Menjaga Hubungan Baik

Dalam rangka membangun hubungan dengan sesama blogger, sudah menjadi kebiasaan untuk saling bersilaturahmi melalui komentar dalam tiap artikel yang di update. Hal ini terlepas dari suka atau tidaknya si pengomentar tersebut terhadap postingan yang disampaikan. Tetapi yang pasti semuanya itu bertujuan untuk saling menghargai setiap konten yang disampaikan.


Tulisan dengan banyak kata, misalnya 200 sampai 500 kata akan dibaca oleh blogger lain tergantung pada nilai tulisan yang disampaikan. Jika si komentator merasa perlu membaca semuanya, maka ia akan membaca semuanya, tetapi jika tidak maka kebanyakan hanya akan membaca satu atau dua paragraf saja.

Hal inilah yang sering menimbulkan komentar kurang tepat atau tidak tepat dari seorang komentator blog yang berasal dari kalangan blogger. Sehingga kadang, si pemilik artikel sering menuliskan "maaf, anda ternyata tidak membaca seluruh isi artikel ini".

Menurut pandangan saya, hal semacam ini adalah hal yang wajar dan biasa saja. Disamping itu saya membuat persepsi bahwa artikel yang dibuat ini mungkin tidak di sukai oleh salah seorang blogger yang mengomentari dan sekali lagi ini adalah sesuatu yang wajar karena jika di kaitkan dari sisi silaturahmi, sahabat blogger tersebut sudah melaksanakan tugasnya untuk saling menjaga hubungan baik.

Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa komentator yang merupakan seorang blogger menginginkan artikel yang disampaikan bersifat instant atau tidak perlu dibumbui dengan beragam kata. Dalam istilah pacaran, biasanya sering diungkapkan dengan kata "To The Point".

Namun yang menjadi pertanyaan sekarang adalah tentang sisi pembaca media internet secara umum yang bukan dari kalangan blogger, apakah seorang penulis blog juga wajib menuliskan sesuatu secara instant sebagaimana yang disukai oleh blogger lain atau membangun artikel yang mengacu pada kerangka tulisan, dimana dimulai dengan pengantar, pendahuluan, permasalahan, cara penyelesaian dan kesimpulan?

Saya kurang begitu tahu akan hal ini, tetapi yang jelas, apapun yang kita tuliskan dalam media blogspot ini memiliki tujuan yaitu dari manusia, oleh manusia dan untuk manusia. Intinya adalah jika menurut pelajaran SEO, search engine menyukai tulisan dengan banyak kata misalnya 500 sampai 1.000 kata, sementara artikel yang kita buat ini memiliki tujuan yaitu untuk manusia, maka tulislah artikel yang disukai manusia sebagai pembaca, karena tulang punggung keberhasilan dalam membangun sebuah blog adalah interaksi yang tepat dengan manusia lainnya.

15 Komentar

  1. Ini dia... Dulu itu saya selalu buat postingan dengan banyak kata, bukan karena apa-apa.. tujuan saya ngeblog juga ada misinya. Maka saya tidak mau tulisan yang post asal-asalan, terlebih saya pribadi lebih suka dengan tulisan berbobot.

    Tapi agak kesini saya jadi harus berpikir lagi mengetahui dari seringnya BW kalau kebanyakan blogger kurang suka membaca, hanya sepintas lalu saja (tapi untunglah sobat blogger yang mampir ke blog saya sedikit yang seperti itu, lebih banyak yang memang membaca terlihat dari komennya).

    Setelah membaca tulisan sobat saya jadi punya kesan baru. Betul sobat, tujuan kita menulis bukan untuk mencapai banyak komen, tapi dibaca oleh yang membutuhkannya. Nice post ^_^)b

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sepakat sob, bahwa menulis itu, sebaiknya memberi manfaat bagi yang membutuhkan, bukan hanya untuk mendapatkan komentar dari sohib blogger. Konsekuensinya adalah, jika sohib blogger yang ga sempat membaca keseluruhan postingan kita, ya ga apa2 lah, kita juga maklum, mungkin sohib blogger tersebut ingin melanjutkan silaturrahminya ke blogger lainnya toh?

      Jadi silahkan saja, yang penting, kita kan berharap apapun yang kita tulis itu menimbulkan manfaat bagi yang lain. :)

      Hapus
  2. Maka dari itu kita harus menghargai artikel yang dibuat teman blogger kita,karena memang supaya blog dan artikel kita dihargai kita juga harus menghargai blogger lainnya.

    Slam Blogger Mas.

    BalasHapus
  3. kalo aku sih , lebih ke simple dan menarik, kalo banyak2 dan bertele2 kan jadi males orang bacanya

    BalasHapus
  4. wew, soal yang satu ini, mungkin bisa gw bilang tradisi ya, soalnya dari dulu memang banyak blogger yg asal baca (mungkin gw jg ya) jadi asikin aja deh, biarkan aja manfaatnya buat yg baca, termasuk yg membutuhkan ...

    BalasHapus
  5. kalo saya pribadi sih mau komen apa aja juga boleh :D yg penting nggak melanggar aturan di blog saya :) kalo nulis artikel panjang ato pendek sih tergantung mood :p

    BalasHapus
  6. Saya sih tergantung keadaan . Kalo lagi rajin. Ya baca semuanya . :)

    BalasHapus
  7. saling berkomentar sesama blogger memang penting, paling tidak dengan demikian para blogger tahu kalau blog yang mereka kunjungi juga dibuat oleh manusia, masalah tulisan berbobot, hmmmm... terus terang saya belum bisa menulis artikel yang berbobot, masih suka asal-asalan, asal inget apa yang mau ditulis, ya tulis aja, kalau gak ada sama sekali hal yang diingat untuk ditulis ya diam saja, namun pada saat menulis artikel tersebut sebisa mungkin bisa disukai oleh SE dan mudah dibaca dan difahami oleh manusia

    BalasHapus
  8. saya setuju apa yang mas tulis, tapi bagi blog yang semacam cerpen pastinya tulisan agak panjang..

    Tiap kali baca postingan disini ngebacanya enak mas, harus banyak belajar nih dengan bung penho, setidaknya pemperhatikan cara menulisnya hehe... terima kasih...

    BalasHapus
  9. siipp saya setuju sobat.. apapun komentarnya, nyambung atau nggak nyambung.ya biarin aja, toh mereka juga blogger, yang tujuannya hanya silturahim aja.

    itu sudah niatan yang baik untuk menjaga persahabatan atar blogger..

    namun biasanya blogger kurang suka artikel yang panjang sob, apa lagi artikelnya cuma tentang motivasi, cerita, dll..

    ya bener kata sobat, mereka cuma baca beberapa paragraf aja untuk mengetahui poinnya..? hehehehe

    BalasHapus
  10. liat yang komentar diatas panjang panjaaaaang, jadi malu mau komentar OOT yang biasa kpk lakukan...hehe
    karena artikel ini mengandung unsur selera manusia...gimana kalau kita balikkin ke manusianya masing2, soalnya beda beda visi misi mereka soal ng'blog.
    pokoknya kalau sayah mah, yang penting kita semua sehat selalu dan selalu berupaya jadi kesayangan-NYA.....aaaamiiiin
    #cling...menghilang

    BalasHapus
  11. kalo saya kang langsung ambil paragrah utamanya buat dibaca sehingga langsung mengena pada pokok pembahasan :D

    BalasHapus
  12. Blog ngeblog,post artikel.
    Blog adalah sosial media yg fiturnya lengkap,
    dgn blog bs menjalin hbngan prtmanan yang baek,

    post,tulisan 250 word lbh bonyak dibca pengunjung,daripada 500,
    hehe lam kenal gan

    BalasHapus
  13. Iya bang Penho terkadang saya ketawa juga lihat komentar teman-teman diblog saya yang terkadang jauh dari topik namun saya maklum mungkin mereka mau buru-buru keblog teman yang lainnya buat silahturahmi dan hanya meninggalkan kata-kata NICE SHARE,PERTAMAX,SIP GAN,INI DIA YANG SAYA CARI,TERIMA KASIH GAN,ARTIKEL YANG BERMANFAAT...tapi namanya kita mau menjalin silahturahmi ya kita jawab saja,padahal kalo mau jujur TIDAK GAMPANG membuat satu artikel..lain cerita kalau artikel tersebut hasil COPAZ. Inti dari saya membuat blog adalah ingin mempererat silahturahmi yang sebelumnya belum kenal menjadi kenal yang awalnya belum pernah ketemu MOGA cepat ketemu..hahhahayyyyyy

    BalasHapus
  14. thanks artikelnya.
    _________________
    Blog dengan segala isi yang akan membuat hari-hari mu tidak bosan, stay enjoy, keep smile. Go to http://sdftyujklvbn.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama