Cara melakukan SEO

Membaca di berbagai situs web tentang bagaimana memahami dan mempraktekan SEO ternyata dapat berujung pada hasil negatif yang justru tidak memberikan kontribusi positif bagi web.

Jika anda menuliskan kata kunci "pemahaman SEO" atau "teknik SEO Blog" dalam pencarian di search engine yang kemudian membawa anda pada url arahan menuju beberapa situs, anda pasti akan mendapatkan banyak referensi tentang itu. Namun ketika anda salah dalam menafsirkan dan mempraktekkan SEO, hal ini justru dapat menimbulkan permasalahan yang bertolak belakang pada keinginan yang sebenarnya.


Namun perlu diketahui bahwa SEO merupakan bagian yang sangat penting dalam perannya membangun website menjadi baik bagi Search engine dan pengguna internet. Akan tetapi jujur saya katakan bahwa dalam penjabarannya, menciptakan SEO bukanlah hal yang mudah.

PENGORBANAN
Pengorbanan adalah bagian terbesar untuk membangun SEO. Untuk membangun website agar benar-benar menarik bagi banyak pengguna internet dan mesin pencari, maka di butuhkan pengorbanan yang biasanya dibagi menjadi dua bagian yaitu Waktu dan Uang.
Bagi anda yang serius membangun web / blog, maka dibutuhkan pengorbanan waktu, apalagi jika anda bekerja sendiri. Dan jika anda tidak ingin bekerja sendiri, maka dibutuhkan Uang untuk memperkerjakan orang lain baik dalam membangun web / blog atau konten.

SIAPA YANG DITUJU?
Membangun web / blog sebenarnya wajib memiliki tujuan. Tetapi dalam dunia blogging biasanya hal tersebut banyak dilakukan hanya sebagai selingan pengisi waktu senggang. Dalam dunia SEO, sebuah web/blog harus memiliki tujuan, karena setelah anda menentukan tujuan anda, barulah anda dapat memahami siapa yang anda tuju. Maksud saya adalah siapa orang-orang yang anda tuju. 

USER FRIENDLY
Web / blog yang baik adalah web yang dibangun dengan desain minimalis dan ramah. Desain arsitektur seperti ini akan menciptakan kemudahan akses bagi para pengguna yang mengakses dan mesin pencari. Khusus untuk blog, sebaiknya ciptakan desain yang benar-benar membuat pengguna betah untuk tinggal dan mengakses bagian-bagian dari blog.

KONTEN
Ketiga bagian diatas adalah penunjang dari bagian keempat ini. Ya, Konten merupakan bagian yang paling krusial dan penting. Inilah yang paling di cari oleh pengguna internet. Konten merupakan informasi berharga dari tujuan kedatangan orang ke web atau blog yang anda kelola.

Gabungan dari penunjang diatas dengan praktek konten yang saya maksudkan disini dapat dijabarkan secara singkat sebagai berikut : 
  • Ciptakan konten yang benar-benar menarik bagi pengguna yang anda tuju.
  • Agar benar-benar memiliki konten yang berkualitas, maka anda wajib berkorban waktu dan bahkan uang anda.
  • Ketika pengunjung datang, ciptakanlah ruang sejuk, mudah dan ramah dalam istilah loading blog tidak berat, navigasi mudah dan tidak membuat pengunjung tersesat didalam blog anda


Anda saat ini mungkin sedang melakukan trik-trik agar blog anda menjadi SEO yang friendly. Namun sebenarnya menurut pemahaman saya tips untuk menciptakan SEO adalah empat bagian yang telah saya sampaikan diatas.
Bagaimana pendapat anda ?

6 Komentar

  1. makasih utk pemahaman SEO nya

    BalasHapus
  2. waaa bermanfaat nih kang buat saya

    BalasHapus
  3. selamat malam bung peno.. kemana saja nih nggak pernah nongol lagi hehehehe... wah makasih nih atas penjabaran tentang seo nya..?

    BalasHapus
  4. Gue rasa gue bisa skip yg laen stelah gue baca waktu jadi faktor pemicu! Jujur, gue gak punya banyak waktu. Bisa elo liat dari frekuensi update blog gue! Tapi dari pemaparan keseluruhan ttg SEO, gue setuju bgt ama elu! Sumpah, ane jujur! ;-)

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama