Titik Jenuh Penulis Blog

Seorang penulis blog suatu saat pasti akan mencapai sebuah titik jenuh dalam menulis artikel untuk menghiasi lembar posting blognya. Sama halnya dengan sebuah mesin yang terus-menerus dihidupkan tanpa henti, pastilah akan mengalami penurunan kekuatan.


titik jenuhTitik jenuh dalam dunia blogging merupakan hal yang wajar dan pasti akan terjadi sewaktu-waktu. Hal ini disebabkan karena kegiatan blogging bukan menjadi rutinitas utama para blogger. Menulis di blog kadang hanya menjadi bagian dari kesenangan belaka. 
Saat seorang blogger bersemangat tinggi dalam menulis, maka aktivitas otak akan bekerja secara luar biasa dalam mencari dan menemukan ide tulisan, demikian pula sebaliknya 

Jika seorang blogger mengalami masa-masa kejenuhan dalam berkreasi menulis sebuah artikel, apakah ada cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut ? Menurut saya tidak ada satu carapun yang dianggap tepat atau paling tepat untuk mengatasinya, karena masalah kejenuhan seperti ini hanya anda sendiri yang dapat mengatasinya.

Namun yang perlu di garis bawahi adalah bahwa di tempat lain, di ruang lain di internet ini yang mungkin tidak kita ketahui bahwa ada seseorang yang secara kontinyu memantau dan menunggu kata-kata melalui tulisan terbaru yang anda sampaikan. Dan ketika dalam masa penantian tersebut ia (pembaca) tidak mendapatkan satu kata dari anda dalam kurun waktu yang lama, maka pembaca itupun bisa meninggalkan anda.

Ya, kita tidak akan pernah tahu bahwa diluar komunitas blogger mungkin ada pembaca yang terus menerus hadir dan membaca tulisan yang kita tanpa harus meninggalkan jejaknya melalui kolom komentar artikel blog.

Saya akhirnya mulai berfikir, apa yang terjadi jika titik jenuh tersebut menghampiri saya. Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi tersebut? Segelas kopi yang tetap setia mendampingi saya, akhirnya memusatkan perhatian pada satu titik yaitu Menabung.

Menabung? apa hubungannya? 
Menabung yang saya maksudkan adalah membuat sebanyak-banyaknya tulisan untuk disimpan pada draft blog ketika semangat menulis artikel masih tinggi. Ini sangat berguna sekali untuk mengatasi masa-masa paceklik artikel dan titik jenuh blogging tersebut.

Ketika saat itu tiba, maka seorang blogger dapat mensetting skedul tanggal konten yang ia simpan pada draft untuk kemudian di share pada blognya. Kemudian, kita dapat mematikan komputer untuk merefresh kejenuhan tersebut beberapa waktu.

Itulah cara atau metode saya dalam menghadapi titik jenuh tersebut nantinya. Ini mungkin bisa menjadi bahan masukan bagi para blogger lain, tetapi yang jelas seperti yang saya utarakan diatas bahwa cara terbaik mengatasi titik jenuh ngeblog ini datang dari dalam diri blogger itu sendiri.


8 Komentar

  1. Iya, Bang. Aku juga suka mengalami kejenuhan dalam menulis. Tapi aku lebih tidak mau ambil pusing. Aku lebih memilih melakukan hal lain saat mengalami kejenuhan menulis. Dan benar apa kata Abang, membuat draft tulisan saat sedang mood menulis, adalah alternatif terbaik. :)

    BalasHapus
  2. Block writer :D
    Itulah seorang blogger, selain ngeblog, wajib menjalin sliaturahmi nyata, supaya akan selalu ada harmoni baru. Cmiw

    BalasHapus
  3. kejenuhan itu pasti mas, kalau sedang tidak ada ide biasanya saat saya jalan berangkat atau pulang kerja itu sambil merhatiin sekitar, siapa tau saat itu melihat sesuatu yang bisa jadi bahan postingan...

    membuat draft memang perlu banget ya mas...

    BalasHapus
  4. menabung ya gan? ehm... boleh juga idenya.

    BalasHapus
  5. siip sobat. menyimpan beberapa artikel di darf memang penting, karena kita nggak selalu dapat ide pas mau update postingan..

    jadi kalau sudah ada di darf, maka kita akan sedikit mudah untuk update..hehehehehe

    BalasHapus
  6. terkadang saya juga jenuh dengan keseharian menulis artikel pada blog namun saya selingin dengan hal-hal yang menyenangkan seperti ngeposting game dan lain-lain

    BalasHapus
  7. Emang betul mas Dulu saya pun pernah mengalami hal ini.. Kini gairah untuk ngeblog saya bangkit lagi.. Hepy. Bloging..

    BalasHapus
  8. yep, dulu juga gue pake cara menabung sob, tp sekarang stok udah abis, kesibukan mulai menumpuk, kadang bete juga buka kompi, akhirnya titik jenuhlah yg jadi tumbal, hehehe ... :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama