Blog Bagus Harus User Friendly

Blog bagus harus user friendly!. Penjelasan tentang ini paling banyak dicari oleh para blogger. Ada banyak penjelasan mengenai tips agar blog lebih friendly. Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah tentang kata friendly tersebut. "Saya sudah membuat artikel sendiri tanpa mencuri atau copas milik penulis lain. Saya sudah membuat desain blog saya dengan penuh warna dan flash sehingga terlihat menarik, dan lain sebagainya. Tetapi mengapa blog saya tidak mendapat ranking, traffic dan backlink yang bagus?" Pertanyaan tersebut kadang hadir di benak para blogger dan karna sudah melakukan berbagai hal yang menurut hemat sendiri sudah sangat baik tetapi tidak kunjung mendapatkan hasil yang maksimal, timbullah sebuah pertanyaan dan bahkan rasa malas untuk terus aktif di dunia blogging.

Lalu apa itu Blog bagus harus user friendly? 

Pemahaman tentang ini akan saya coba ungkapkan menurut logika. Artinya apa yang saya fahami ini tidak serta merta benar, tetapi paling tidak mendekati.

Sebelum melanjutkan, saya pengen ngucap'in :

MERRY CHRISTMAS 25 Dec 2012
Untuk seluruh sahabat blogger dan pembaca blog yang Merayakan Natal
and
HAPPY NEW YEAR 01 Jan 2013
Untuk seluruh sahabat blogger dan pembaca blog sederhana ini!

Lanjut ..................!
Yang harus di pahami agar blog user friendly yaitu Mudah di Akses oleh Pembaca/pengunjung blog dan search engine.  Elemen yang menjadi sasaran utama sebuah blog adalah Pengunjung dan Search engine. Ketika kedua bagian ini merasakan kemudahan saat mengakses blog yang kita kelola, maka tercapailah apa yang sering kita dengar yaitu SEO Blog.

Sekarang yang menjadi pertanyaan kita adalah bagaimana menciptakan atau membangun sebuah blog sehingga user friendly baik di mata search engine dan pengunjung / pengakses blog yang kita miliki?

Jawaban sederhana yang saya bisa simpulkan adalah : Navigasi.
Bagian ini merupakan rantai utama dalam menunjang konten yang kita sajikan. Sebagai contoh, jika anda memiliki sebuah toko, ketika seorang pembeli datang dan ingin membeli mie instan di toko anda, maka si pembeli pasti tidak ingin di repotkan untuk mencari dimana tempat mie instan tersebut anda letakkan. Ketika ada rak khusus yang anda buat untuk berbagai macam mie instan, si pembeli hanya akan di sibukan untuk memilah-milih mie instan apa yang ingin ia beli. Tetapi jika mie instan yang dijual anda campurkan dengan rak yang berisi berbagai macam sabun, maka si pembeli jelas akan kerepotan mencarinya.

Sama halnya mesin pencari (search engine). Mesin ini juga bekerja dalam mengindeks halaman-halaman yang ada di blog mengikuti link navigasi. Jika mesin pencari tidak dapat merayapi link dengan mudah (broken link) atau bahkan menemui jalan buntu, maka lambat laun blog yang kita kelola akan ditinggalkan. Sehingga kualitas konten yang baik yang telah kita buat dengan susah payah menjadi sia-sia karena tidak dapat di indeks oleh mesin pencari.

Inilah mengapa sebuah navigasi menjadi bagian penting untuk menemukan apa yang ingin mereka cari di blog. Namun perlu diketahui bahwa membangun link navigasi juga tidak perlu terlalu banyak karena justru dapat berakibat pada penurunan kesehatan blog itu sendiri. Buatlah inti sari navigasi yang jelas tetapi merupakan point utama dalam menjelaskan seluruh bagian isi blog kita.

"blog anda sulit di navigasi" Ini merupakan pengalaman saya ketika adsense menjawab permintaan keanggotan adsense. Jawaban tersebut dapat diartikan bahwa adsense juga kesulitan dalam merayapi seluruh bagian blog  di karenakan lemahnya dua elemen penting seperti yang saya jelaskan diatas. Dan setelah diperbaiki, ternyata hasilnya bisa saya rasakan seperti saat ini.


13 Komentar

  1. betul banget tu kang , , jadikan blog kita semudah mungkin buat para pembaca:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. user friendly menurut persepsi aya adalah :
      1. Navigasi yang simpel (1 klik langsung ke tujuan)
      2. Tulisan mudah dibaca, baik dari segi type font, warna maupun bahasa yang digunakan (tidak menggunakan bahasa alay)

      Hapus
  2. gimana blog baru saya gan ????
    ditunggu feedbacknya loooh

    BalasHapus
  3. wah kemaren saya sudah berkomentar di sini lho sobat. kok hilang ya.? apakah masuk spam?

    saya masih belum bisa sobat. blog saya juga masih amburadul banget hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya check kawan. hanya ini komentarnya!

      Hapus
  4. Navigasi. Hmmm, harus diperhatikan juga nih. .

    BalasHapus
  5. sip, aku juga sudah berupaya agar navigasi di blog lebih terarah dan lebih fokus. Jadinya, pembaca lebih mudah dalam mencari artikel yang diinginkan...

    BalasHapus
  6. saya setuju, paling males kalo liat blog yang banyak iklanya ato redirect2 gitu :D

    BalasHapus
  7. berkunjugn nih sob.. :D visit back ya... :D

    BalasHapus
  8. User friendly memang menjadi idaman setiap pemilik blog atau website sehingga mendatangkan trafik yang bagus. saya setuju sekali dengan pemaparan apik dari bung Penho. Navigasi sebuah blog atau website punya peranan penting menurut saya.

    Ibarat hutan belantara, pengunjung bisa "tersesat". Navigasi yang baik bisa menuntun para pengunjung untuk berselancar, sehingga dia bisa datang dan datang lagi

    BalasHapus
  9. "blog sulit diNavigasi...eh kyk gimana tuh? Blogku kira2 user firendly gak yaaa...

    BalasHapus
  10. ehm.. ilustrasi yang mantap. emang bener sebuah blog tak ubahnya toko. semakin bagus nafigasinya, semakin laris. berarti blog ente ud laris ya kang?

    BalasHapus
  11. I got this website from my pal who shared with me concerning this web page and now this time I am visiting this site and reading very informative
    content at this place.
    My webpage :: a fantastic read

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama