Presentasi Blog

Setiap blogger pasti berkeinginan untuk mendapatkan traffic pada blognya. Ketika terjadi peningkatan traffic ini artinya bahwa blog diminati oleh banyak pengguna internet. Karena itulah banyak blogger bekerja keras dan giat untuk membuat konten yang bisa meningkatkan minat orang untuk hadir dan membaca kontennya. Saya yakin ada banyak blogger telah berusaha maksimal untuk membuat konten menarik untuk meningkatkan minat orang datang dan membaca.

Sekarang saya berkesimpulan para blogger (termasuk saya) telah mengupayakan untuk menghadirkan tulisan yang menarik. Sekarang yang menjadi permasalahan adalah kebanyakan dari para blogger kurang memperhatikan bagaimana mempresentasikan blog sebagai tempat untuk menampilkan konten tersebut. Hal ini menurut saya sangatlah penting, karena ketika orang hadir, ia tidak ingin dibebankan dengan sesuatu yang menganggu.

Karena itulah diperlukan perhatian khusus tentang presentasi blog itu sendiri. Beberapa hal yang saya cermati ketika menemukan konten menarik di blog yang kurang ideal sebagai tempat mempresentasikan artikel menariknya adalah :

  • Homepage. Padatnya ruang blog pada homepage. Hal ini menimbulkan kekacauan karena selain proses loading terhambat, sering terjadi kesulitan dalam menemukan bagian-bagian dalam blog.
  • Font. Penentuan ukuran font menjadi hal penting yang juga perlu diperhatikan. Ukuran font dibawah 12 fixel biasanya mengganggu untuk para pembaca yang memiliki permasalahan pada matanya.
  • Warna. Warna dinding lembar blog dan huruf blog juga perlu menjadi pertimbangan agar menghasilkan kemudahan dan kenyamanan bagi pembaca blog kita. Banyak blogger yang memiliki konten sangat menarik tetapi memasang/mempresentasikan warna/gambar untuk background blognya terlalu menyala (warna/gambar kontras) atau sama dengan aslinya. Hal ini menciptakan efek yang kurang mengenak-kan dan sangat mengganggu saat pembaca membaca konten yang disajikan.
Dari sekian banyak presentasi blog, tiga bagian diatas menurut pendapat saya merupakan bagian atau point penting perlu kita perhatikan sebagai blogger karena peningkatan atau penurunan traffic blog tergantung pada keputusan yang diambil oleh pengunjung blog apakah ingin meneruskan kunjungannya atau tidak sama sekali.

Popular posts from this blog

Alergi Air Hujan

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Kamus Dayak Ma'anyan