3 Tips dalam mencari dan mengembangkan ide konten untuk blog

ide posting
Ya, benar. Saya memiliki motto "yang penting di update". Motto ini membawa saya lebih banyak menulis dan akhirnya saya pun mulai terbiasa menulis melalui jurnal online seperti pada blog ini. Menulis sebenarnya tentang kebiasaan yang terus menerus diasah sehingga menciptakan sebuah kemudahan dalam merangkai kata-kata menjadi sebuah topik tulisan.

Saya yakin bahwa ketika kita semua lahir ke dunia ini tidak memegang pensil, laptop, handphone dan media lainnya ditangan kita. Ini berarti menulis membutuhkan latihan secara kontinyu dan dapat dilakukan setiap hari, ibarat seperti sedang melakukan rutinitas kehidupan sehari-hari misalnya mandi. Pada awalnya akan terasa dingin. namun ketika kita menjadi terbiasa, maka segalanya akan menjadi lebih mudah.

Bagaimana dengan ide dan pengembangannya?
Untuk mencari dan mengembangkan ide, berikut 3 (tiga) tips yang dapat kita lakukan diantara banyaknya tips-tips lain yang ada di internet ini :
  1. Lebih banyak membaca tulisan atau artikel blog / web lain. Ini bukan tentang teknis copy paste, tetapi mengarahkan kita untuk mencari satu kalimat yang bisa menjadi ide artikel kita. Hal ini sudah pernah saya tuliskan dalam blog ini dengan judul mencari atau membuat ide postingan
  2. Berikutnya adalah melihat kiri dan kanan dan kemudian merekamnya dalam memori otak kita. Apa yang kita lihat tersebut tinggal kita sambung satu dengan yang lainnya sehingga menciptakan mata rantai yang saling terhubung dengan apa yang kita lihat tersebut.
  3. Jika memiliki sebuah kamera kecil, kita dapat merekam gambar dan kemudian mengubah gambar tersebut untuk dijelaskan dalam sebuah kalimat. Cara seperti ini masih erat kaitannya dengan point 2 diatas.
Sebenarnya ada begitu banyak cara mencari dan mengembangkan ide-ide tulisan yang bisa kita lakukan. Saya tidak bermaksud untuk menyarankan seseorang harus mengupdate tulisan setiap hari. Tetapi gunakanlah waktu misalnya dua kali dalam satu minggu mengupdate artikel untuk blog, sementara hari-hari yang luang (5 hari lainnya) dapat kita manfaatkan untuk mencari ide postingan. Tetapi jangan lupa, bahwa kita juga memiliki komunitas sesama blogger. Jadi gunakan waktu luang tersebut untuk mencari ide postingan dan blogwalking ke blog sahabat kita. Karna kegiatan blogwalking juga bisa menciptakan inspirasi atau ide yang dapat di jadikan sebagai bahan membuat artikel untuk blog kita sendiri.

Ada tambahan saran dan masukan? 

Komentar

Asep Haryono mengatakan…
Poin yang satu kayaknya sudah ada followernya hiehiheiee. Ya nda bang Zachflazz hahahaha hiehiehiehiheiee. Siap siap titangkis nih sama Panci hiehiehiehiheee.

Saya setuju sekali dengan poin poin yang diulas dengan apik di sini. Kebetulan saya punya kamera digital sendiri, walau cuma Poket, namun sangat membantu. Biasanya dari foto atau dari sebuah gambar biasanya akan timbul ide dan juga materi yang akan ditulis.
Asep Haryono mengatakan…
Sorry ye bang Pak Om Tante Mba Kakak. Saya pertamaxxxx
Noe mengatakan…
saya mohon maaf juga nih karna gak ada hadiah khusus buat yang pertama kang Asep. hehehe
cak oni mengatakan…
setuju kang , menulis juga hubungan antara kinerja otak dan tangan sehingga mengahasilkan kata-kata yang pas dan saling berhubungan .
Harun Ar mengatakan…
Semua blogger tentu setuju dengan ylasan ini, apalagi saya. dengan BW dapat memperoleh inspirasi, malah dapat pelajaran.

Saya pernah membaca di blog ini tentang "manusia dan Mesin" lalu mencoba praktekkan pada post terakhir hari ini, Wou... hasilnya super banget.

Makanya saya selalu berteima kasih manakala menemukan artikel yang bermanfaat seperti ini.
deby putra bahrodin mengatakan…
hahaha,,, iya pak, moto itu sama seperti saya, yang penting update, entah apa itu yang di tulis .. Tapi ini loh pak, biasanya kalo tiap hari nulis terus sehari aja gak nulis itu gak enak, bener gak??
Noe mengatakan…
ya, betul sekali kawan! menghasilkan hubungan antara keduanya yang sekarang perlu kita asah sebagai seorang blogger
Noe mengatakan…
itulah dunia online, dunia dimana kita saling berbagi ilmu, informasi, dan apa saja. syukurlah jika beberapa tulisan di blog ini dapat menjadi inspirasi!
Noe mengatakan…
ya, itulah kebiasaan. hanya saja ada faktor X yang kadang menjadi kendala utama. yaitu Koneksi Internet. hehehe..!
Yuri Seo mengatakan…
Sama bung. Kadang kalo pas buntu ide , blogwalking langsung dapet ide. Hehehe

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ma'anyan

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?