Langsung ke konten utama

Souvenir Khas Suku Dayak

Untuk sahabat penho dan pengunjung blog lirik kiri kanan, hari ini penho membuka lapak jualan souvenir buatan tangan warga suku dayak dari desa Telang Andrau. Souvenir ini berupa gantungan kunci dan perahu suku dayak maanyan yang terbuat dari Getah Karet Merah atau sering disebut dengan Karet Nyatu.

Sekilas tentang karet Nyatu adalah sebagai berikut :
Karet Nyatu ada 2 (dua) jenis yaitu Karet Nyatu yang berdaun bulat kecil yang disebut Nyatu Bringin, karetnya berwarna putih. Dan yang lain Karet Nyatu berdaun kecil memanjang serta dibawah daunnya berwarna muda disebut Nyatu Sambun, dengan karetnya berwarna putih kemerah-merahan.Karet Nyatu ini merupakan tanaman karet khas Kalimantan dan tumbuhnya ditanah yang tinggi / perbukitan.Tanaman Karet Nyatu yang berumur ± 8 tahun dengan garis tengah 35 cm – 40 cm sudah siap dipanen (di sadap)

Hasil kerajinan tangan warga desa Telang Andrau ini bisa anda gunakan sebagai hiasan ruangan rumah anda dan dapat ditempatkan dimana saja atau bisa pula sebagai hadiah buat teman anda yang suka mengkoleksi barang-barang hiasan. Berikut ini adalah gambar aktivitas warga desa dalam proses pembuatan souvenir asli suku dayak dari desa Telang Andrau :

Souvenir khas Dayak Maanyan
Proses pembuatan souvenir khas suku dayak dari Getah Karet Merah
Souvenir yang dihasilkan dari olahan warga desa Telang Andrau ini adalah Gantungan Kunci dan Perahu Dayak. Contoh hasil karyanya seperti dibawah ini.

Souvenir khas Dayak Maanyan
Souvenir Perahu Dayak
Harga Rp. 300.000,- (belum termasuk ongkos kirim ya)
Souvenir khas Dayak Maanyan
Souvenir Perahu Dayak
Harga Rp. 300.000,- (belum termasuk ongkos kirim ya)

Souvenir khas Dayak Maanyan
Souvenir Gantungan Kunci (gambar depan) bentuk Burung Tingang
Harga Rp. 22.000,- (belum termasuk ongkos kirim ya)
Untuk souvenir gantungan kunci, pesanan anda minimal 5 buah

Bagi yang berminat untuk mendapatkan souvenir ini, silahkan SMS penho ke nomor 081348573326 dengan menuliskan :
1. Nama Souvenir
2. Jumlah yang di pesan
3. Nama Pemesan
4. Alamat Lengkap Pemesan

SMS yang anda kirim akan saya balas untuk konfirmasi nomor rekening pembayaran.
Pengiriman akan dilakukan menggunakan Jasa Tiki (JNE) langsung ke alamat anda.
Lama pengiriman tergantung jarak daerah anda.


Postingan populer dari blog ini

Calon Isteri dari Suku Dayak Maanyan? Baca Sekilas Tentang Pemenuhan Hukum Adat Dayak Maanyan

Dalam prosesi pernikahan menurut adat suku dayak maanyan selalu dilalui dengan acara pemenuhan hukum adat. Ketentuan ini telah diatur berdasarkan adat istiadat yang berlaku dalam suku dayak secara khusus suku dayak maanyan. Akan tetapi jangan dipersepsikan bahwa hukum adat tersebut merupakan pernikahan atau perkawinan secara adat. 

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Pernahkah anda diberi buku kecil seperti notes yang bertuliskan AD/ART Partai Politik "Anu". Jika ya, sekarang cobalah anda anda bertemu dengan seorang pengurus Partai Politik lainnya dan mintalah AD/ART Partai Politik lainnya tersebut. Jika sudah, kemudian silahkan anda baca dan bandingkan Kedua Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga tersebut. Jika anda selesai membacanya, maka silahkan anda bandingkan prosentase persamaan kedua AD/ART tersebut. Jika anda mendapatkan prosentase persamaan diatas lima puluh persen, maka sebenarnya kedua AD/ART tersebut memiliki tujuan yang sama.

Cerita di Tahun 80 an

Sebelumnya. author perlu menegaskan bahwa nama / tokohm dan cerita dalam tulisan ini adalah fiktif semata. Mohon maaf bila nama yang ada mungkin sama dengan nama anda!.(Just For Fun) Tulisan ini juga cukup panjang, jadi baca ceritanya dengan baik sampai selesai agar dapat dimengerti, Okey

Kisah berikut ini terjadi pada tahun 1980 an