Opini blogger - Optimasi blogspot di Search Engine

Optimasi blogspot di Search Engine
Setiap blogger menginginkan agar blognya mendapatkan ranking yang bagus di search engine. Karena dengan modal itulah, kesempatan terbaik untuk mendapatkan respon dari pengguna mesin penelusuran menemukan blog yang kita kelola.

Ketika membaca berbagai tulisan para ahli web, mereka terus menerus melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana alogaritma google bekerja, tetapi pada akhirnya ini semua membingungkan kita selaku pembaca. Menurut saya alogaritma menjadi sebuah misteri yang sulit dipecahkan layaknya keinginan seorang blogger untuk bisa mendapatkan account adsense.
Pergeseran penilaian alogaritma google terhadap web atau blog yang tidak menentu ini justru menjadi kekhawatiran bagi pengelola web / blog khususnya bagi mereka yang mengembangkan bisnis lewat media online.

Terkait paradigma alogaritma tersebut, ada dua hal yang menurut saya cukup krusial dalam optimasi blog secara khusus pada tahun 2013 ini, yaitu :
1. KATA KUNCI
Menanamkan kata kunci pada setiap artikel yang di share ternyata bukan lagi menjadi teknik yang bagus karena adanya perubahan paradigma alogaritma google bekerja. Respon yang baik untuk kata kunci saat ini menurut saya rasa terdapat pada judul artikel. Ini pernah saya coba ketika melakukan test kata kunci di penelusuran google, dimana ternyata kata kunci yang di tanamkan pada judul artikel lebih baik hasilnya di search engine ketimbang kata kunci yang ditanamkan pada bagian isi dari artikel.
2. PERINGKAT PENULIS
Jika anda pernah membaca tulisan saya mengenai anonymous, dimana seorang komentator menutup privasinya secara rapat, sementara itu dalam tulisan lainnya mengenai pagerank penulis (peringkat penulis) yang membahas bagaimana data diri seorang penulis blog di patenkan sebagai metrik baru di SERPs, maka dapat disimpulkan bahwa profile online yang diverifikasi akan mendapatkan peringkat yang lebih baik di mata google dibandingkan dengan anonymous (tidak terverifikasi).

Dari sisi inilah, google ingin memberitahukan kepada kita untuk mengelola blog dengan sebaik  dan sesederhana mungkin serta menghadirkan kepercayaan baik itu dari sisi blog dan isinya bagi pengguna internet yang mengakses. 

Apakah anda memiliki Opini atau Logika lain yang bisa ditambahkan?

7 Komentar

  1. Well! Kayaknya gue mulai tertarik buat belajar SEO, bung! Secara kata kunci gue gak pernah masuk SERP! ;-)

    BalasHapus
  2. Perdalam konten yang bagus dan bermanfaat bagi pembaca dan tidak terlalu banyak memasukkan kata kunci Mas.Itu aja kalau saya Mas.

    BalasHapus
  3. Tp kadang ada blogger yg salah dalam memanfaatkan kata kunci. Masa postingan isinya kata kunci semua. . .

    BalasHapus
  4. kalau memanfaatkan kata kunci sih itu tujuan semua blogger kang , tapi kadang ada kata kuncinya yang SEO tapi sulit dicari orang kayak susu daerah saya , itu mungkin hanya segelintir orang yang akan mencarinya :D

    BalasHapus
  5. kalau ingin mendapatkan trffic dari menembak kata kunci memang harus mencar kata kunci yang banyak pencarinya, namun itu pasti banyak saingannya, tapi kalau sudah unggul dalam salah satu kata kunci tertentu traffic akan stabil, lain halnya kalau kita hanya mengandalkan kekuatan jaringan sosial media

    BalasHapus
  6. ternyata ke populeran penulis turut menentukan juga ya bang :)

    BalasHapus
  7. Oh gitu ya. Bung. Kata kunci jangan hanya ditanamkan pada artikel, tapi juga pada judul postingan. #Manggut-manggut. Nanti dicoba ah. Trims, Bung. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama