Enam pertanyaan sebelum memulai aktivitas blogs dan menghindari update Google Panda

enam pertanyaan bog
Berikut ini adalah enam pertanyaan sebelum memulai aktivitas bogging yang mungkin anda perlukan, khususnya bagi para newbie blogger.

1. Apakah anda membutuhkan blog ?
Ketika anda membutuhkan blog, maka langkah yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan dari blog, karena tanpa satu tujuan pun maka jawaban sebenarnya adalah anda tidak membutuhkan blog.

2. Seberapa sering anda harus menjalankan aktivitas blogging ?
Setelah menetapkan tujuan dari blog. Pertanyaan nomor 2 diatas akan timbul. Jawabannya adalah tidak ada waktu yang bisa menjadi ukuran untuk menjalankan aktivitas blogging, karena itu semua tergantung pada konteks blog dan jumlah informasi yang ingin anda sampaikan kepada pembaca blog anda.

3. Bagaimana tentang tulisan untuk konten blog ?
Jumlah kata merupakan faktor penting yang harus diketahui oleh para penulis web. Aturan praktis agar konten blog dapat di indeks oleh mesin pencari biasanya dengan jumlah kata yang berkisar diatas 300 kata. Ini di maksudkan agar tulisan yang disampaikan memiliki arti dan pemahaman yang cukup bagi pembaca menurut mesin pencari.

4. Larangan terkait posting konten blog ?
Walaupun blog merupakan sarana untuk mengekspresikan pendapat, tetapi ada bagian-bagian tertentu yang tidak boleh dilanggar oleh penulis konten yaitu artikel yang bersifat sara atau menyerang individu / kelompok lain.

5. Bagaimana mempromosikan blog ?
Selain mendaftarkan blog ke search engine, bagian terpenting sebagai sarana mempromosikan blog adalah media sosial seperti Facebook, twitter, pinterest, Google+, dan media sosial lainnya.
Aktivitas blogwalking dan bergabung dalam komunitas juga merupakan cara ampuh untuk mempromosikan blog kepada audiens.

6. Bagaimana menghadirkan konten yang di sukai oleh pembaca ?
Setiap konten bersifat relatif. Konteks apa yang kita sampaikan hanya dapat di ukur dari jumlah kehadiran pembaca dan mereka yang berlangganan artikel yang anda buat. Namun yang perlu dipertimbangkan adalah sisi kualitas dari konten tersebut, karena pengguna internet adalah pencari informasi, maka sisi yang paling ideal adalah konten yang bisa memberikan kualitas informasi yang berharga.

Pertanyaan Tambahan
Terkait dengan update Google Panda dan Penguin yang dapat menghukum sebuah web / blog, apa yang harus dilakukan?

Menurut pandangan para ahli SEO yang pernah saya baca, ada beberapa persamaan tips dalam mengatasi hukuman Panda dan Penguin. Kesimpulan yang sama tersebut tertuang menjadi enam bagian :

1. Temukan dan hapus duplikat konten. (check melalui google webmastertool)
2. Ciptakan konten berkualitas, original dan tidak pernah ditemukan pada web lain
3. Jaga kebersihan web / blog. Hindari link rusak (gunakan broken link check dan webmastertool)
4. Bangun jaringan link berkualitas yang berkaitan dengan web / blog anda.
5. Kurangi beban halaman dan jumlah link pada setiap halaman (maksimal 75 link)
6. Gunakan situs social yang mudah di bookmark dan ciptakan tampilan web / blog yang mudah di navigasi

Ada tambahan? silahkan share pendapat anda!

Popular Posts