Pentingnya Meta Tag diantara Perbedaan Selera Para Blogger

Sepengetahuan saya selama menjalani dunia blogging ini, ada dua macam selera dari seorang blogger (pemilik blog) dalam rutinitasnya mengelola blog. Yang pertama adalah blogger yang terus berjuang dalam mengoptimasi blognya dengan berbagai metode seperti SEO, berburu backlink, meningkatkan traffic dan lain sebagainya. Sementara yang kedua adalah blogger yang tidak ingin tahu (tidak mau tahu) dengan apa itu SEO, backlink dan traffic. Mereka hanya berfikir bagaimana menghadirkan tulisan tentang apa saja yang disukai.

Namun, dari kedua selera yang berbeda ini, ada satu hal yang diharapkan untuk selalu diperhatikan bagi keduanya. Hal kecil yang saya maksudkan adalah dua buah kata yaitu Meta Tag.

Meta tag merupakan bagian penting jika seorang blogger menginginkan blognya bisa mendapat perhatian pembaca di luar komunitasnya. Bagi saya pribadi walaupun melalui komunitas sesama blogger, blog dan konten yang disajikan bisa mendapatkan perhatian, tetapi saya juga menginginkan mesin pencari menjadi second way untuk meningkatkan perhatian pembaca.

Mengapa meta tag perlu diperhatikan?

Jika anda membuka bagian setelan di dashboard blog, anda akan menemukan kata meta tag. Karena kata tersebut telah ditetapkan untuk dihadirkan disana, maka itu semua pasti memiliki manfaat penting bagi blog yang kita kelola.

Meta tag merupakan perpaduan dari tiga buah unsur tag yaitu "Judul, kata kunci dan deskripsi". 
Judul adalah sebuah kalimat yang ditampilkan dalam header blog kita. Tag pada judul mencerminkan kata kunci untuk menarik pembaca. Tag ini akan muncul dalam halaman pencarian mesin penelusuran ketika orang mengetik salah satu bagian dari judul tersebut.

Kata Kunci pasti sudah sangat jelas anda ketahui. Kata kunci akan menggambarkan halaman konten yang kemudian hadir di mesin penelusuran berdasarkan urutan tertinggi sampai yang terendah. Ketika pengunjung menggunakan kata kunci yang salah satunya adalah kata kunci yang anda terapkan pada konten anda, mesin akan menampilkan urutan web / blog yang menggunakan kata kunci tersebut dari urutan tertinggi sampai yang paling rendah.

Deskripsi merupakan kolom tag yang diberikan untuk para pengelola blog agar berkesempatan memikat pengunjung hadir ke blog yang kita kelola. Deskripsi yang dibuat menarik dan pada kalimatnya di sisipkan kata kunci akan sangat berperan dalam membantu mempromosikan blog yang kita kelola.

Karena dasar itulah maka saya berkesimpulan bahwa tiga bagian penting dalam meta tag adalah hal yang perlu diperhatikan bagi blogger dengan selera yang berbeda-beda. Apakah anda memiliki pendapat lain ?

3 Komentar

  1. Setuju bung. Meta tag juga salahsatu cerminan dari blog kita. :D

    BalasHapus
  2. weiii... aku juga udah lama ga ngurusin meta tag. aku lupa masangnya apa.. habis aku lebih seneng nulis daripada SEO

    BalasHapus
  3. hehehe bener banget tu sob..sebenernya saya juga pengen memperhatikan meta tag dah seo lainya. namun semenjak saya ngeblog via hp.. gimana mau ngurusin seo, buka edit html nya saja nggak bisa sob.. hehehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama