Membangun toko online menggunakan platform gratisan

Membuat atau menciptakan toko online menggunakan domain berbayar merupakan hal yang biasa. Akan tetapi bagaimana membangun toko online menggunakan domain gratis seperti blogspot atau wordpress? Apakah akan sulit untuk bersaing dengan toko online berbasis domain berbayar?

Membuat toko online dengan menggunakan platform gratisan seperti blogspot atau wordpress memang akan menjadi sulit berkembang karena beberapa hal pokok diantaranya :

  • Pandangan pertama pembeli terletak pada tingkat kepercayaan akan sebuah domain. Membangun toko online tanpa biaya merupakan hal pertama yang akan membuat orang kurang percaya terhadap apa yang kita tawarkan.
  • Maraknya praktek penipuan online menggunakan platform gratisan menjadikan usaha online yang seharusnya dapat dipercaya menjadi tidak dipercaya pelanggan.
  • Desain template, penataan tempat dan kurang baiknya tampilan produk dalam bentuk gambar juga dapat membuat kurangnya kepercayaan calon pembeli.
Masih banyak masalah lain yang bisa membuat toko online dengan layanan hosting gratisan tidak dipercaya calon pembeli / pelanggan. 

Lalu bagaimana mengatasi masalah agar penggunaan platform gratis ini dapat dipercaya?

Saya memiliki beberapa pandangan untuk membuat toko online menggunakan platform gratisan bisa menjadi sebuah toko online yang dapat bersaing dengan toko online yang menggunakan domain berbayar. 

Berikut kilasan singkat pandangan saya dalam rangka membangun toko online menggunakan platform gratis :
  1. Bangun kepercayaan pelanggan dengan cara mempublikasikan barang jualan anda di situs social pribadi anda seperti facebook dan twitter. Dengan menambahkan link situs jejaring social pribadi di toko online kita dapat meningkatkan kepercayaan bagi para calon pelanggan baru kita.
  2. Desain template blog sebaik mungkin. Ada banyak templates gratis untuk toko online yang bisa di download dengan mudah.
  3. Tampilkan gambar barang / produk sebaik-baiknya. Edit gambar dengan jelas, bersih dan rapi. Gunakan software editor gambar untuk memperjelas bentuk barang / produk yang di jual. Tambahkan alternatif tag gambar untuk menyatakan gambar produk barang adalah resmi milik anda.
  4. Berikan biodata pribadi anda sebagai pemilik toko online kepada para calon pelanggan. Menempatkan nama pemilik, alamat, nomor telepon, email dan lokasi dengan jelas akan sangat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan anda.
  5. Buat testimoni barang / produk yang di jual dengan jelas agar pelanggan percaya.
  6. Buat ruang chatting online untuk membantu para calon pelanggan bertanya kepada kita sebagai pemilik toko dan produk.
  7. Tampilkan contoh bukti pengiriman barang yang pernah di pesan oleh beberapa pelanggan dalam satu ruang khusus.
Demikianlah sedikit ulasan singkat untuk mendukung anda yang ingin membuka toko online menggunakan jasa platform gratisan. Semoga bermanfaat




Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama