Langsung ke konten utama

Ansak, Sesajen Suku Dayak

Kita tahu bahwa di Indonesia memiliki ragam suku, budaya dan adat istiadat yang berbeda tetapi memiliki tujuan yang sama. Walaupun memiliki tujuan yang sama, akan tetapi keunikan dalam proses pelaksanaan adat istiadat dari setiap suku pastilah berbeda.

Salah satu bentuk adat istiadat yang memiliki kesamaan tujuan dari tiap suku misalnya dalam sebuah upacara pemberian sesajen. Dalam suku dayak, sesajen diberikan kepada arwah atau roh yang dipercaya sebagai penjaga sebuah daerah atau wilayah tertentu. Kalau saya perhatikan, pemberian sesajen seperti ini juga memiliki tujuan yang sama dari suku-suku lain yang ada di Indonesia.


Sesajen dalam suku dayak maayan atau Dusun maanyan disebut dengan Ansak. Ansak adalah tempat sesajen yang diisi dengan berbagai jenis / macam hidangan khusus  Dahulu kala, ketika ada salah satu dari anggota keluarga mengalami sakit, suku dayak mempercayai bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh murka dari roh / arwah nenek moyang kepada keluarganya. Karena itu, pemberian sesajen (Ansak) yang di ikatkan pada tawing layar rumah sebagai simbol permohonan kepada roh/arwah agar salah satu anggota keluarganya disembuhkan dari penyakit yang di derita.

Ansak
Pembuatan Ansak oleh suku Dayak

Demikian pula misalnya ketika sekelompok orang akan membuka lahan / hutan menjadi sebuah tambang, maka prosesi pemberian makanan kepada roh / arwah penjaga hutan wajib dilakukan. Pemberian sesajen biasanya dilakukan melalui tahapan-tahapan berupa tarian adat khusus. 

Postingan populer dari blog ini

Calon Isteri dari Suku Dayak Maanyan? Baca Sekilas Tentang Pemenuhan Hukum Adat Dayak Maanyan

Dalam prosesi pernikahan menurut adat suku dayak maanyan selalu dilalui dengan acara pemenuhan hukum adat. Ketentuan ini telah diatur berdasarkan adat istiadat yang berlaku dalam suku dayak secara khusus suku dayak maanyan. Akan tetapi jangan dipersepsikan bahwa hukum adat tersebut merupakan pernikahan atau perkawinan secara adat. 

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Pernahkah anda diberi buku kecil seperti notes yang bertuliskan AD/ART Partai Politik "Anu". Jika ya, sekarang cobalah anda anda bertemu dengan seorang pengurus Partai Politik lainnya dan mintalah AD/ART Partai Politik lainnya tersebut. Jika sudah, kemudian silahkan anda baca dan bandingkan Kedua Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga tersebut. Jika anda selesai membacanya, maka silahkan anda bandingkan prosentase persamaan kedua AD/ART tersebut. Jika anda mendapatkan prosentase persamaan diatas lima puluh persen, maka sebenarnya kedua AD/ART tersebut memiliki tujuan yang sama.

Cerita di Tahun 80 an

Sebelumnya. author perlu menegaskan bahwa nama / tokohm dan cerita dalam tulisan ini adalah fiktif semata. Mohon maaf bila nama yang ada mungkin sama dengan nama anda!.(Just For Fun) Tulisan ini juga cukup panjang, jadi baca ceritanya dengan baik sampai selesai agar dapat dimengerti, Okey

Kisah berikut ini terjadi pada tahun 1980 an