Error 404 - file or page not found

Error 404

Menghormati pengunjung blog adalah bagian sisi penting yang tidak dapat dipisahkan. Ini menandakan bahwa saya selaku pengelola blog dan anda sebagai pengunjung blog adalah manusia, bukan robot.
Di sisi lain, alat atau media yang kita gunakan seperti blog ini juga memiliki keterbatasan dan kekurangan atau bisa dikatakan sebuah media yang tidak sempurna. Oleh karena itu baik kita selaku pengelola dan blog sebagai media juga perlu mempertimbangkan hal-hal kecil dalam melayani pengunjung sebagai pengakses blog.

Permasalahan yang sering terjadi dalam dunia blogger ini adalah ketika satu atau dua artikel tidak ditemukan (file or page not found atau Error 404) oleh pengunjung blog. Ini sebenarnya masalah kecil yang kadang kurang begitu diperhatikan oleh kita semua selaku pengelola blog. Akan tetapi efek yang ditimbulkan bisa saja besar bagi pengunjung blog.

Error 404

Yang saya maksudkan adalah bagaimana menghormati seorang pengunjung yang kebetulan tidak menemukan artikel yang mereka cari dengan sebuah desain atau tulisan rasa hormat terhadap pengunjung blog tersebut bukan hanya dengan kalimat "Sorry, the page were you looking for in this blog does not exist", tetapi bisa menciptakan halaman dinamis yang baik sebagai bentuk permohonan maaf.
Error 404

atau bisa memasang kalimat pada custom page not found di layanan setting dashboard blog dengan cara sebagai berikut :

1. Masuk ke dashboard blog
2. Klik setting
3. Sorot dan klik search preferences
4. Pada Error and Redirections, klik edit di bagian Custom Page Not Found
5. Tulis kalimat untuk menerangkan kepada pengunjung bahwa artikel blog yang dicari tidak ditemukan.

Contoh dalam gambar
Error 404

Dengan cara ini, pengunjung bisa menaruh respek yang baik terhadap blog kita, walaupun apa yang ia cari tidak di temukan!.

8 Komentar

  1. iya, aku pernah nemuin kayak gini berulang kali. Aku fikir postingannya masih ada di draft jadi masih tidak di temukan gitu bang

    BalasHapus
  2. wah lama juga saya tidak meneliti ini, kalau dulu masing serign ngecek beginian, setelah sibuk paling ngeblog cuma posting tok, udah di tinggal, hal seperti ini jadi jarang diperhatikan. makasih bung, udah mengingatkan

    BalasHapus
  3. baru tahu aku, om...
    kayaknya bisa dicoba tuh
    soalnya kalo laptop dibajak anak anak, suka ada jurnal yang kehapus.. hiks.

    BalasHapus
  4. Berarti tinggal setting seperti diatas saja yah Mas,,,biar pengunjung gak agak nyaman dengan artikel yang tidak ditemukannya :)

    BalasHapus
  5. Sbenernya gue udah tau lama, bung! Cuma karna gue sering pake hape, males ngutak-atik preference... Hehehe, giliran pake pc, lupa! Bhahaha

    BalasHapus
  6. Punya saya udah di setting :)

    BalasHapus
  7. Kalo saya langsung redirect ke halaman sitemap. Hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama