Tanamkan Rasa Cinta Terhadap Budaya Sendiri

Hallo Indonesia!
Salam Blogger buat semua author blog di seantero Nusantara.

Sudah pernah membaca tulisan di blog ini yang bercerita tentang adat istiadat suku dayak dalam sebuah acara pemenuhan hukum adat menjelang akan dilakukan prosesi pernikahan? belum!. Baiklah, bagi yang belum silahkan anda baca kembali ceritanya dalam bagi-bagi info budaya.

Jika ada yang bertanya kepada anda, ada berapa musisi atau pemain piano terkenal di Indonesia? atau siapakah gitaris terkenal saat ini? atau Siapakah pemain drum terhebat menurut penilaian anda? serta siapakah grup tari atau penari modern paling bagus menurut kacamata anda?

Ketika pertanyaan itu diajukan kepada anda, maka akan ada banyak perbedaan jawaban dari masing-masing penjawab. Tetapi apabila pertanyaan yang saja ajukan kepada anda adalah "Apakah nama grup tari Wadian Dadas atau Wadian Bawo yang terkenal di Kalimantan Tengah?", maka saya yakin jawabannya tidak akan banyak atau hanya beberapa saja.

Lalu apa maksud penulis menuliskan ini?

Banyak anak-anak Indonesia, yang notabene merupakan penerus kelangsungan bangsa ini tidak diberikan wawasan tentang arti pentingnya melestarikan budaya leluhur yang merupakan sebuah pencitraan dari suku, budaya dan adat istiadatnya. Banyak pemuda-pemudi kita alergi dengan kata "Kuno", sebuah kata yang berarti kolot atau tidak modern, sehingga hal-hal yang mengandung kata tersebut sering mereka hindari.

Melestarikan budaya itu harus wajib dilakukan secara turun-temurun agar tidak hilang atau terhapus oleh kemajuan zaman. Dan untuk itu diperlukan peran serta orang tua, ahli budaya / budayawan, tokoh-tokoh adat dalam memberikan bimbingan dan dukungan bagi para penerusnya agar kelestarian adat istiadat dan budaya tetap terpelihara.

Lalu, apa untungnya melestarikan budaya itu saat ini atau dimasa yang akan datang? Apa bisa memberikan income bagi diri pribadi secara khususnya dan daerah secara umumnya?

Kembali lagi seperti pertanyaan paling atas di artikel ini, ketika jawaban anda tentang gitaris diatas lebih dari satu jawaban, itu berarti akan ada banyak persaingan didalamnya. masih belum faham?

Di daerah kami, ada beberapa orang yang piawai dalam memainkan alat musik modern, tetapi  dalam memainkan alat tradisional bernama "Kangkanung", alat berupa agung/gandrang, hanya ada satu orang saja yang bisa memainkannya. Begitu pula dengan penyanyi lokal, ada banyak yang bagus dalam olah vokal, tetapi dalam menyanyikan lagu daerah secara tradisional atau yang biasa di sebut "Numet", hanya ada satu orang saja. Begitu pula dengan tari-tarian adat. akan jarang sekali ada persaingan (persaingan sehat) di dalam satu daerah.

Karena sedikitnya persaingan tersebut sehingga adat istiadat melalui tari-tarian, musik daerah atau bahkan nyanyian lagu-lagu daerah dapat memberikan income tersendiri bagi anda. Suatu Negara atau daerah lain yang ingin melihat sebuah keunikan budaya darah yang anda miliki akan menghargai dengan nilai yang tinggi dan ini merupakan income yang menjadi nilai tambah bagi anda dan kelompok anda. selain itu pula, nama daerah  yang anda bawa menjadi sebuah kehormatan yang juga sangat tinggi nilainya dimata orang lain, dimata daerah lain atau bahan di negara lain.

Jadi, melestarikan budaya, adat istiadat secara turun termurun bukanlah hal kuno yang perlu di hindari, tetapi dengan melestarikan budaya agar tetap ada, justru akan menjadi nilai luhur yang mulia dan pasti menguntungkan bagi anda dan daerah anda.

Mengambil kalimat yang sering kita dengar dari Pak Mario Teguh (dalam acara Golden Ways), Sahabat-sahabatku yang super, mari kita tanamkan rasa cinta terhadap budaya daerah kita sendiri melalui pelestarian budaya daerah demi kejayaan Indonesia.

Komentar

Wury mengatakan…
Lengkap banget pembahasanannya tentang budaya Indonesia Bung. Semoga menang GA-nya ya :)
Bener banget, melestarikan budaya sendiri itu sangatlah penting. Ada nilai plusnya juga. Malu rasanya kalau misalnya lagu daerah saja nggak ngerti. Eh, emang aku ngerti? Hehehehe
Fahmi Athailla mengatakan…
Dari Judulnya aja udah Sayang banget sama indonesia.
Sayang sama indonesia itu wajib.
cak oni mengatakan…
betul tu sobb
agar tidak di caplok negara lain kyk ituu tuuu
Fitrah Alimuddin mengatakan…
Wah ... Suka sekali bahasannya ..
Setuju ... Setuju ... Setuju ...

