Jangan terlalu fokus pada modifikasi template

Blogger.com sebagai pemilik resmi platform blogspot sebenarnya terus menerus mengembangkan platform gratis ini untuk memudahkan para pengguna blog dalam mengekspresikan dirinya melalui tulisan. Tak terkecuali dalam mengembangkan template blog bawaan. Hal ini semata-mata agar para penggunanya tidak lagi perlu mengotak-atik blognya dan hanya fokus pada bagaimana menciptakan konten agar bisa memberikan kontribusi kepada para pengguna internet selaku pembaca.

Tetapi yang namanya manusia jelas tidak akan pernah puas akan sesuatu. Ini terlihat dari begitu banyaknya pengguna platform ini memodifikasi template bawaan blogger.com tersebut.

Hal ini biasanya terjadi karena seorang blogger sering melihat sisi desain blog orang lain yang tampak begitu elegan dan sangat berbeda dari tampilan-tampilan desain template blog pada umumnya.

Memodifikasi tampilan template memang sangat diperlukan untuk menciptakan kreasi yang berbeda dari desain template blog lain. Menambah, mengurangi atau mengubah kode script, widget dan hal lainnya sebagai upaya untuk mengoptimalkan tampilan templatenya, memang bisa menciptakan hasil desain yang baik dan dapat menarik minat bagi pengunjung. Tetapi hal ini berlaku jika proses modifikasi dilakukan dengan cara yang tepat, benar dan tidak melanggar ketentuan serta kebijakan dari tim blogger.

Saya tidak membicarakan tentang bagaimana tips dan trick memodifikasi template blog untuk membuatnya lebih baik di search engine maupun untuk penunjung blog, tetapi yang ingin saya tekankan disini adalah, Jika pemahaman tentang pemprograman kode HTML dan CSS kita masih dangkal, sebaiknya jangan terlalu fokus untuk memodifikasi tampilan blog, akan tetapi lebih fokuslah dalam hal bagaimana menghadirkan konten blog sebagai menu utama dari tujuan blogging itu sendiri.

Banyaknya pengunjung hadir, pagerank tinggi, posisi blog di urutan teratas search engine bukan disebabkan oleh tampilan desain blog yang menarik melainkan karena konten yang anda sajikan memiliki daya tarik, informatif dan nilai sebagai bacaan yang layak untuk di simak.

Bagaimana pendapat anda?

Popular Posts