Mengapa kita perlu menganalisa blog?

Melakukan proses analisa terhadap web / blog biasanya dilakukan oleh mereka yang bekerja dalam dunia usaha secara online. Hal ini dilakukan semata-mata untuk lebih mengarahkan pemasaran online mereka menuju sukses. Ini beberapa hal yang pernah saya baca di beberapa media website untuk marketing.

Dari bacaan tersebut, pemikiran saya alihkan untuk dunia blogger. Pertanyaan pun timbul apakah para pengguna jurnal blog memerlukan analisa terhadap perkembangan blog yang dikelola ?

Kebanyakan pengguna blog berplatform gratis hanya menjadikan blog mereka sebaga jurnal pribadi untuk mengisi waktu senggang dengan menghadirkan beragam tulisan, walaupun tidak sedikit pula yang membangun blognya untuk tujuan bisnis yang menghasilkan.

Untuk blogger yang menjadikan blognya sebagai naungan mengembangkan hobby menulis atau sekedar menyampaikan informasi, pengetahuan dan lain sebagainya tanpa ada tujuan bisnis, pertanyaan di atas bisa dijawab dengan kata "ya" atau "tidak". Namun jika saya yang menjawab, maka jawaban yang saya berikan adalah "Harus".

Mengapa saya jawab demikian?

Blog yang saya kelola ini dikembangkan bukan sebagai tujuan bisnis atau mendapatkan penghasilan. artinya jurnal ini semata-mata sebagai tempat untuk berbagi informasi dan hal-hal lainnya. Pemahaman saya mengapa kita juga harus melakukan proses analisa terhadap blog yang dikelola, sebenarnya agar apa yang kita sampaikan tidak sia-sia.

Menulis konten blog jelas memerlukan energi terutama fikiran. Ketika fikiran yang kita tuangkan menjadi sebuah konten kita sampaikan kepada para pengguna internet, satu harapan yang kita ingin capai adalah kegunaan. Kegunaan tersebut biasanya untuk di sukai dan disenangi banyak kalangan. Itulah hasil positif dari energi fikiran yang telah kita tuangkan.

Agar hal tersebut bisa terwujud, kita juga perlu menganalisa hasil dari apa yang kita bagikan. Analisa tersebut diperlukan agar :
- Kita tahu siapa saja yang menggemari konten yang kita buat
- Kalangan mana yang paling banyak
- Penggunaan alat apa yang digunakan untuk mengakses
- Konten apa saja yang paling banyak diakses
- dan masih banyak ragam analisa lainnya.

Keakuratan alat analisa memang tidak dapat dijamin seratus persen, tetapi paling tidak dengan melakukan analisa, dapat mendekati poin-poin tujuan yang cukup jelas.

Dengan memperoleh analisis statistik, para blogger bisa lebih mengarahkan konten yang disajikan. Karena dengan demikian, konten yang kita buat tersebut tidak sia-sia.

Menuliskan konten tentang apa yang kita senangi memang tidak menjadi masalah penting. Namun ketika dalam proses mengerjakan tulisan ini memerlukan energi, fikiran, waktu dan bahkan biaya untuk koneksi, alangkah ruginya jika apa yang telah kita tuangkan tidak disukai audiens. 

Bagaimana pendapat anda?

Popular posts from this blog

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Alergi Air Hujan

Cerita di Tahun 80 an