Bagaikan Buah Simalakama

Hello blogger!.... to the point!
Jujur aza nih, blog lirik kiri kanan dalam settings konfigurasi tentang komentar ini gak neko-neko, gak pake Comment Notification, Comment moderation dan Show word verification for comments? artinya gue selaku author percaya bahwa setiap komentar pengunjung blog adalah baik dan dapat membantu perkembangan blog ini.

Cuman anehnya, blogspot masih mendeteksi kalo dalam beberapa komentar pengunjung blog LKK ini di definisikan sebagai spam comment ato comment spam, padahal yang memberikan komentar justru kawan-kawan sesama blogger loh! (Yang ngerasa pernah komen di blog ini tetapi gak tampil di kolom komentar, itu artinya terdeteksi oleh google blogspot sebagai spam, dan bukan oleh author blog!. jadi di filter oleh blogspot, gak boleh ditampilkan tanpa persetujuan!)


Berkaca dari masalah itu, justru gue bingung. Di satu sisi yang memberikan komentar itu adalah kawan sesama blogger dan di sisi lain, blogspot memberikan warning bahwa komentar tersebut bernada spam. Jadi dilema nih. Bagaikan buah Simalakama, percaya bukan spam atas dasar kepercayaan terhadap teman ato percaya kepada system yang diatur oleh google blogspot.

Menurut pendapat kamu gimana nih? 
ada yang bisa bantu gak?, soalnya gue newbie soal ginian!

41 Komentar

  1. Tos, saya juga gak neko-neko tuh dengan setting konfigurasi komentar. Sesekali ta check kotak spam utk membebaskan comment yang 'nyasar' kesitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. oo. jadi gitu ya!, hanya nyasar dan gak berbahaya! thank atas masukannya

      Hapus
  2. ane juga sering sob, yg ane bingungin sampai saat ini ane juga blon ngerti lebih jelas-nya :D

    BalasHapus
  3. kotak spamnya kudu sering di cek mungkin ya bung, kalau ada yang nyasar :)

    BalasHapus
  4. Jujur sampe skarang saya juga bingung bung. Kadang komentar yang tidak berhubungan dg artikel sperti : "nice artikel, visit back" tidak masuk spam. Tapi komentar sahabat yang isi komentar nya nyambung dengan artikel malah masuk kategori spam. Atas dasar apa ya penggologan spam oleh google tersebut ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an google memberikan penjelasan tentang hal ini!

      Hapus
  5. hahaha, sama bung saya juga sering banget begitu, sampe ada koemntator dari sessam blogger yang menanyakan kalo komentarnya gak ada setelah ane cek sekalinya masuk spam, padahal komentarnya bersih, malah komentar orang yang memasukkan link hidup atau mati gak masuk spam

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti sobat click Not Spam donk? aman donk artinya!

      Hapus
  6. wew, hihihiy, au ah, namanya juga sistem sob, batan manusia pula, kesalahan bisa aja terjadi, tapi kl komen dari sobat blogger mah ane lepasin aja deh, biar tampil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooo... jadi gitu ya! thank deh atas infonya MON

      Hapus
  7. saya pernah di sms seorang teman, menanyakan apakah saya mendelete komentar yang ditulis oleh temannya. Saya katakan saya tidak pernah dan tidak akan mendelete komentar kecuali bila memang komentar itu mengandung unsur provokasi, SARA dan atau pornografi. ternyata komentar tersebut tertangkap spam.

    BalasHapus
  8. buahnya seperti apa sih bang itu... kok kayaknya buahnya juga ambigu gitu..... hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu buah mirip kayak duren, tapi ternyta kelapa. kalo loe gak percaya, liat aza sendiri hihihii...!

      Hapus
  9. Duh saya nggak ngerti bung...
    Kadang yang nggak spam masuk spam.
    Yang spam malah gak masuk spam~

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud Una, cewek masuk toilet cowok, cowok masuk toilet cewek. salah kamar ato si ceweknya tomboy, si cowoknya Lebaaayyyy hihihii..!

