Langsung ke konten utama

Sanggu Lake

Back to blog lagi nih sobat blogger yang budiman.

Di setiap daerah baik itu kota, kecamatan dan bahkan desa pasti punya yang namanya tempat rekreasi tersendiri. Begitu juga di daerah tempat tinggal saya. Ada sebuah tempat rekreasi bersama keluarga (bareng do'i juga boleh. hehehe..) untuk menghilangkan rasa jenuh, penat dari hal-hal yang bikin pusing kepala. Ibarat komputer yang perlu di refresh , begitu juga dengan kita.


Desa yang saya maksudkan adalah desa Sanggu. Sebuah desa kecil yang berjarak kurang lebih 14 kilometer dari Kecamatan Dusun Selatan di Kalimantan Tengah. Tempat rekreasi di desa Sanggu ini adalah sebuah Danau yang diberi nama Danau Sanggu. Danau ini sekarang menjadi salah satu asset wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah setempat untuk menambah PAD daerah.

Danau Sanggu ini menyatu dengan danau yang cukup angker bernama Danau Malawen. Dimana danau Malawen adalah danau yang dihuni oleh buaya danau yang sangat sulit dilihat tetapi memang ada. Makanya kalau melewati danau Malawen menggunakan perahu, para nelayan selalu berhati-hati. Karena suara yang cukup menganggu dapat berakhir dengan terusiknya buaya-buaya yang mendiami kawasan danau tersebut.

Mengapa danau angker tersebut di sebut danau malawen?
Karena menurut legenda tetua di kampung, konon di dalam danau tersebut terdapat sebuah piring raksasa yang di sebut piring Malawen. Piring tersebut dimiliki oleh roh yang menjaga suku dayak dari bahaya yang menyerang daerahnya.

oke sobat, kembali lagi ke Danau Sanggu.
Kalau Danau Sanggu relatif aman dari buaya penghuni danau Malawen, karena jaraknya cukup jauh. Di danau ini, sobat bisa menikmati buah kelapa muda yang berdiri kokoh diatas pohon di tepian danau. cukup memberi uang kepada warga sekitar untuk mendapatkan segar dan nikmatnya buah kelapa muda tersebut. Selain itu sobat dapat membawa alat sendiri buat memancing ikan-ikan di danau ini. Sebenarnya masih banyak lagi sesuatu yang bisa didapatkan di areal rekreasi danau sanggu ini tapi berhubung saya kecapean menulis, jadi dicukupkan sampai disini aza dulu.

Agar sobat bisa melihat secara langsung danau sanggu yang saya maksudkan, berikut sekilas tempat rekreasi yang bisa saya bagikan buat sobat dan pengunjung blog ini.

Pinggiran Danau Sanggu

Bentuk Danau Sanggu Menuju Danau Malawen

Tempat santai / Rekreasi Danau Sanggu



Pake yang ini kalo pengen keliling Danau

Kampung / Desa Sanggu dilihat dari Danau



Postingan populer dari blog ini

Calon Isteri dari Suku Dayak Maanyan? Baca Sekilas Tentang Pemenuhan Hukum Adat Dayak Maanyan

Dalam prosesi pernikahan menurut adat suku dayak maanyan selalu dilalui dengan acara pemenuhan hukum adat. Ketentuan ini telah diatur berdasarkan adat istiadat yang berlaku dalam suku dayak secara khusus suku dayak maanyan. Akan tetapi jangan dipersepsikan bahwa hukum adat tersebut merupakan pernikahan atau perkawinan secara adat. 

Cerita di Tahun 80 an

Sebelumnya. author perlu menegaskan bahwa nama / tokohm dan cerita dalam tulisan ini adalah fiktif semata. Mohon maaf bila nama yang ada mungkin sama dengan nama anda!.(Just For Fun) Tulisan ini juga cukup panjang, jadi baca ceritanya dengan baik sampai selesai agar dapat dimengerti, Okey

Kisah berikut ini terjadi pada tahun 1980 an

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Pernahkah anda diberi buku kecil seperti notes yang bertuliskan AD/ART Partai Politik "Anu". Jika ya, sekarang cobalah anda anda bertemu dengan seorang pengurus Partai Politik lainnya dan mintalah AD/ART Partai Politik lainnya tersebut. Jika sudah, kemudian silahkan anda baca dan bandingkan Kedua Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga tersebut. Jika anda selesai membacanya, maka silahkan anda bandingkan prosentase persamaan kedua AD/ART tersebut. Jika anda mendapatkan prosentase persamaan diatas lima puluh persen, maka sebenarnya kedua AD/ART tersebut memiliki tujuan yang sama.