Tarian Budaya, Jaga Budaya Adat

Suguhan Tarian budaya, itulah salah satu bentuk atau wujud untuk tetap menjaga budaya adat agar tidak pernah hilang ditelan perkembangan zaman. Suku dayak masih memegang teguh metode ini agar anak cucunya tidak akan lupa dengan budaya adat istiadat sukunya.
Tarian Budaya


Tarian budaya adat suku dayak biasanya di suguhkan pada acara pernikahan, pemindahan makam (tulang belulang) leluhur,  acara seni budaya dan bahkan pada acara memperingati hari-hari besar nasional. Selain tarian adat, untuk memeriahkan suasana terkadang para balian (penari adat) mempertontonkan atraksi kekebalan tubuh dari berbagai macam benda berbahaya.


Bagi suku dayak, prinsip hidup Huma Betang (rumah betang) atau rumah panjang adalah yang terpenting. Artinya didalam rumah betang yang dihuni oleh banyak orang, haruslah tetap satu, tetap mengedapankan prinsip Bhineka Tunggal Ika.

Suku dayak merupakan suku yang cinta kedamaian dan selalu menghormati semua orang. Terbukti ada begitu masyarakat dari suku dayak yang bisa bersatu dengan suku-suku lainnya. Contoh yang paling sering terlihat saat ini adalah suku dayak bisa menjalin kehidupan berumah tangga dengan banyak suku lain yang bermukim di daerahnya atau diluar sukunya.

Bagaimana dengan suku anda ?

Popular posts from this blog

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Alergi Air Hujan

Cerita di Tahun 80 an