Memuat Cerita Berharga Dalam Tulisan

Kekacauan dari sebuah blog adalah saat dimana para blogger menuliskan tentang apa saja yang ingin ia sampaikan. Lari dari deskripsi blog yang telah dibuat mengakibatkan banyak blog tidak lagi terarah pada tema awal yang dibuat.
Akan tetapi seperti yang pernah diungkapkan sebelumnya dalam blog ini bahwa sebuah blog merupakan catatan atau tulisan lepas dari si penulis (pemilik blog) tanpa ada unsur mengarahkan blognya pada satu topik khusus. Artinya apapun yang terjadi pada blog, naik atau turun keadaan trafik blog, terarah atau tidaknya tujuan blog, semuanya tidak akan pernah menjadi masalah bagi seorang blogger.

Baikkah hal tersebut dilakukan?

Secara umum saya berpendapat hal tersebut kurang baik dari segi SEO. Akan tetapi di sisi lain, pembaca justru bisa menemukan suguhan-suguhan lain atau hal-hal baru dari tulisan kita. Dan di sini pemilik blog dapat mengambil keuntungan tersebut.

Menulis di blog bagi seorang blogger biasanya dilakukan secara sengaja untuk mengisi waktu. Ketika ada sesuatu yang dirasa baik untuk dituliskan, maka ia akan menuliskan sesuatu tersebut. Namun akan terlihat berbeda jika seseorang menulis di blog menjadi sebuah hobby. Keseriusan dalam menulis di blog akan terasa berbeda dan jauh berbobot dalam isi tulisan.

Tulisan berbobot akan mendatangkan kualitas yang baik untuk blog. Artinya dalam setiap aspek tulisan yang dibuat, ada keterkaitan keuntungan bagi pengunjung yang membaca. Si pembaca akan mendapatkan sesuatu yang berharga dari tulisan tersebut. Simpelnya begini, ketika kita membuat sebuah cerita tentang kita, si pembaca juga mendapatkan pelajaran atau informasi yang berharga ketika ia membacanya.