Pemahaman tentang Apa dan Siapa itu Blogger

Internet dibangun bukan hanya sebagai tempat untuk mencari, mengetahui atau mendapatkan sesuatu yang kita inginkan (kita sebagai konsumen), akan tetapi seorang pengguna internet pun diberi kesempatan untuk secara bebas menjadikan dirinya sebagai produsen penyuplai informasi untuk orang lain Karena itulah internet melahirkan sebuah ruang yang diberi nama media sosial.

Salah satu ruang untuk menjadikan kita sebagai produsen tersebut adalah blog. Blog merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan pandangan, gagasan, informasi, atau bermacam-macam hal lainnya baik dalam bentuk tulisan, gambar atau visual. Dan seorang pengguna media blog inilah yang di sebut sebagai blogger.


Blogger merupakan orang atau seseorang sebagai produsen yang duduk di belakang blog. Ia merupakan penulis dari beraneka ragam tulisan yang ditayangkan di setiap lembaran blognya. Karena blog disebut sebagai media sosial, maka tujuan utama dari tulisan yang dihadirkan adalah sebagai tempat bagi produsen tersebut untuk berbagi apa yang ia ketahui atau apa yang ia alami kepada orang lain.

Jika ada orang yang beranggapan bahwa seorang blogger di kategorikan sebagai orang yang kurang atau orang tidak ada kerjaan, sehingga hanya menulis untuk menghabiskan waktu saja, maka orang yang beranggapan demikian tidak akan pernah mendapatkan informasi lebih ketika ia menggunakan internet.

Seorang blogger memiliki peranan besar di dunia internet. Lahirnya sebuah media sosial di internet adalah sebagai sarana untuk mendapatkan informasi dari seorang blogger. Seorang blogger bisa saja menetapkan dirinya sebagai ahli dalam bidang tertentu. Dan jika kemudian ia bisa mempertanggungjawabkan penetapan dirinya sebagai ahli maka orang lain sebagai konsumen pun akan menanggapnya demikian. Ketika hal ini benar-benarnya terjadi maka media sosial merupakan kunci menjadikan blog sebagai bagian dari aktivitas kehidupan kedua seorang blogger.

Penjelasan singkat diatas merupakan lanjutan dari hasil bincang-bincang pada kolom komentar dengan teman blogger bernama +Anton Ardyanto beberapa waktu yang lalu di tulisan saya yang bertemakan tentang bagaimana menjadikan seorang blogger sebagai publik figur di dunia internet.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama