Membangun Blog Terstruktur, Sistematis dan Masif

Terlepas dari agenda perpolitikan di tanah air pasca pemilu presiden dan wakil presiden Indonesia 2014, hari ini saya ingin mengupas tentang satu kalimat yang menjadi pokok persengketaan hasil Pilpres yaitu kalimat "sistematis, terstruktur dan masif".

Kalimat dalam tanda kutip diatas saat ini banyak dituliskan dalam media online, situs jejaring social, media cetak dan televisi. Sekarang apa hubungan kalimat tersebut dalam dunia blogging?


Menurut pendapat saya, saat ini dalam proses membuatan blog, seorang blogger dituntut untuk membuat blognya lebih sistematis, lebih terstruktur dan masif. Hal ini diperlukan untuk mendukung blogger dalam upaya mengembangkan suaranya melalui artikel yang ia bangun.

Terstruktur artinya sebuah blog harus tertata rapi dengan pola penempatan bagian kepala, tempat posting dan dukungan widget yang tepat guna mendukung pengunjung menavigasi bagian-bagian blog tersebut.

Sistematis artinya bangunan css dan html pada templates blog diharapkan benar-benar aman dari virus serta memiliki proses loading cepat sehingga pembaca/pengunjung tidak merasa terganggu saat bertamu di blog.

Masif. arti kata masif menurut terjemahan google "massive" berarti masal, besar (besar-besaran) atau raksasa. Kalau kita coba artikan dalam dunia blogging berarti kata masif ini terfokus pada pembangunan dokumen atau data (artikel/konten) dalam blog yang hendaknya merupakan bagian artikel yang memiliki fungsi untuk menjadi bahan, informasi atau informasi produk yang berguna bagi pengunjung blog.

Ketika blogger mampu membangun blognya dengan menerapkan tiga unsur kata diatas, saya meyakini blog tersebut akan menjadi blog besar di dunia internet.

Apakah ada pendapat lain? 

Popular posts from this blog

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Alergi Air Hujan

Cerita di Tahun 80 an