Langsung ke konten utama

Curi Waktu - Kamus Dayak Maanyan

Mengisi lembar halaman blog di sela kesibukan di akhir tahun menjadi kalender yang tidak mudah. Bagaimana tidak, waktu yang diberikan untuk melakukan rutinitas hidup dengan pekerjaan yang tidak dekat dengan dunia internet membuat saya harus mengambil kesempatan untuk mencuri waktu yang sempit guna mengisi blog ini dengan tulisan.

Hari ini saya sempatkan untuk membuka blog ini dan menuliskan sedikit tambahan tentang bahasa maanyan dan arti dari kata tersebut. Semoga bisa menjadi pelajaran ketika anda bertemu atau berpapasan dengan orang-orang dari suku dayak khususnya maanyan di sekitar anda. Yuukk kita mulai :


Situa = Binatang
Hante = Besar
Rumis / Nyanit = Kecil
Wuyaka = Belut
Paekut = Bengkok/tidak rata
Watang = Batang
Kingking = Jari
Tane = Tanah
Ranu = Air
Jumpun = Hutan Belantara
Rikut = Rumput
Luwau = Rawa
Enat, Paenat = Angkat / Terangkat
Ngihaw = Pinjam
Ngampudi, Ngampulet, Ampudi,  = Mengembalikan / Kembalikan
Mareh = Mengalir
Iring = Pinggir
Penah = Tengah
Anrau = Hari
Matueh = Tua
Kawan Iya = Anak-Anak
Lepung, Witus = Putus
Marisak, Karisakan = Dingin / Kedinginan
Malaing = Panas
Mekum, Jungun = Sakit
Ipunran = Berontak

Oke, udah dulu ya infonya! Salam Blogger

Postingan populer dari blog ini

Calon Isteri dari Suku Dayak Maanyan? Baca Sekilas Tentang Pemenuhan Hukum Adat Dayak Maanyan

Dalam prosesi pernikahan menurut adat suku dayak maanyan selalu dilalui dengan acara pemenuhan hukum adat. Ketentuan ini telah diatur berdasarkan adat istiadat yang berlaku dalam suku dayak secara khusus suku dayak maanyan. Akan tetapi jangan dipersepsikan bahwa hukum adat tersebut merupakan pernikahan atau perkawinan secara adat. 

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Pernahkah anda diberi buku kecil seperti notes yang bertuliskan AD/ART Partai Politik "Anu". Jika ya, sekarang cobalah anda anda bertemu dengan seorang pengurus Partai Politik lainnya dan mintalah AD/ART Partai Politik lainnya tersebut. Jika sudah, kemudian silahkan anda baca dan bandingkan Kedua Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga tersebut. Jika anda selesai membacanya, maka silahkan anda bandingkan prosentase persamaan kedua AD/ART tersebut. Jika anda mendapatkan prosentase persamaan diatas lima puluh persen, maka sebenarnya kedua AD/ART tersebut memiliki tujuan yang sama.

Cerita di Tahun 80 an

Sebelumnya. author perlu menegaskan bahwa nama / tokohm dan cerita dalam tulisan ini adalah fiktif semata. Mohon maaf bila nama yang ada mungkin sama dengan nama anda!.(Just For Fun) Tulisan ini juga cukup panjang, jadi baca ceritanya dengan baik sampai selesai agar dapat dimengerti, Okey

Kisah berikut ini terjadi pada tahun 1980 an