Tentang Komentar Anonymous

komentar anonymous
Beberapa bulan terakhir ini blog saya menerima banyak komentar anonymous yang terjaring secara otomatis dalam kolom spam komentar, walaupun ada beberapa diantaranya yang berhasil masuk. Setelah banyaknya komentar spam yang mengatasnamakan penjual obat-obatan membanjiri kolom komentar blog ini, saya pun akhirnya melaporkan hal tersebut kepada google serta menggunakan disavow links.

Setelah proses pelaporan tersebut saya lakukan, ternyata komentar anonymous juga turut serta menjadi bagian dari komentar spam yang terjaring otomatis pada blog ini.

Secara singkat telah kita ketahui bahwa komentar spam berdampak buruk bagi blog, sehingga tidak sedikit para blogger akhirnya menerapkan keamanan dalam kolom komentarnya misalnya dengan menutup Anyone comment, atau menggunakan moderasi komentar.

Bagi saya pribadi ada dilema tentang bagaimana seharusnya komentar anonymous pada blog ini. Pada satu sisi komentar spam bisa merusak reputasi blog di mata search engine, namun di sisi lain saya berpendapat bahwa setiap orang memiliki kebebasan dalam berkomentar dengan menutup rapat privasinya.
Memang terkadang komentar yang ditinggalkan tidak mengarah pada topik yang disampaikan, namun ada pula komentar yang mengarah pada topik tetapi meninggalkan link hidup yang dapat dianggap sebagai broken link.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah dengan menutup komentar anonymous segalanya akan berakhir baik? saya rasa belum tentu. Kita tahu bahwa dengan menutup anyone comment secara otomatis membuat komentator hanya bisa berpartisipasi dalam berkomentar dengan memiliki akun email. Tetapi kita juga perlu tahu bahwa membuat akun email adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan saat ini. Kita dapat mengisi nama samaran atau nama palsu pada akun email untuk menjaga privasi kita.
Di samping itu, komentar mengatasnamakan anonymous juga adalah seorang manusia pengguna internet sama seperti kita.

Jadi, sekarang apa yang harus kita lakukan sebagai pemilik blog?

Pertama, seperti dalam blog ini saya tidak menggunakan moderasi pada kolom komentar blog, tetapi saya sarankan untuk pembaca blog ini agar tidak menggunakan anonymous ketika ingin berpartisipasi dalam mengomentari setiap artikel yang saya sajikan, karena dapat secara otomatis dianggap sebagai komentar spam oleh google.

Kedua, untuk menjaga timbulnya broken link, gunakan script kode otomatis untuk mematikan link hidup tersebut demi menjaga keamanan blog. (untuk membuat script kode tersebut, ada banyak literatur yang bisa di dapatkan melalui mesin penelusuran google)

Ketiga, lakukan pengecekan secara manual di dashboard blog untuk mencegah masuknya komentar yang bernada spam. Jika perlu gunakan cara manual untuk menghapusnya.

Sebenarnya dalam membangun hubungan online, saya berusaha semaksimal mungkin menciptakan kemudahan kepada para pembaca blog ini. Tetapi saya juga tidak menginginkan reputasi blog ini rusak dengan komentar yang tidak relevan dan spam comment.
Semoga para pembaca dan secara khusus para komentator anonymous memahami keadaan ini.

Istilah akhir untuk menutup artikel ini yaitu "Anda adalah tamu terhormat di blog ini. Sehingga anda dianggap sebagai raja. Namun ada batasan tertentu yang tidak boleh anda langgar sebagai seorang tamu".

Mari kita hargai setiap privasi seseorang dengan tetap menghormati aturan permainan dalam dunia online ini.

Popular posts from this blog

Alergi Air Hujan

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Kamus Dayak Ma'anyan