Kokohkan Kedaulatan Bangsa dengan Mencintai Rupiah

Hallo blogger!.

CINTA RUPIAH. mengapa Bank Indonesia terus mengkampanyekan gerakan ini? Apa sebenarnya tujuan sehingga gerakan ini  terus disebarluaskan di Indonesia , mengingat Rupiah merupakan mata uang yang sah sebagai alat pembayaran di Indonesia.

Gambar Mata Uang Rupiah emisi 2016

Secara pribadi, ini menjadi sesuatu yang aneh juga bagi saya, soalnya negara ini mata uangnya rupiah, tapi mengapa justru di kampanyekan untuk di cintai!.

Dari beberapa berita yang saya baca di media online, salah satu penyebab terlepasnya beberapa wilayah yang dulunya menjadi bagian dari NKRI disebabkan karena dalam bertransaksi, masyarakat di wilayah tersebut tidak penggunaan mata uang rupiah melainkan mata uang asing. Hal inilah yang menyebabkan Mahkamah Internasional menyatakan bahwa wilayah tersebut bukanlah bagian dari Indonesia. Masuk akal juga!
Selanjutnya penyebab lain adalah masih banyaknya masyarakat kita yang masih bertransaksi ataupun menyimpan mata uang negara lain di rekeningnya (Yang paling trend biasanya Dollar). Ketika pergolakan ekonomi menghantam dan pelemahan terhadap rupiah terjadi, yang nyimpan memang dapat untung karena nilai tukarnya jadi tinggi, tapi apa gunanya jika negara bergejolak dan ekonomi hancur. Kan akhirnya orang-orang (masyarakat) yang berdiam didalamnya, ya termasuk kita juga akan ikut merasakan dampaknya. Kalau di-logika-kan, kita hidup kaya raya, tapi kena penyakit kanker parah. Akhirnya itu duit cuman di nikmati buat berobat dan berobat.

Dulu, para pendahulu kita bersatu, berjuang bersama untuk sebuah kemerdekaan yang hakiki. Mengingat perjuangan tersebut, tidak salah jika kita tetap terus bersatu melanjutkan perjuangan para pendahulu kita agar negara ini bisa menjadi kuat dan mandiri dengan cara yang sangat sederhana  tanpa perlu menumpahkan darah. Cukup dengan mencintai mata uang kita sebagai salah satu simbol kedaulatan negara maka kita sudah membantu terciptanya iklim ekonomi negara yang kondusif.

Pemerintah Republik Indonesia melalui Bank Indonesia telah berupaya menciptakan lembar demi lembar uang menggunakan kertas yang lebih baik, tidak mudah kusut atau rusak dengan tingkat keamanan yang begitu tinggi. Kemudian mendesain tiap lembar rupiah dengan gambar-gambar para pahlawan negara, aneka ragam budaya serta keindahan alam negara kita yang berbhineka. Ini semua tujuannya agar kita sebagai warga negara lebih mencintai dan menghormati mata uang kita sendiri sebagaimana kita mencintai negara kita.

Karena itulah hari ini, melalui blog-blog pribadi kita masing-masing, mari kita bersama-sama mewartakan kepada seluruh eleman masyarakat guna ikut memperkuat ekonomi bangsa dengan mencintai mata uang negara kita sendiri. Mari kita bertransaksi dan menabung dengan menggunakan mata uang Rupiah. Karena dengan demikian kita sebagai warga negara Indonesia telah ikut andil dalam memperjuangkan kestabilan nilai tukar Rupiah serta membangun kepercayaan dunia terhadap mata uang di negara kita.

Ingat, bangsa yang berdaulat adalah bangsa yang mencintai dan menghargai apa yang dimiliki oleh negaranya. Dan salah satunya ialah dengan Menggunakan Rupiah Sebagai Mata Uang Pembayaran Yang Sah.