Langsung ke konten utama

BESEI KAMBE, Festival Budaya Adat Suku Dayak

Dari beragam lomba budaya adat suku dayak dalam Festival Budaya Suku Dayak Kalimantan Tengah hari ini di isi oleh pertandingan Sepak Sawut atau di kenal dengan Sepak Bola Api menggunakan buah kelapa yang di beri minyak dan di bakar serta pertandingan Besei Kambe atau lomba mendayung berlawanan. 

Sepak sawut atau sepak bola api mungkin sudah sering dilihat oleh banyak orang dan juga menjadi salah satu adat budaya yang di miliki oleh daerah dan suku lain. Sementara lomba Besei Kambe merupakan budaya adat dayak berbeda karena lomba budaya adat ini adalah seperti pertandingan lomba tarik tambang.


Sepak Saput, Festival Budaya Adat Dayak
Sepak Sawut, Budaya Adat Kalteng

Sepak Saput, Festival Budaya Adat Dayak
Sepak Sawut, Budaya Adat Kalteng

Besei Kambe ini adalah lomba mendayung berlawanan arah. Seperti halnya tarik tambang, pada bagian tengah perahu akan dibuat sebuah andang khusus yang sudah di beri tanda batas. Jika anda mampu mendayung lebih kuat dari lawan anda maka lawan anda tertarik mundur sampai batas andang yang telah disediakan. Dalam lomba ini, ketahanan fisik merupakan faktor utama penentu kemenangan.

Mengapa disebut Besei Kambe?
Besei dalam bahasa suku dayak Kahayan disebut dengan dayung / pendayung / mendayung. Sementara yang dimaksud dengan Kambe adalah Roh atau Arwah nenek moyang suku dayak.

Berikut ini adalah gambar pertandingan lomba budaya adat suku dayak Besei Kambe

Besei Kambe, Festival Budaya Adat Dayak
Lomba Budaya Adat Dayak, BESEI KAMBE

Besei Kambe, Festival Budaya Adat Dayak
Lomba Budaya Adat Dayak, BESEI KAMBE

Postingan populer dari blog ini

Calon Isteri dari Suku Dayak Maanyan? Baca Sekilas Tentang Pemenuhan Hukum Adat Dayak Maanyan

Dalam prosesi pernikahan menurut adat suku dayak maanyan selalu dilalui dengan acara pemenuhan hukum adat. Ketentuan ini telah diatur berdasarkan adat istiadat yang berlaku dalam suku dayak secara khusus suku dayak maanyan. Akan tetapi jangan dipersepsikan bahwa hukum adat tersebut merupakan pernikahan atau perkawinan secara adat. 

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Pernahkah anda diberi buku kecil seperti notes yang bertuliskan AD/ART Partai Politik "Anu". Jika ya, sekarang cobalah anda anda bertemu dengan seorang pengurus Partai Politik lainnya dan mintalah AD/ART Partai Politik lainnya tersebut. Jika sudah, kemudian silahkan anda baca dan bandingkan Kedua Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga tersebut. Jika anda selesai membacanya, maka silahkan anda bandingkan prosentase persamaan kedua AD/ART tersebut. Jika anda mendapatkan prosentase persamaan diatas lima puluh persen, maka sebenarnya kedua AD/ART tersebut memiliki tujuan yang sama.

Cerita di Tahun 80 an

Sebelumnya. author perlu menegaskan bahwa nama / tokohm dan cerita dalam tulisan ini adalah fiktif semata. Mohon maaf bila nama yang ada mungkin sama dengan nama anda!.(Just For Fun) Tulisan ini juga cukup panjang, jadi baca ceritanya dengan baik sampai selesai agar dapat dimengerti, Okey

Kisah berikut ini terjadi pada tahun 1980 an