Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak

Mungkin anda belum mengetahui bahwa di Kalimantan telah berdiri sebuah organisasi pertahanan adat dibawah Lembaga Dewan Adat Dayak. Organisasi ini di beri nama Batamad. Batamad merupakan singkatan dari Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak. dan kebetulan pula saya merupakan salah satu dari anggota Batamad ini.

Batamad merupakan organisasi yang di bentuk oleh Dewan Adat Dayak (DAD) sebagai pengawal penegakan hukum adat dayak sekaligus pendukung pemerintah daerah dalam upaya menjaga keterentaman masyarakat dayak di Kalimantan.

Perlu pula anda ketahui bahwa masyarakat dayak merupakan masyarakat yang sangat menghormati kemajemukan dalam bermasyarakat. Masyarakat dayak tidak pernah membedakan suku maupun agama dalam menjalankan kehidupannya. Yang terpenting adalah antar suku, golongan ataupun agama harus selalu menjaga ketertiban di bumi kalimantan. Kalau boleh saya utarakan bahwa masyarakat kalimantan merupakan masyarakat yang sangat menyukai kedamaian dan kerukunan dalam bermasyarakat. 
Karena itulah dibentuknya organisasi Batamad merupakan perwujudan dari keinginan masyarakat dalam menjaga stabilitas kedamaian yang hakiki di tanah dayak.

Jadi jangan pernah ragu untuk tinggal dan menetap di Kalimantan, karena hanya satu syarat mutlak yang harus anda penuhi yaitu menciptakan dan atau menjaga kerukunan bukan berusaha melakukan perpecahan. Karena jika anda mencoba melakukan perpecahan tersebut, maka anda akan berhadapan langsung dengan saya hehehe..!! Selamat berakhir pekan blogger.

Popular posts from this blog

Alergi Air Hujan

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Kamus Dayak Ma'anyan