Tenaga Pendorong di Blog

Semua orang pasti tahu bahwa kendaraan dapat bergerak karena adanya tenaga pendorong yang kompleks untuk menggerakkannya. Jika kemudian ada yang menanyakan apa tenaga pendorong dari sebuah blog? Jawabannya sangat mudah yaitu Konten.

Konten merupakan mesin pendorong yang bekerja di belakang blog / web. Konten tersebutlah yang akan bekerja untuk menghadirkan pengunjung ke blog yang kita kelola. Tiap bait kata yang membentuk sebuah kata kunci akan menarik seseorang untuk hadir sebagai pengunjung atau pembaca di blog.

Sebagai tenaga pendorong, konten juga perlu memiliki kualitas agar tenaga yang dihasilkan maksimal. Artinya sebuah konten harus memiliki nilai bagi para pembacanya. Dengan hadirnya nilai pada setiap konten yang dibuat, maka dari waktu ke waktu semua orang akan mendapatkan hasil yang berharga dari apa yang kita tuliskan.

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana membuat konten tersebut berharga atau memiliki nilai ? Sederhana yaitu hadirkan jawaban, saran, atau pendapat dan motivasi.

Sebagai contoh, misalkan kita memposting tentang Bagaimana membersihkan Karburator sepeda motor yang baik. Di sana kita perlu memberitahukan kepada pembaca tentang alat-alat yang harus disediakan, kemudian bagaimana langkah-langkah cara kerjanya. Jika perlu, kita dapat membuat atau menggabungkan konten yang kita sajikan tersebut dengan bentuk visual (gambar atau video)

Contoh lain, jika anda pernah menonton sebuah acara televisi Indonesian Lawyer Club (ILC), disana banyak orang mengeluarkan pendapat, opini dan logikanya masing-masing tentang sebuah permasalahan. Walaupun banyak orang mengatakan acara ini seperti Debat Kusir, tetapi banyak orang menyukainya. Hal ini dapat pula kita lakukan dengan menghadirkan tulisan yang didasarkan pada opini dan logika kita.

ya, apapun itu, sekarang saya melihat beragam tulisan dari sahabat blogger banyak mengarah pada pemberian motivasi yang sangat berguna bagi pembacanya dengan menggunakan kata-kata yang mudah diterima. Hal ini saya rasakan sendiri ketika hadir dan membaca artikel yang mereka hadirkan.

Jadi, mulai sekarang mari kita bersama-sama menciptakan konten yang bisa memberikan jawaban, saran atau pendapat dan motivasi untuk mendorong blog sebagai rumah anda semakin baik dan bermanfaat di mata pembaca dan search engine.

4 Komentar

  1. kalau ILC mah tontonan rutin saya kang :D

    BalasHapus
  2. Intinya jangan sekedar konten tapi berusaha untuk sederhana mungkin melengkapi serta menyertakan manfaat yang bisa diambil ketika membaca.

    BalasHapus
  3. ILC isinya ribut doang. Bikin males. :v

    BalasHapus
  4. kalo aku malah ga pernah mikirin mutu om
    pokoknya asal nulis dah
    orang niatnya bikin catatan sejarah pribadi doang...

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama