Sanggu Lake

Back to blog lagi nih sobat blogger yang budiman.

Di setiap daerah baik itu kota, kecamatan dan bahkan desa pasti punya yang namanya tempat rekreasi tersendiri. Begitu juga di daerah tempat tinggal saya. Ada sebuah tempat rekreasi bersama keluarga (bareng do'i juga boleh. hehehe..) untuk menghilangkan rasa jenuh, penat dari hal-hal yang bikin pusing kepala. Ibarat komputer yang perlu di refresh , begitu juga dengan kita.


Desa yang saya maksudkan adalah desa Sanggu. Sebuah desa kecil yang berjarak kurang lebih 14 kilometer dari Kecamatan Dusun Selatan di Kalimantan Tengah. Tempat rekreasi di desa Sanggu ini adalah sebuah Danau yang diberi nama Danau Sanggu. Danau ini sekarang menjadi salah satu asset wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah setempat untuk menambah PAD daerah.

Danau Sanggu ini menyatu dengan danau yang cukup angker bernama Danau Malawen. Dimana danau Malawen adalah danau yang dihuni oleh buaya danau yang sangat sulit dilihat tetapi memang ada. Makanya kalau melewati danau Malawen menggunakan perahu, para nelayan selalu berhati-hati. Karena suara yang cukup menganggu dapat berakhir dengan terusiknya buaya-buaya yang mendiami kawasan danau tersebut.

Mengapa danau angker tersebut di sebut danau malawen?
Karena menurut legenda tetua di kampung, konon di dalam danau tersebut terdapat sebuah piring raksasa yang di sebut piring Malawen. Piring tersebut dimiliki oleh roh yang menjaga suku dayak dari bahaya yang menyerang daerahnya.

oke sobat, kembali lagi ke Danau Sanggu.
Kalau Danau Sanggu relatif aman dari buaya penghuni danau Malawen, karena jaraknya cukup jauh. Di danau ini, sobat bisa menikmati buah kelapa muda yang berdiri kokoh diatas pohon di tepian danau. cukup memberi uang kepada warga sekitar untuk mendapatkan segar dan nikmatnya buah kelapa muda tersebut. Selain itu sobat dapat membawa alat sendiri buat memancing ikan-ikan di danau ini. Sebenarnya masih banyak lagi sesuatu yang bisa didapatkan di areal rekreasi danau sanggu ini tapi berhubung saya kecapean menulis, jadi dicukupkan sampai disini aza dulu.

Agar sobat bisa melihat secara langsung danau sanggu yang saya maksudkan, berikut sekilas tempat rekreasi yang bisa saya bagikan buat sobat dan pengunjung blog ini.

Pinggiran Danau Sanggu

Bentuk Danau Sanggu Menuju Danau Malawen

Tempat santai / Rekreasi Danau Sanggu



Pake yang ini kalo pengen keliling Danau

Kampung / Desa Sanggu dilihat dari Danau



Komentar

ca'oni prend mengatakan…
pertamax gan . .izin menyimak dulu . .
kunjungan malam
Bung Penho mengatakan…
lanjutkan hehehee...
CV. Mitra Bibit mengatakan…
Kalimantan ya,,,,
Saya sering melakukan pengiriman bibit tanaman ke daerah kalimantan, tetapi malah belum pernah sampai sana. he..he..
Fahmi Setiawan mengatakan…
Wuih danaunya indah banget pemandangannya juga enak beda banget dah sama di Perkotaan.
A. Y. Indrayana mengatakan…
keduax gan .. mau izin nyimak smua dulu ,,,


blogwalking pra-night :D
Bung Penho mengatakan…
kekalimantan bagian mana sobat? timur, barat, selatan ato tengah?
Bung Penho mengatakan…
pengen nyoba'in berenang disini kawan? gratis lho!
Bung Penho mengatakan…
silahkan sobat! thank udah singgah disini. hehehe..
Hzndi mengatakan…
pemandangannya bagus
Bung Penho mengatakan…
ya seperti itulah kawan. yg paling enak, hembusan anginnya bikin ketiduran hehehe...
Bang Dayat mengatakan…
wahhh keren banget nih danaunya sob...
masih asri yah di kalteng..
Ririe Khayan mengatakan…
Penasaran dengan buaya yang di danau Malawen itu. Berarti tuh buaya gak pernah muncul ke permukaan ya?
Bung Penho mengatakan…
70% Kalteng emang masih di dominasi hutan kawan! jadi masih sangat asri. dan mudah2an tetap demikian adanya. hehee..
Bung Penho mengatakan…
bukan gak pernah mbak, tapi sangat jarang sekali. itulah yang bikin anehnya! kalo pengen liat, bisa aza. tinggal sewa perahu bermotor, ntar dibawa keliling danau.. mauuuu?
Yuyud mengatakan…
Asyik juga tuh. Di tempatku gak ada danau. Rumahku deket laut.
Bung Penho mengatakan…
kebalik donk yud. gue justru gak pernah kelaut!
eksak mengatakan…
Herniaaaa... Udah lama gue gak rekreasi dan represing! Adanya cuma kerja dan kerja. Padahal duit juga gak ngumpul dan ngumpul. Pengennya sih gue nabung dan nabung. Biar gue bisa ambil liburan ke mana aja yang gue suka dan suka. B-)
a.i.r mengatakan…
adem rasanya kang.. :)

mari kita jaga kelestarian danau.. :D
*sperti postingan saya yang kemarin


colek dulu.. :D
Campoeng Cmoneng mengatakan…
Danaunya lumayan luas, airnya jernih, ada perkampungan di tepian danau, sungguh menyenangkan berada di sana.

Tentang buaya-buaya di Malawen ??? Nunggu cerita lanjutannya.. hhe
Bung Penho mengatakan…
kalo begitu, ayo kita menabung sak! heheee...
Bung Penho mengatakan…
heheee... apalagi buah kelapanya kawan, segeeerrr and fresh!
Bung Penho mengatakan…
ntar deh gue ambil gambar tentang danau malawen itu gimana bentuknya kawan! nah kalo buayanya, emang sangat sulit tuh, tapi akan diusahakan!
cerita anak kost mengatakan…
ga di liatin gan tempat yang ada buayanya. untung yang ini ga ada, klo yang ini ada, kasihan anak anak yang lagi main di taman, bisa bisa ud tinggal nama. :D
sepertinya tempatnya asik.
Bung Penho mengatakan…
hehehe.. kalo danau sanggu dijamin aman kawan!
dan perlu diketahui juga, air danau ini warna agak beda dari air sungai biasa. karna banyaknya akar2an tumbuhan, jadi agak kemerah2an
nicamperenique mengatakan…
liat gambar danau kok langsung inget sama danau toba ya :D
jauh mana ya ke Kalteng dibandingkan ke Sumut xixixi
sama aja kali yaaah ...
nabung dulu deh biar bisa plesir ke Sanggu Lake :D
Bung Penho mengatakan…
Danau toba terkenal banget tuh! sering masuk teve.
Kalo tinggalnya di jakarta, ke Kalteng naik pesawat katanya cuman 1,5 jam aza. dari situ ketempat ini cuman perlu 4 jam lebih lewat darat.