Langsung ke konten utama

Membangun Blog Terstruktur, Sistematis dan Masif

Terlepas dari agenda perpolitikan di tanah air pasca pemilu presiden dan wakil presiden Indonesia 2014, hari ini saya ingin mengupas tentang satu kalimat yang menjadi pokok persengketaan hasil Pilpres yaitu kalimat "sistematis, terstruktur dan masif".

Kalimat dalam tanda kutip diatas saat ini banyak dituliskan dalam media online, situs jejaring social, media cetak dan televisi. Sekarang apa hubungan kalimat tersebut dalam dunia blogging?


Menurut pendapat saya, saat ini dalam proses membuatan blog, seorang blogger dituntut untuk membuat blognya lebih sistematis, lebih terstruktur dan masif. Hal ini diperlukan untuk mendukung blogger dalam upaya mengembangkan suaranya melalui artikel yang ia bangun.

Terstruktur artinya sebuah blog harus tertata rapi dengan pola penempatan bagian kepala, tempat posting dan dukungan widget yang tepat guna mendukung pengunjung menavigasi bagian-bagian blog tersebut.

Sistematis artinya bangunan css dan html pada templates blog diharapkan benar-benar aman dari virus serta memiliki proses loading cepat sehingga pembaca/pengunjung tidak merasa terganggu saat bertamu di blog.

Masif. arti kata masif menurut terjemahan google "massive" berarti masal, besar (besar-besaran) atau raksasa. Kalau kita coba artikan dalam dunia blogging berarti kata masif ini terfokus pada pembangunan dokumen atau data (artikel/konten) dalam blog yang hendaknya merupakan bagian artikel yang memiliki fungsi untuk menjadi bahan, informasi atau informasi produk yang berguna bagi pengunjung blog.

Ketika blogger mampu membangun blognya dengan menerapkan tiga unsur kata diatas, saya meyakini blog tersebut akan menjadi blog besar di dunia internet.

Apakah ada pendapat lain? 

Postingan populer dari blog ini

Calon Isteri dari Suku Dayak Maanyan? Baca Sekilas Tentang Pemenuhan Hukum Adat Dayak Maanyan

Dalam prosesi pernikahan menurut adat suku dayak maanyan selalu dilalui dengan acara pemenuhan hukum adat. Ketentuan ini telah diatur berdasarkan adat istiadat yang berlaku dalam suku dayak secara khusus suku dayak maanyan. Akan tetapi jangan dipersepsikan bahwa hukum adat tersebut merupakan pernikahan atau perkawinan secara adat. 

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Pernahkah anda diberi buku kecil seperti notes yang bertuliskan AD/ART Partai Politik "Anu". Jika ya, sekarang cobalah anda anda bertemu dengan seorang pengurus Partai Politik lainnya dan mintalah AD/ART Partai Politik lainnya tersebut. Jika sudah, kemudian silahkan anda baca dan bandingkan Kedua Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga tersebut. Jika anda selesai membacanya, maka silahkan anda bandingkan prosentase persamaan kedua AD/ART tersebut. Jika anda mendapatkan prosentase persamaan diatas lima puluh persen, maka sebenarnya kedua AD/ART tersebut memiliki tujuan yang sama.

Cerita di Tahun 80 an

Sebelumnya. author perlu menegaskan bahwa nama / tokohm dan cerita dalam tulisan ini adalah fiktif semata. Mohon maaf bila nama yang ada mungkin sama dengan nama anda!.(Just For Fun) Tulisan ini juga cukup panjang, jadi baca ceritanya dengan baik sampai selesai agar dapat dimengerti, Okey

Kisah berikut ini terjadi pada tahun 1980 an