saya selalu kagum dengan semua warisan nenek moyang. Terkadang mereka memiliki suatu solusi yang tidak bisa dijelaskan oleh diri mereka sendiri. Sebenarnya tugas kita untuk mencari penjelasan logis atas semua hal tersebut dan melestarikannya. :)

    BalasHapus
  8. wowww.... pantas dia disegani, bisa mngobati penyakit gitu...

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama