Wadian Alternatif, Pemanggilan Arwah

Banyak orang mengenal wadian sebagai bentuk tari-tarian suku dayak yang sering dipertontonkan dalam khasanah budaya dari daerah kalimantan. Namun dibalik tari-tarian tersebut ada tujuan atau fungsi yang lebih dalam. Secara spesifik, Wadian dilakukan untuk dua tujuan yaitu pertama, memanggil arwah atau roh nenek moyang suku dayak dan kedua sebagai sarana pengobatan alternatif.




Wadian untuk Pemanggilan Arwah.
Pemanggilan arwah atau roh nenek moyang melalui prosesi wadian dalam rumah balai biasanya dilakukan untuk memberikan penghormatan kepada arwah leluhur suku dayak yang mendiami daerah tersebut. Penghormatan ini pula disertai dengan mempersembahkan sesajen bagi para leluhur dengan tujuan agar para leluhur suku dayak melindungi masyarakat suku dayak dan daerahnya dari segala ancaman dan malapetaka.
Tari Wadian Suku Dayak




Wadian untuk Pengobatan
Pengobatan alternatif biasanya dilakukan oleh suku dayak untuk penyakit yang tidak dapat di deteksi oleh ilmu kedokteran. Penyakit tersebut biasanya disebabkan oleh guna-guna atau serangan ilmu gaib. Para Balian dalam tugasnya melaksanakan balian juga hanya sebagai perantara dalam proses pengobatan ini. Sementara yang mengobati penyakitnya adalah arwah para leluhur suku dayak.


Tari Wadian Suku Dayak


Tari Wadian Suku Dayak

Popular posts from this blog

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Alergi Air Hujan

Cerita di Tahun 80 an