Tentang Komentar Anonymous

komentar anonymous
Beberapa bulan terakhir ini blog saya menerima banyak komentar anonymous yang terjaring secara otomatis dalam kolom spam komentar, walaupun ada beberapa diantaranya yang berhasil masuk. Setelah banyaknya komentar spam yang mengatasnamakan penjual obat-obatan membanjiri kolom komentar blog ini, saya pun akhirnya melaporkan hal tersebut kepada google serta menggunakan disavow links.

Setelah proses pelaporan tersebut saya lakukan, ternyata komentar anonymous juga turut serta menjadi bagian dari komentar spam yang terjaring otomatis pada blog ini.

Secara singkat telah kita ketahui bahwa komentar spam berdampak buruk bagi blog, sehingga tidak sedikit para blogger akhirnya menerapkan keamanan dalam kolom komentarnya misalnya dengan menutup Anyone comment, atau menggunakan moderasi komentar.

Bagi saya pribadi ada dilema tentang bagaimana seharusnya komentar anonymous pada blog ini. Pada satu sisi komentar spam bisa merusak reputasi blog di mata search engine, namun di sisi lain saya berpendapat bahwa setiap orang memiliki kebebasan dalam berkomentar dengan menutup rapat privasinya.
Memang terkadang komentar yang ditinggalkan tidak mengarah pada topik yang disampaikan, namun ada pula komentar yang mengarah pada topik tetapi meninggalkan link hidup yang dapat dianggap sebagai broken link.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah dengan menutup komentar anonymous segalanya akan berakhir baik? saya rasa belum tentu. Kita tahu bahwa dengan menutup anyone comment secara otomatis membuat komentator hanya bisa berpartisipasi dalam berkomentar dengan memiliki akun email. Tetapi kita juga perlu tahu bahwa membuat akun email adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan saat ini. Kita dapat mengisi nama samaran atau nama palsu pada akun email untuk menjaga privasi kita.
Di samping itu, komentar mengatasnamakan anonymous juga adalah seorang manusia pengguna internet sama seperti kita.

Jadi, sekarang apa yang harus kita lakukan sebagai pemilik blog?

Pertama, seperti dalam blog ini saya tidak menggunakan moderasi pada kolom komentar blog, tetapi saya sarankan untuk pembaca blog ini agar tidak menggunakan anonymous ketika ingin berpartisipasi dalam mengomentari setiap artikel yang saya sajikan, karena dapat secara otomatis dianggap sebagai komentar spam oleh google.

Kedua, untuk menjaga timbulnya broken link, gunakan script kode otomatis untuk mematikan link hidup tersebut demi menjaga keamanan blog. (untuk membuat script kode tersebut, ada banyak literatur yang bisa di dapatkan melalui mesin penelusuran google)

Ketiga, lakukan pengecekan secara manual di dashboard blog untuk mencegah masuknya komentar yang bernada spam. Jika perlu gunakan cara manual untuk menghapusnya.

Sebenarnya dalam membangun hubungan online, saya berusaha semaksimal mungkin menciptakan kemudahan kepada para pembaca blog ini. Tetapi saya juga tidak menginginkan reputasi blog ini rusak dengan komentar yang tidak relevan dan spam comment.
Semoga para pembaca dan secara khusus para komentator anonymous memahami keadaan ini.

Istilah akhir untuk menutup artikel ini yaitu "Anda adalah tamu terhormat di blog ini. Sehingga anda dianggap sebagai raja. Namun ada batasan tertentu yang tidak boleh anda langgar sebagai seorang tamu".

Mari kita hargai setiap privasi seseorang dengan tetap menghormati aturan permainan dalam dunia online ini.

15 Komentar

  1. wah bener tuch sobat. sayang saya ngeblog masih via hp, jadi agak susah kalau mau memikirkan komentar. jadi untuk sementara saya biarkan dulu...?

    BalasHapus
  2. nah, ini dia nih sob, salah satu alasannya knp aku tutup kolom utk anonim, karena selalu aja byk tukang obat yg datang nawarin obatnya di kolom komentar.. mending kalo cm sekali nawarinnya, tp berkali2.. bikin sebel jadinya.

    BalasHapus
  3. blog Akoh untung belum ada spam seperti itu, jadi Akoh masih membuka comentar dari manapun, belum dimoderasi.

    BalasHapus
  4. hmmzz, sampai sekarang kebetulan belum ada komentar anonym di blog saya !!! karena memang pengunjung nya masih sedikit !!! hehe :D

    #salam terhangat dari Mr.DHI

    BalasHapus
  5. kalo gue tetep welcome buat siapa aja, termasuk bang anon! mungkin dia malu nunjukin mukanya yang ganteng, padahal kadang ada juga anon yang komennya berbobot dan gak OOT,,, :0

    BalasHapus
  6. Sama Mas di blog saya demikian ada-ada saja komentarnya yang masuk ke komentar SPAM saya ada yang cuma nitip lapal,promo harga dan lainnya.Maka dari itu selalu saya buat komentar moderasi dan langsung saya selektif mana yang SPAM dan tidak.

    BalasHapus
  7. kalau saya dibiarkan saja kang , soalnya banyak teman saya yang menggunakan anonymus untuk komen di blog saya

    BalasHapus
  8. di saya juga ada yang seperti itu sob, tapi kadang ada juga komentar follower tapi masuk spam juga, kok bisa ya?
    sekalian ngasih tahu ada awar untuk sobat silahkan diambil ya

    BalasHapus
  9. Saya masih belum mematikan anonymous di blog saya.. jadi saya selalu delete komentar yang begitu. Memang, sekarang banyak sekali komentar yang nawarin obat.. di blog saya, tiap kali saya hapus, pasti nongol lagi .. tapi ga apalah ..
    Tips yang bagus Bung ...

    BalasHapus
  10. bagi saya bebas berkomentar itu boleh saja, namun tetap harus berani bertanggung jawab dengan komentarnya..alias tidak pake anonymous, karena anonymous itu sama saja dengan lempar batu sembunyi tangan :-)

    BalasHapus
  11. Sebenarnya semua komentar anonim itu nggak bahaya sobat. Yang bahaya tuh komentar name/url . Hahahah-a

    BalasHapus
  12. ehm.. intinya emang perlu modernisasi,kita tidak bisa membiarkan nya otomatis.

    BalasHapus
  13. blogwalking gan

    SitusTopInfo

    BalasHapus
  14. Menurut saya, para bloger harusnya membuka komentar anonymous di setiap artikelnya. Karena banyak orang yg tidak ingin identitasnya diketahui orang lain dalam berkomentar, apalagi ketika mengkritik suatu artikel blogspot. Ini bukan sikap pengecut, tapi setiap orang bebas mengungkapkan pendapat dan komentarnya dengan memperhatikan norma-norma yg ada. Pemilik blogspot pun bisa menghapus komentar anonymous jika sudah melanggar aturan. Menurut saya, pembuat artikel harus siap di kritik dan siap di puji. Memang buat akun gmail gampang, tapi ada jiwa sebagian masyarakat indonesia yg anti kritik, coba bayangkan jika hanya beda pendapat di kolom komentar langsung di hujat, akun media sosialnya di cari dan di bully. Masyarakat indonesia belum dewasa dalam berpendapat itulah sebabnya komentar anonymous harus tetap ada supaya pikiran-pikiran kritis kami tidak terkurung dan kami bisa mengatakan yg benar bagi kami walaupun menyakitkan. Terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama