Pembaharuan Artikel, Perluas Jaringan Pembaca.

Jalan terbaik untuk mengembangkan sebuah blog adalah dengan membangun jaringan antar pengguna internet yang memiliki profesi sama sebagai penulis blog. Saling berkunjung, membaca dan berkomentar disetiap artikel yang di hadirkan adalah cara yang efektif untuk memasarkan halaman blog anda di internet.

Banyak para sahabat blogger yang terkejut dengan perubahan drastis yang terjadi di blog ini. Menghadirkan tulisan apa adanya, tata bahasa seadanya, kini telah berubah menjadi tulisan dengan tata bahasa yang lebih mudah di terjemahkan dalam berbagai bahasa.
Pasti ada alasan dibalik perubahan ini?

Benar! Sebagai author blog, saya mempunyai beberapa pandangan mengapa harus memperbaharui blog ini. Berikut ulasan singkat tentang perubahan ini :

  1. Secara garis besar, Media Internet hadir untuk memudahkan para penggunanya mencari informasi secara cepat dan akurat. Dari sisi ini saya pun berfikiran bagaimana menghadirkan sebuah informasi menarik kepada para pengguna internet.
  2. Ketika menuliskan sebuah konten, saya berpikir bagaimana memperluas jaringan pembaca agar tidak hanya berasal dari kalangan komunitas atau jaringan sesama pemilik blog, tetapi dapat menjadi sebuah konten yang juga bisa di nikmati oleh kalangan lain diluar jaringan tersebut. 
  3. Untuk mencapai maksud tersebut saya berpendapat bahwa setiap tata bahasa tulisan di setiap artikel harus dapat di translate oleh alat translator, sehingga ketika seorang pembaca yang tidak memiliki kesamaan bahasa juga bisa menikmati setiap tulisan yang di hadirkan.
  4. Hal penting lainnya adalah bagaimana menargetkan artikel yang tetap bisa di nikmati oleh komunitas dan orang yang berada diluar komunitas. Menghimpun data dari alat analis untuk membangun target artikel yang di sukai pembaca.
Dasar pemikiran tersebutlah yang membuat saya mengubah arah tulisan ini menjadi beberapa item artikel yang berbeda. 

Lebih jauh tentang cara memperluas jaringan pembaca, kalo kita baca banyak ahli web mengatakan satu hal yang sama yaitu sosialisasikan artikel anda ke komunitas social yang ada. Twitter, Facebook, Delicios dan lain sebagainya merupakan situs social yang berguna untuk memperluas jaringan pembaca kita. Dari sisi ini dapat kita simpulkan bahwa situs jejaring social wajib di manfaatkan. 

Google sebagai pemilik platform blogspot telah merekomendasikan para blogger untuk menggunakan komunitas Google+ milik Google sebagai media sosial. Melalui komunitas milik google ini, potongan artikel yang kita buat dapat dengan di share ke orang-orang yang ada di komunitas Google. Tulisan yang kita share tersebut ini nantinya akan di klaim oleh google sebagai karya tulis kita.

Dengan adanya status klaim untuk artikel yang kita share tersebut, Google memberikan kesempatan  setiap potongan artikel yang kita share di Google+, masuk dalam daftar terbaik pencarian di Google Search Engine. Inilah yang mendasari saya mengatakan bahwa pagerank bukanlah satu-satunya penentu posisi blog di search engine.





Popular Posts