Menata Bisnis Online dari Pengalaman Pengguna

Ketika anda ingin membuka dan menjalankan bisnis online di internet, anda tidaklah harus mendapatkan pengajaran atau pelajaran dari para ahli marketing online atau orang-orang yang berpengalaman dalam bidang pemasaran online agar bisnis anda dapat berjalan dengan lancar.

Pengalaman pengguna merupakan salah satu cara sederhana yang bisa menjadi acuan bagi anda untuk memulai. Mengapa ?
jawabannya adalah karena pengguna atau yang biasa disebut sebagai pengunjung / pembeli, adalah tujuan akhir dari usaha anda. Sehingga pengalaman-pengalaman yang mereka rasakan sebagai tamu dan pembeli produk online bisa menjadi bahan penting untuk anda memperoleh tips sukses menjalankan dunia bisnis online

Karena itu sebagai pengguna, saya ingin berbagi tiga unsur pendukung yang penting agar "paling tidak" pengunjung tertarik untuk melihat bisnis yang anda tawarkan. Berikut 3 (tiga) rangkuman pengamatan saya sebagai seorang pengguna tentang unsur pendukung yang perlu dan sangat anda pertimbangan untuk usaha online anda.

1). Kecepatan website atau blog merupakan faktor utama untuk terus mendorong pengguna mengklik dan membuka bagian-bagian dalam website anda. Karena itu pastikan situs / blog anda di optimalkan.
Gambar (visual) merupakan faktor penting untuk menarik minat pembeli, namun karena situs / blog harus memiliki kecepatan, maka kompres file gambar anda sekecil mungkin dengan tetap memperhatikan kualitas gambar.

2). Usahakan tata letak website mudah untuk di navigasi. Aturan praktis yang baik tentang navigasi menurut saya adalah ciptakan jumlah tab navigasi seminimum mungkin. Sedangkan tambahan uraian dari tab navigasi dapat di link menuju halaman uraian.

3). Uraikan secara detail tentang diri anda sebagai pemilik atau perusahaan/toko anda. Ini merupakan faktor penting untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Informasikan nomor telepon, email, domisili tempat usaha melalui peta dan gambar serta bagian-bagian lain agar pengguna benar-benar percaya dengan produk dan usaha anda.

Itulah tiga rangkuman kecil utama yang bisa saya bagikan kepada anda untuk menjadi bahan dalam menata bisnis online anda.

6 Komentar

  1. kalo si om bikin tutorial begini aku setuju dah
    soalnya ada yang gemar bikin kayak gini, tapi tampilan blog dia bikin mumet. ramenya kaya pasar malem. hehe semangat malam, om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhe.. tapi kalo pasar malamnya murah gimana tuch?

      Hapus
  2. weleh, kebetulan banget ya adsense lagi ultah ke 10, moga sukses ya sama bisninsnya :)

    BalasHapus
  3. pastinnya kecepatan web site itu berpengaruh kang

    BalasHapus
  4. sip dech sob... mungkin yang paling penting adalah kemudahan dalam mengakses nya kali ya sob..

    kalau sebuah blog atau web susah di akses alias kebanyakan muatan. bisa jadi para pengunjung kabur sebelum melihat barang dagangan kita hehehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama