Blogging adalah tentang tingkat kepuasan

Blogging adalah tentang tingkat kepuasan!. Mungkin ada yang bertanya mengapa saya mengatakan demikian? Berikut rangkuman jawaban melalui opini saya.

Ketika kita menulis pada lembaran blog ini lalu kemudian mengklik pratinjau untuk pengecekan isi tulisan sebelum di publikasikan, apakah kita telah puas? atau ketika kita mengklik publikasikan, akan tetapi publikasi tersebut dibuat secara private dalam artian mungkin hanya dibuat untuk kita sendiri, apakah kita telah puas? Menurut saya mungkin IYA tetapi tidak dalam dunia Blogging.

Blog merupakan website social yang diperuntukkan sebagai tempat saling berinteraksi antar pemilik dan pengunjung. Ini artinya seorang blogger jelas tidak akan menyembunyikan tulisan-tulisan yang sudah dibuatnya.
Pada saat tulisan telah dipublikasikan, secara umum tingkat kepuasan pertama telah terwujud. Namun itu belum seberapa, karena tingkat kepuasan yang kedua adalah adanya interaksi dari pembaca atau pengunjung blog. Interaksi ini adalah dengan lahirnya komunikasi yang mengarah pada kepuasan masing-masing pihak.

Tingkat kepuasan tidak hanya berhenti ketika telah terjalin komunikasi, tetapi ada banyak aktivitas blogging lainnya yang bisa menciptakan kepuasan. Contohnya adalah ketika blog anda mampu menciptakan penghasilan/pendapatan (income) maka akan lahir tingkat kepuasan bagi anda. Ingat, yang saya maksudkan bukan tentang nilai atau angka yang diperoleh, tetapi sisi keberhasilan mendapatkan income tersebut.

Semoga opini ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Popular posts from this blog

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Alergi Air Hujan

Cerita di Tahun 80 an