Kesalahan yang perlu dihindari dari pembaca blog

Blog akan berkembang baik ketika mendapat respon dari pembacanya. Karena itulah blog harus memperhatikan sisi pengunjung sebagai pembaca artikel yang kita buat.

Karena pembaca merupakan komponen yang sangat penting, maka sepatutnya seorang pemilik blog memperhatikan beberapa hal agar tidak merusak pandangan pembaca mengenai blog kita kelola.

Berikut ini beberapa kesalahan yang perlu anda hindari agar pembaca tidak pergi meninggalkan atau menutup blog anda :


1. Pemasangan / Penempatan Iklan

Ketika pembaca hadir di blog, mereka sangat membenci gangguan misalnya untuk menarik pembaca agar mengklik iklan, biasanya pengelola blog memasang iklan pop-up di berbagai tempat. Hal ini merupakan kesalahan fatal. Keinginan pembaca hadir adalah bukan untuk mengklik iklan, tetapi untuk membaca artikel yang anda sajikan. Segeralah untuk memperbaiki posisi ruang iklan anda agar pembaca tidak terganggu membaca konten anda.

2.  Tata Bahasa

Walaupun anda mungkin seorang blogger yang sudah memiliki gelar pendidikan dari perguruan tinggi atau orang terkenal, tetapi dalam dunia blogging itu pembaca tidak akan memperdulikannnya. Yang mereka perlukan hanyalah bagaimana memahami tulisan yang anda sampaikan dengan mudah. Karena itu sebaiknya anda hindari terlalu banyak menulis kalimat-kalimat akademis atau kata / bahasa yang kurang di pahami oleh pembaca anda.

3. Jumlah Kata

Menurut saya ternyata jumlah kata dalam tulisan sangat berpengaruh pada artikel yang disampaikan. Memasang 1.000 kata agar mendapatkan pengaruh SEO adalah sesuatu yang sah-sah saja. Tetapi jangan harap pengunjung anda akan membacanya sampai selesai. Karena itu sebaiknya gunakan 300 sampai 500 kata agar pembaca memahami isi konten anda. Kalaupun harus sampai 1.000 kata, sebaiknya gunakan gambar visual untuk memudahkan pembaca mengerti maksud artikel anda.

Apakah salah satu dari kesalahan diatas terdapat dalam blog anda? Jika Ya, maka saya sarankan untuk segera memperbaikinya.

11 Komentar

  1. ya banyak pembaca yg cuma scaning di blog kita mereka mencari yang mereka cari kalau uda ketemu lalu pergi begitu saja tanpa jejak

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentar pada umumnya bagi pembaca umum akan tertuang di kolom seperti ini ketika ada yang ingin lebih ia tanyakan. tetapi utk komentar dari blogger lain, ini lebih kearah silaturahmi dan saling berkomentar balik.
      jadi jgn takut kawan, jejak dihitung oleh mesin bukan lewat komentar tetapi lewat klik. gerakan ini bisa dilihat di statistik blog atau alat analisa

      Hapus
  2. hmmm... kayaknya blog saya aman dari 3 poin di atas sob...

    1. pemasangan iklan.
    di blog saya nggak ada iklan sob hehehe. memang kadang kita kesel juga kalau ada blog yang artikelnya di tutup iklan, kita harus klik dulu baru terbuka...

    2. tata bahasa.
    saya orang desa yang tidak mengenyam pendidikan tinggi sob, jadi di blog saya nggak ada yang namanya bahasa atau kata kata akademis yg bikin pusing itu.

    3. jumlah kata.
    kebetulan saya ngeblog pake hp sob, jadi sangat tidak mungkin saya buat artikel panjang kali lebar hehehe.. lagian saya bukan penulis,
    memang kadang agak males bacanya kalau artikelnya panjang kali lebar, ujung2nya di baca poin poinnya saja. hehehehe

    wah komentar saya panjang banget nih sob, maaf ya kalau makan tempat wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jangan makan hati aja sob hehehe!

      Hapus
  3. paling sebel kalo penuh iklan yang ga keblok sama adblock plus
    sebel juga sama yang pake popup walaupun cuma bilang selamat datang
    lebih sebel kalo harus klik like pesbuk
    haha dodol ah...

    BalasHapus
  4. Udah saya terapkan komandan :)

    BalasHapus
  5. Postingan yang sangat mengingatkan kepada kita semua, saya sangat setuju dan sependapat.
    mudah^an dengan artikel yg disampaikan disini saya bisa mengikutinya
    terima kasih banyak sudah berbagi sobat

    BalasHapus
  6. saya malah kebablasan suka nulis keoanjangan x_x

    BalasHapus
  7. waduh.. berarti ane banyak kesalahan dong -_- waduh hehe

    BalasHapus
  8. 1 JUMLAH KATA: ampuun...postingan saya kebanyakan 1000an kata. hiks
    2. tata bahasa? hem....semoga gak bikin puyeng yg mbaca deh

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama