Perjuangan Blogging, UNTUK APA ?

Ketika kita mencari sesuatu di internet, maka tugas dari mesin pencari untuk membantu mempersempit pencarian tentang apa yang ingin dicari tersebut supaya lebih terarah. Jadi, itulah yang saat ini sedang diperjuangkan oleh para pemilik situs atau blog seantero jagat raya ini, yaitu menargetkan posisi situs / blog mereka agar bisa masuk dalam hasil persempitan yang dilakukan oleh mesin pencari tersebut.

Berbagai macam strategi terus menerus dilakukan oleh para pejuang dunia online termasuk para blogger untuk memasang target jitu guna mendapatkan kesempatan dalam meraih posisi tertinggi di search engine sehingga ketika audience mencari sesuatu tersebut, ia akan mengklik link web milik anda.

Bagi situs atau blog untuk tujuan bisnis, target ini mutlak diperlukan untuk meningkatkan keuntungan dalam proses bisnisnya di dunia online. Tetapi bagi situs / blog yang tidak ditujukan untuk kepentingan bisnis, inilah yang akan kita bahas bersama. UNTUK APA ?

Nah, sebuah pendapat mungkin akan berbeda ketika ditanyakan kepada masing-masing orang. Begitu pula ketika pertanyaan ini ditujukan kepada saya sebagai pengelola blog sederhana ini. UNTUK APA?

Menurut pemikiran saya, mengapa perlu mendapat peringkat di mesin pencari yaitu agar tulisan yang sudah dibuat dengan susah payah sampai mengeluarkan energi avatar bisa di baca oleh banyak orang dan di sukai.
Di sisi lain ini hanyalah sebagai bentuk atau wujud dari sebuah kebersamaan untuk saling berbagi antara manusia satu dengan manusia lainnya. Berbagi berbagai macam hal melalui kata-kata yang terangkai menjadi sebuah tulisan (artikel/konten) merupakan point penting untuk menyatakan bahwa setiap manusia memiliki talenta yang berbeda-beda. Maksudnya adalah anda mungkin bisa dalam bidang A, tetapi tidak dalam bidang B, C atau D. Sementara disisi lain ada yang bisa B tetapi tidak bisa A, C dan lain sebagainya.

Bidang-bidang itupun tidak terfokus pada satu hal saja. Menulis hal yang lucu, atau pun serius merupakan bagian kecil dari bidang kehidupan yang manusia bisa lakukan. Jadi, seorang penulis blog janganlah beranggapan bahwa tulisan sederhana / nyleneh berarti tulisan tersebut tidak bermanfaat, karena itu juga merupakan bidang yang memiliki banyak manfaat. Ibarat sebuah acara televisi, ada acara berita, ada acara sinetron, ada acara lawakan, ada acara kehidupan dan masih banyak lagi.

Saya mungkin tidak bisa memberikan anda uang (karna saya memang tidak punya uang), tetapi saya bisa memberikan anda masukan, saran, kritik, informasi, keceriaan, dan lain sebagainya dalam bentuk tulisan. Inilah mengapa setiap bentuk tulisan yang anda buat pasti memiliki manfaat bagi orang yang memerlukannya. Karena saya yakin pasti akan ada yang memerlukannya.

Jadi, terjawablah sudah pertanyaaan UNTUK APA tersebut menurut pemahaman saya.
ADA PENDAPAT LAIN ? silahkan beri argumen!





Komentar

putra mengatakan…
sementara ini saya sangat sepakat dengan ente kang, untuk apa ini lebih untuk memotivasi blogger berbagi tulisan, mungkin di kira tidak penting tapi sesungguhnya sangat penting sekali untuk orang lain. dan di sinilah terbukti kalo blogger sesungguhnya adalah kaum yang peduli
Mira Sahid mengatakan…
Karena aku perempuan, maka aku jawab menurut pandanganku ya. Rata2 perempuan itu suka curhat, belum semua temannya secara lgs mampu menampung curhatan kita, akhirnya menulis lah di blog. perkara ada yg bertahan dengan konten curhatnya, ya ga masalah. Tapi seiring dengan berjalannya waktu (Terutama aku), menganggap blog itu sebagai media online yang mewakili adanya saya di dunia online ini. Jadi, yg tadinya cuma curhat galau, sekarang harus ada makna atau pembelajaran dr setiap hal yg kita tulis di blog. minimal tulisannya bermanfaat untuk orang lain. Apalah artinya blog kita yg mampu menghasilkan jutaan rupish, kalau menjalin silaturahmi aja ko ya susah banget. Yg penting diseimbangkan. Hehhee *ini komen apa nulis blog ya?
cak oni mengatakan…
nice sahre kang , terkadang apa yang kita lakukan itu untuk kepuasan ataupun untuk saling berbagi ke sesama kang , mungkin dengan blogging ini kita dapat mejalin silaturrahmi serta membagi ilmu kita dan informasi
Fikri El Frana mengatakan…
makasih tutorialny mas, memang agak lama yah setelah di pasang loading blog saya..
Masnady mengatakan…
siiip saya setuju sama sobat, karena tujuan saya hanya berbagi, menambah wawasan dan teman. dan tidak bertujuan bisnis sobat, jadi enjoy aja, hehehehhe
Bung Penho mengatakan…
betul sobat. blogger adalah sebagian dari manusia yg memiliki kepedulian tinggi tanpa pamrih. btw, salah-salah bisa ada Partai Blogger ntar hehehe..!
Bung Penho mengatakan…
hampir jadi artikel mbak Mira hehehehe..!
Betul, blog juga media sosial sebagai wadah berinteraksi satu dengan yang lainnya.
Bung Penho mengatakan…
Betul kawan!
Bung Penho mengatakan…
maksudnya apa nich? masih bingung saya.
btw, thank atas kunjungannya!
Yuyud mengatakan…
Nggak baca, asal komen. :v
Yuyud mengatakan…
Senada dg masnady, sampai saat ini tujuan saya hanya berbagi. Belum ada niatan buat nyari uang dari blog. . .
Asep Haryono mengatakan…
Sejauh ini saya belum liat ada kaum adam yang juga suka curhat. Saya pernah disindir oleh salah seorang rekan saya di media cetak juga (media lain tentunya) yang menganggap saya senangnya curhat di Blog. Saya rasa pendapatnya itu adalah mewakili pikirannya, dan saya rasa pendapat itu layak dihargai
Stupid monkey mengatakan…
kalo ngeblog untuk kesenangan dan kepuasan boleh gak sob? kalo gak boleh gue protes neh, hehehehe
Bung Penho mengatakan…
Google aja gak larang, masa gue larang hehehe..
tapi kalo terlalu banyak begadang untuk kesenangan dan kepuasan pasti dimarahin bang Haji Rhoma
Bung Penho mengatakan…
seperti kata iklan "ENJOY AJA" hehehe
Bung Penho mengatakan…
tapi kalo satu saat ada niatan jangan gak ngajak gue ya hehehe
Bung Penho mengatakan…
betul Kang Asep!