Langsung ke konten utama

Suku Dayak-Tari Bawo dan Dadas, Kuno yang menjadi trend mode

Melestarikan budaya adat istiadat nenek moyang bagi sebagian orang adalah hal yang kuno. Kebanyakan orang saat ini lebih suka mengikuti trend atau mode agar tidak dikatakan sebagai orang yang ketinggalan jaman. Hal ini terbukti dengan banyaknya ketidaktahuan seseorang dengan budaya dan adat istiadat yang berlaku di daerahnya sendiri.

trend modeNamun ini tidak berlaku bagi bapak Rusamadji atau yang kerap dipanggil "bang Kutus". Seorang pegawai di salah satu instansi pemerintahan di Kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini. Ya, Kutus justru menanamkan kecintaan terhadap budaya suku dayak kepada anak dan isterinya.

trend mode
Kecintaan beliau terhadap pelestarian budaya tarian adat suku dayak tersebut di buktikan dengan hadirnya sanggar tari Ranu Mareh. Semangat untuk melestarikan adat budaya inilah yang kemudian justru mengangkat nama beliau bukan hanya di lingkup daerahnya tetapi dunia internasional. Sebut saja, sudah ada beberapa negara yang pernah mengundang Sanggar Tari yang beliau kelola untuk tampil di hadapan publik negara mereka, Spanyol (Barcelona), Serawak (Malaysia), Sydney (Australia) dan ada rencana Sanggar Tari Ranu Mareh pada bulan April ini akan berkunjung ke Belanda.

Ya, hal yang kerap di sebut nggak mode ternyata memberikan trend mode yang luar biasa!

trend mode
Pulang ke kampung naik speed boat
   

Postingan populer dari blog ini

Calon Isteri dari Suku Dayak Maanyan? Baca Sekilas Tentang Pemenuhan Hukum Adat Dayak Maanyan

Dalam prosesi pernikahan menurut adat suku dayak maanyan selalu dilalui dengan acara pemenuhan hukum adat. Ketentuan ini telah diatur berdasarkan adat istiadat yang berlaku dalam suku dayak secara khusus suku dayak maanyan. Akan tetapi jangan dipersepsikan bahwa hukum adat tersebut merupakan pernikahan atau perkawinan secara adat. 

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Pernahkah anda diberi buku kecil seperti notes yang bertuliskan AD/ART Partai Politik "Anu". Jika ya, sekarang cobalah anda anda bertemu dengan seorang pengurus Partai Politik lainnya dan mintalah AD/ART Partai Politik lainnya tersebut. Jika sudah, kemudian silahkan anda baca dan bandingkan Kedua Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga tersebut. Jika anda selesai membacanya, maka silahkan anda bandingkan prosentase persamaan kedua AD/ART tersebut. Jika anda mendapatkan prosentase persamaan diatas lima puluh persen, maka sebenarnya kedua AD/ART tersebut memiliki tujuan yang sama.

Cerita di Tahun 80 an

Sebelumnya. author perlu menegaskan bahwa nama / tokohm dan cerita dalam tulisan ini adalah fiktif semata. Mohon maaf bila nama yang ada mungkin sama dengan nama anda!.(Just For Fun) Tulisan ini juga cukup panjang, jadi baca ceritanya dengan baik sampai selesai agar dapat dimengerti, Okey

Kisah berikut ini terjadi pada tahun 1980 an