Letak Posisi Pintu yang baik untuk Ruang Tamu

Hari ini saya kembali lagi membicarakan tentang desain rumah hunian. Cukup aneh juga rasanya, bukan seorang designer tata ruang, bukan pula seorang sarjana lulusan arsitek, tetapi itulah manusia, semuanya pasti punya rasa, dan rasa itu bisa dituangkan kedalam sebuah tulisan.

Kali ini berbicara tentang menempatkan posisi pintu untuk ruang tamu yang paling baik dengan desain tata ruang rumah seperti gambar dibawah. Tapi ingat, bagi anda yang selalu berpedoman pada Fheng Shui, saya rasa mungkin bukan di blog ini tempatnya karena saya tidak begitu percaya dengan penataan ruang yang menciptakan keberuntungan. Pola saya adalah bagaimana menata sebuah ruang berdasarkan berfungsinya.

gambar pertama

gambar kedua

Posisi pintu ruang tamu yang paling baik untuk ukuran ruang 3 x 4 meter atau 3 x 3 meter dengan bentuk penataan bangunan seperi gambar, sebaiknya berada di sisi kiri atau kanan. Mengapa?

Jawabannya adalah :
  • Dari sisi penataan kursi dan meja tamu menjadi mudah
  • Ruangan akan terlihat lebih luas
  • Tidak ada hambatan bagi anggota keluarga yang lalu lalang di ruang tamu ketika anda sedang menerima tamu
Fungsi letak pintu disamping seperti gambar (2) sebenarnya sama seperti ruang loby kantor. Posisi seperti ini akan menciptakan lorong antara ruang keluarga ke ruang tamu guna menghindari gangguan dari fungsi ruang tamu tersebut, sementara untuk fungsi letak pintu disamping pada gambar (1) adalah untuk menghindari gangguan saat lalu lalang ketika yang lain menerima tamu.

Sebenarnya pola desain bangunan seperti gambar (2) diatas akan terlihat baik dari sisi luar / halaman jika pintu ditempatkan di tengah-tengah, akan tetapi dari sisi fungsi akan menjadi berkurang, mengapa?

Permasalahan letak pintu ditengah (untuk gambar kedua)
  • Posisi pintu jika ditempatkan ditengah akan mengakibatkan ruang tamu menjadi semakin sempit. 
  • Anda akan mengalami kesulitan dalam menata kursi dan meja tamu anda. 
  • Ketika anda sedang menerima tamu, sementara anak-anak atau keluarga anda lalu lalang diruang tamu, anda dan tamu anda menjadi terganggu.
Ingat, desain ini tidak berlaku untuk ruang tamu berukuran besar!. 
Ada saran, pendapat atau masukan lainnya dari para ahli?


Popular posts from this blog

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Alergi Air Hujan

Cerita di Tahun 80 an