Apa yang dimaksud dengan Konten Unik?

Banyak tulisan yang mengutarakan tentang apa yang dimaksud dengan keunikan konten atau konten unik yang diperlukan sebagai bahan penilaian search engine. Dari dasar ini saya pun mencoba menguraikan tentang maksud dan keinginan mesin pencari tentang konten unik.  Masih tetap menggunakan persepsi dan nalar yang dituangkan menjadi sebuah opini, mari kita bersama-sama menebak tentang bagaimana mendapatkan sebuah konten unik.


Keunikan sebuah konten yang dinilai oleh mesin pencari menurut opini saya sebenarnya bukan tentang tata cara menulis, tata cara paragraf atau pun pengkalimatan yang baik. Ini saya simpulkan karena sejak berdirinya blog ini, saya menuliskan tentang beberapa keadaan, cerita, dan informasi tentang daerah yang berasal dari kampung tempat saya berdomisili saat ini. Dalam kurun hitungan bulan setelah berdirinya blog ini ternyata saya sempat mendapatkan pagerank 2 (walaupun akhirnya turun karena sesuatu yang saya tidak saya fahami mengenai masalah alogaritma google dalam menetapkan pagerank), dan lebih bagus lagi adalah adsense saya diterima setelah lima bulan beroperasi di dunia maya ini.

Dari sisi ini saya pun mengambil sebuah kesimpulan bahwa konten unik dinilai dari konten yang tidak pernah di temukan dari sumber lain yang ada di web atau blog lain. Tetapi jika ada pun maka konten harus memberikan informasi lebih dan berbeda. Maksudnya begini, jika anda menuliskan tentang tempat wisata di Bali, hotel untuk menginap yang murah dan bersih, dan kemudian saya pun mengambil kesempatan dari artikel yang anda buat tersebut dengan memberikan informasi lain misalnya tentang makanan khas Kalimantan yang ada di tempat wisata tersebut. Informasi ini diperlukan oleh seorang audience yang ingin berwisata. Karena selain ingin hotel yang murah meriah, ia juga perlu mengetahui tentang tempat untuk makan. Inilah yang saya maksudkan tentang keunikan konten tersebut.

Artinya bahwa keunikan sebuah konten dinilai berdasarkan informasi yang lebih dalam atau cerita lain yang juga ada didalam suatu kawasan tertentu, atau bahkan hal-hal baru yang belum sama sekali ditemukan di weblog lain.

Tetapi ini hanya bagian dari opini saya tentang konten unik yang banyak dibicarakan oleh para blogger di dunia internet ini. Benar atau tidaknya ? maybe yes...maybe no.

Mungkin anda punya pendapat lain yang bisa menjadi bahan masukan!





10 Komentar

  1. Wah, berarti kalo kita posting tentang pengalaman pribadi termasuk "unik" ya? Gak bakal ditemukan di web lain. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. unik yg saya maksudkan ini konten yg memberi informasi lebih bagi orang lain kawan. tetapi saya juga gak bilang bahwa pengalaman pribadi tidak unik. karena kita tau kalo internet diperuntukkan sebagai tempat pencarian informasi.

      Hapus
  2. sebagai masukkan atau tambahan saja nih bang, di namakan konten unik karena bahwa sesungguhnya itu semua tulisan yang ada di diri manusia dan di curahkan itu semuanya berbeda. misalkan saya mengamati batu, dan ente juga mengamati. pasti cara kita mendeskripsikan batu itu beda dengan paradigma sendiri walopun obyeknya sama... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kawan. seperti ini ringkasnya yang saya maksudkan pada tulisan ini. thank masukannya ya.

      Hapus
  3. aku suka ngaco sementara blogger lain tulisannya bermutu berarti unik, om...?
    asiiik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. unik belum tentu punya mutu lebih dari tulisan ngaco sob. diantara tulisan ngaco yang juga terdapat keunikan tersendiri. misalnya sobat jalan ke satu wilayah didaerah sobat bermukim, ceritanya mungkin ketemu cewek di warung tempat anda istirahat. selain warung juga ada kolam ikan yg bagus buat tempat rekreasi mancing misalnya. itu juga unik karna diantara cerita jalan2 dan ketemu cewek tadi juga ada info tempat mancing yg sip buat mancing plus pacaran (ini misalnya sih hehehe..)

      Hapus
  4. wah berarti saya salah donk sob... selama ini saya mengira kalau conten yang unik itu adalah konten yang berisi cerita atau apalah yang unik gitu hehehehehe

    makasih pejabarannya sobat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. menilai keunikan konten ini hanya opini kawan. istilah tebak-tebakan semata.

      Hapus
  5. Saya sendiri masih terus mencari dan mencari arti konten unik ini mas .. saya setuju dengan pendapat mas bahwa konten unik itu konten yang memberikan nilai lebih pada sebuah artikel biasa ... mungkin memang itu mas yang dimaksud konten unik ... mungkin ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kawan. istilah mudahnya seorang penjual bubur kacang A mencampur buburnya dg telor, penjual B mencampur dengan roti, sementara penjual C mencampur dng keduanya dan ada sedikit tambahan lain pada bubur kacang tersebut. artinya Penjual C sama2 menjual bubur kacang, tetapi ada tambahan lain dalam buburnya tersebut. heheh,..jadi panjang nih!
      btw, thank buat tambahan masukannya

      Hapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama