Agar Tema dan Deskripsi Blog tetap Fokus

Ada satu pelajaran menarik yang saya petik tentang blogging agar tema blog lebih fokus dan mudah tampil di posisi terbaik search engine. maksud saya begini : Jika kita memiliki beragam tulisan dalam satu blog dengan satu tema (deskripsi), maka blog biasanya tidak akan fokus. Misalnya tema blog adalah tentang tips trik blog. Lalu beberapa waktu kemudian anda ingin menuliskan tentang desain rumah. Biasanya seorang blogger akan membuat label tersendiri tentang desain rumah dalam blog yang bertemakan tips trik blogging tersebut. Hal ini akan membuat blog tidak fokus terhadap tema awal.


Untuk menciptakan blog yang tetap fokus terhadap tema sebenarnya sangat mudah. Kita tahu bahwa blogspot merupakan platform gratis sehingga dengan menggunakan satu buah email kita bisa membuat beberapa blog dengan mudah.
Agar tema blog tetap fokus, maka langkah yang paling baik menurut saya adalah dengan membuat beberapa sub blog yang di link melalui blog utama kita. Contohnya di navigasi beranda blog lirik kiri kanan ini. di beranda depan terdapat link yang mengarah ke dua blog lain dengan tema yang berbeda. KWB dan Bangun Indonesia merupakan link yang terletak pada navigasi untuk di arahkan menuju sub blog ini.

Dengan cara memasang link pada navigasi beranda seperti ini, konten akan secara otomatis mengarah pada tema dan deskripsi yang tepat. Di sisi lain biasanya seorang blogger sering menambah script code untuk mengubah tampilan blog saat di klik. Misalnya pada beranda depan sidebar berada di sebelah kiri dan ketika menampilkan halaman lanjutan, sidebar berubah kesebelah kanan. Cara seperti ini biasanya menggunakan bantuan script code yang justru dapat menimbulkan html blog tidak sehat.

Tetapi dengan cara menambah sub blog, kita tidak perlu khawatir atau capek menambahkan kode-kode html. Sekarang hanya tinggal membuat lebar kolom sub blog tersebut sama persis dengan blog utama dan memasang sidebar (kiri atau kanan) untuk mengubah tampilannya.

Popular posts from this blog

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Alergi Air Hujan

Cerita di Tahun 80 an