>> Sukses untuk GAnya Bung ...
Unknown mengatakan…
ane setuju banget soob
Rizki Pradana mengatakan…
cintai negerimu, hargai negerimu, banggai negerimu..
jangan biarkan budaya kita di copy paste sama negara lain,,jayalah indonesiaku..:)

salam EPICENTRUM
,,mampir ya,hehe..:)
Outbound di Malang mengatakan…
Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D
Unknown mengatakan…
Hiduplah Indonesia Raya :)

Aku bangga jadi anak Indonesia, disaat negara lain mencuri kebudayaan Indonesia, disaat itulah saya marah
cerita anak kost mengatakan…
ehm, bene juga ya gan. kita selalu alergi kata kuno. padalah klo kita mau menekuni budaya, persainya lebih sedkit, kita bisa masuk ke kancah internasional lagi ya? heheh. pemerintahnya juga ga tanggap si, coba klo budaya budaya gini di wajibkan di setiap event atau televisi, jadi tertarik kita, daripada keburu di klaim negara lain. ya ga?


sukses untuk lombanya.
hahha... gak mau kalah juga nih nampaknya bang.... ikutan lomba blogger makasar juga ya .... sukses lah bang, ane nyusul ntar malem ... heheh
eksak mengatakan…
Sukses, Bung! Semoga kita semua menang! Hehehe
Anonim mengatakan…
we love indonesia
Baik dari orangnya,budayanya juga alamnya
Fitrah Alimuddin mengatakan…
Komenku ke mana yah??
Masuk Kotak SPAM kah??

Ya sudah ... Sukses Untuk GA nya bung Penho ... :)
Ijal Fauzi mengatakan…
Saya setuju dengan tulisan ini Bung Penho, tapi saya sendiri seorang pelajar SMA merasakan bahwa disekolah juga kurang pelajaran mengenai kebudayaan Indonesia. Ekstrakurikuler juga lebih cenderung ke hal-hal yang berbau modern, padahal budaya kita banyak :/
Unknown mengatakan…
mantap bgt sob..?? kita harus,wajib mencintai bangsa kita sendiri...? saya paling g suka bgt liat org indonesia,berbicara bahasa asing dengan org indonesia..? kita sama2 org indonesia,tp knp hrs pake bahasa asing ngomong nya..?? jujur saya paling benci bgt..?nice post sob..?

oya sekalian follow..? follow back ya..??
Anonim mengatakan…
Memang untuk menghafalkan kebudayaan yang segitu banyaknya sangat sulit sob. Oleh karena itu masing-masing putra daerah harus melestarikannya. Lalu pemerintah sebagai penaung kebudayaan tentu saja harus membuat database yang dapat diakses secara nasional mengenai kebudayaan yang ada di Indonesia. Syukur-syukur database kebudayaan itu bisa diakses ke seluruh dunia. Kalo ada orang luar yang tertarik kan bisa kesini buat lihat langsung.

Namun sayang seribu sayang... orang di pemerintahan lebih menyukai perut dan bawah perutnya sendiri... sampai-sampai departemen Agama yang urusannya sama akhirat aja korupsi. :D

*geleng2 kepala*
accel world mengatakan…
tapi entah kenapa khususn kalo disuruh cinta sinetron indonesia saya lebih baik lonjat dari menara sutet sambil teriak
"WOW KK WOW"
affanibnu mengatakan…
saya memang sangat menyukai musik2 lokal.. disini ada gendang beleq, gamelan sasak.. sungguh rancak mengajak bergerak..

saya juga suka keroncong..
SANG PEMBELAJAR mengatakan…
Mari kita mulai cinta Indonesia dari hal-hal kecil, :)
Moga Sukses kontes nya Sob... :D
Hadir selalu di Blog Sobat terbaik, izin share : MP3 Kisah Inspiratif Bag. XIV, ditunggu komentarnya, Thx... :)
Salam bLogger,
Una mengatakan…
Semoga menang ya mas....
Kok belum nongol lagi...
Nonton euro ya...
boomberita mengatakan…
mari kita lestarikan kebudayaan daerah yang merupakan kekayaan kebudayaan indonesia. jangan sampai diklaim lagi oleh tetangga sebelah... hehe

best regard,
adi pradana
Tongkonanku mengatakan…
Memang sangat disayangkan, generasi muda sekarang lebih suka dgn budaya asing daripada budaya sendiri.
A&K mengatakan…
Semangat mengindonesiakan indonesia...
semangat Indonesia!!
salam anak negeri bung Penho..
________

Salam Spirit Blogger Indonesia
GAMER BOY mengatakan…
FREE DOWNLOAD SEDUCE ME AND OTHER SEX GAMES ADULT 18+ FOR PC FULL VERSION LATEST VERSION COMPRESSED 18+ DOWNLOAD FROM HERE-->>>> www.gamesaccess.blogspot.com

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ma'anyan