      Hapus
    2. Eloooo yang lebayyyy hahaha

      Hapus
  10. kayaknya itu menggunakan sistem acak google ya. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, maen acak, emang google mo arisan heheheee..!

      Hapus
  11. klo misalkan sobat ragu , dan itu dari blog kisa-kisah hapusa aja sob , alnya kan takut tuh disepak mbah gogole . ya mending cari aman saja ..sahabt kita akan memaklumi

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah masalahnya sob, kita perlu kawan tapi kita perlu aman juga!. makanya gue kasih judul bagaikan buah simalakama! btw, thank atas share and kunjungannya!

      Hapus
  12. makanya ane suka sering ngecek spam gan, takutnya kaya gitu. kasiah yang uda koment.. eh nyasar, takut gosong makanya ta angkat

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi diyakinkan aza gak spam gitu ya?!

      Hapus
  13. kalau karena kesasar terbaca spam sih ndak masalah sob kuatirnya kalau betul-betul asli spammer yang bisa mengganggu kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia kawan. google gak bikin penjelasan kenapa bisa kayak gitu! btw, thank udah ikutan nimbrung sharing kawan.

      Hapus
  14. Komen gue ada yang kejaring gak sob hahahaha...

    BalasHapus
  15. ATAS DASAR BEBERAPA SHARE DI KOMENTAR INI, GUE AMBIL LANGKAH UNTUK MENYATAKAN DAN MEYAKINI BAHWA KOMENTAR TSB BUKANLAH SPAM. MAAF BUAT KAWAN2 BLOGGER YG SEMPAT KOMEN CUMAN GAK TAMPIL YA! BUKAN HASRAT HATI GUE MO BIKIN KAYAK GITU LHO!!
    THANK BUAT YG UDAH KOMEN, YANG BELUM N NGASIH TIPS LEBIH SPESIFIK TENTANG MASALAH INI, DIPERSILAHKAN!

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah gitu aja sob, tenang aja, kl spam ketahuan kok, :D

      Hapus
  16. Kenapa bisa di deteksi sebagai SPAM yah sobat? Saya kok jadi bingung

    BalasHapus
  17. memang iya sob,terkadang ada juga yang nyasar ke kotak spam.yaa masalahnya mungkin komentarnya tidak ber man****t kali ya.?

    BalasHapus
  18. kadang emang suka gitu tuh blogspot. hehe. aku suka nemuin koment yg masuk spam.

    BalasHapus
  19. wah! ane sering juga kayak gito..! yang paling atas komennya mbak alaika, ea...

    BalasHapus
  20. berbagi Kata Kata Motivasi gan
    Tak peduli seperti apa penampi lan kamu, percayalah, ada seseorang di luar sana yg akan mencintai kamu, JustTheWayYouAre!
    =========================================
    semoga bermanfaat dah , dan salam kenal

    BalasHapus
  21. Komentar yang biasanya dianggap spam oleh blogger:

    - Terlalu pendek, misalnya cuma "terima kasih"

    - Ada beberapa URL dalam komentar, kalau 1 saja biasanya tidak, URL disini tidak selalu harus ada tag a, tapi asal ada URL

    - Nama terlalu panjang dengan mengandung keyword riil (jika menggunakan name dan URL)

    - Komentar disubmit dengan robot. Ini akan terasa jika trafik blog kita lumayan tinggi, pasti akan menjadi sasaran spammer

    Diatas itu pengalaman saya. Kalau trafik blog kita sehari sudah lumayan, kita pasti akan berpikir untuk mengaktifkan chaptca, karena bisa puluhan komentar spam sehari, dan malas periksanya.

    BalasHapus
  22. saya setuju dengan kawan "warung bebas" dan saya pernah membaca artikel bahwa blog walking dalam sehari tidak boleh lebih dari lima kali, karena selebihnya dianggap spam. mungkin itu juga berpengaruh.

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama