Mengatasi Masalah Crawl Errors

Kesehatan blog memang tidak menjamin blog anda memperoleh peringkat yang bagus di search engine.  Tetapi paling tidak dengan semakin kondusifnya tingkat kesehatan blog dapat memberikan rasa aman  bagi para pengunjung blog dalam menelusuri seluruh isi blog yang kita kelola.

Jika anda menggunakan blogspot sebagai platform untuk menyajikan tulisan dan karya anda maka untuk memantau dan memperbaiki stabilitas kesehatan blog diperlukan alat analisa. Karena blogspot merupakan platform gratis milik google, maka alat analisa yang digunakan untuk memantau kesehatan blog adalah tool google webmaster.


Permasalahan yang sering menimpa blog adalah masalah broken link sehingga mengakibatkan url tidak dapat ditemukan oleh google. Link yang rusak atau tidak ditemukan dapat diketahui pada tool webmaster ini. Coba anda klik bagian health - lalu sorot crawl errors. Akan ada dua pemberitahuan tentang kerusakan link yaitu Url Error dan Server Error. 

Server Error kadang disebabkan oleh system search engine, sehingga ketika anda menemukan pemberitahuan tentang server error, itu artinya terjadi permasalahan pada system search engine ketika merayapi bagian blog anda. Kerusakan ini tidak perlu anda perbaiki karena system search engine yang akan memperbaiki masalah ini. Sementara jika ada pemberitahuan tentang Url Error maka permasalahan terletak pada anda selaku pengelola blog. Ada banyak macam permasalahan yang mengakibatkan terjadinya kerusakan link ini.

Berikut ini adalah cara memperbaiki kerusakan link (url errors) di webmaster tool.versi lirik kiri kanan :
  • Menghapus Link
Link tidak ditemukan karena sebuah masalah misalnya pada link komentar terhapus atau lainnya biasanya di informasikan oleh webmaster seperti http://namabloganda.blogspot.com/delete.comment.g?blogID= , Jika masalah ini terdapat dalam informasi crawl errors, maka cara yang paling baik adalah menghapusnya sehingga tidak lagi dirayapi oleh google. 
Cara menghapusnya adalah dengan cara mengklik Optimazion - Remove Urls, lalu masukan link bermasalah tersebut pada kolom yang tersedia.
Untuk lebih mudah, lihat gambar berikut :

mengatasi crawl errors
Gambar proses Penghapusan.
  • Memperbaiki Link
Metode saya dalam memperbaiki link yang bermasalah adalah dengan menggunakan Custom Redirect pada bagian setting dashboard blog. Klik Setting - Search Preferences - Custom Redirect (edit). Masukan Url bermasalah pada kolom From misalnya http://namabloganda.blogspot.com/2012/04/mohon-bantuan-para-blogger.html?m=0, lalu pada kolom To masukan url perbaikan misalnya http://namabloganda.blogspot.com/2012/04/mohon-bantuan-para-blogger.html. kemudian klik permanent dan simpan custom redirect yang telah diperbaiki tersebut.
Kembali ke webmaster tool, Optimazion - Remove Urls lalu centang pada kolom url bermasalah seperti contoh Url diatas, kemudian klik Mark As Fixed.

mengatasi crawl errors


Tunggu beberapa jam, maka permasalahan crawl errors akan diperbaiki oleh system.

mengatasi crawl errors

Popular Posts