Efek Warna dan Teks Terbalik dalam Dunia Blogging

Warna pada blog bagi saya pribadi merupakan faktor penting sebagai bagian menunjang blog. Karena itu jika anda adalah pengunjung yang sering hadir di blog ini, anda mungkin mendapati perubahan warna blog yang saya kelola ini.

Mengapa warna untuk blog begitu krusial ?

Blogger.com membangun platform social seperti blogspot, adalah untuk memberikan keleluasaan bagi setiap penggunanya untuk bereksplorasi tentang apa saja. Karena itulah, pengguna sebagai pengelola blog perlu menciptakan sesuatu yang khusus pada jurnal onlinenya.


Warna adalah bagian krusial yang perlu diperhatikan untuk menangkap perhatian pembaca atau pengunjung blog. Efek sebuah warna bisa meningkatkan gairah tersendiri bagi seseorang. Sehingga jangan heran jika dimasa sekarang, harga sebuah cat warna untuk bangunan sebuah kantor, rumah dan lain sebagainya memiliki kelas tersendiri.

Tetapi walaupun warna menjadi sesuatu yang penting dalam sebuah desain blog, tetapi ada rambu-rambu yang harus dipatuhi agar warna dapat memberikan manfaat sebagai penunjang jurnal online anda. Rambu-rambu tersebut semuanya mengarah pada satu indera yaitu indera penglihat atau mata.

Mungkin ada yang bertanya, mengapa banyak pengguna blog memberi ruang posting blog dengan warna putih?

Jika anda menampilkan huruf dengan warna putih dan ruang posting menggunakan warna gelap, ini disebut dengan Teks Terbalik. Teks Terbalik secara garis besar bisa menimbulkan dampak visual yang luar biasa. Dan ini merupakan keuntungan tersendiri dalam konteks desain blog. Akan tetapi jika anda memperhatikan sebuah surat kabar atau buku tulis yang dirancang dengan menggunakan warna putih dengan warna huruf hitam (gelap), berarti ada maksud dan fungsi dari itu semua. 

Sebenarnya penggunaaan warna huruf putih di ruang dengan warna gelap (teks terbalik) sangat jarang dipakai atau bahkan tidak dipakai dalam sebuah surat kabar atau buku tulis adalah karena sifat teks terbalik sangat menyulitkan mata walaupun dalam kondisi pencahayaan yang normal. Karena itulah banyak orang menggunakan warna putih untuk ruang kolom postingnya. 

Saran saya adalah jika anda menggunakan ruang posting gelap dengan warna huruf putih pada blog anda, sebaiknya cobalah dulu dengan mengatur desain warna pada pencahayaan yang normal sehingga ketika pengunjung datang ke blog anda, hal tersebut tidak berdampak pada mata sebagai indera penglihatan.

Popular posts from this blog

Alergi Air Hujan

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Kamus Dayak Ma'anyan